Surat Al-Falaq Ayat 2

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Terjemah Arti: Dari kejahatan makhluk-Nya,

TAFSIR AYAT

Dari keburukan seluruh makhluk dan gangguan mereka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

2. Aku berlindung kepada Allah dari keburukan makhluk-makhlukNya

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah (juga) memerintahkannya agar berkata kepada manusia : Sungguh aku berlindung kepada Allah dari keburukan-keburukan semua makhluk.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

2. Dari keburukan semua makhluk yang melukai

Al-Mukhtashar fit Tafsir / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah

Ayat ini mencakup seluruh yang Allah ciptakan baik manusia, jin, hewan, benda-benda mati yang dapat menimbulkan bahaya dan dari kejelekan seluruh makhluk, ayat ini juga mencakup meminta perlindungan pada diri sendiri. Ingatlah, nafsu selalu memerintahkan pada kejelekan. Allah Ta’ala berfirman : { إِنَّ النَّفْسَ لَأَمَّارَةٌ بِالسُّوءِ إِلَّا مَا رَحِمَ رَبِّي } “Karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku.” (QS. Yusuf [12] : 53).

Maka sebaiknya setiap kali seseorang mengucapkan ayat ini, maka yang pertama kali terbetik dalam benaknya adalah dirinya sendiri. Jadi dia berlindung dari kejelekan dirinya sendiri, yang terkadang menimbulkan keburukan tanpa ia sadari.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Seperti makhluk hidup yang mukallaf (yang mendapat beban) seperti manusia dan jin, dan makhluk hidup yang tidak mukallaf, demikian pula makhluk tidak hidup seperti racun, dsb.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Aku berlindung kepada Allah dari kejahatan semua makhluk yang dia ciptakan, baik yang tampak maupun tidak, yang tidak dapat menolak kejahatannya selain sang pencipta. 3. Dan aku berlindung pula dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita pada waktu malam muncul hewan-hewan yang membahayakan dan pada waktu itu pula rencana jahat biasa disusun.

Tafsir Ringkas Kemenag