Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Lahab Ayat 5

فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ

Arab-Latin: Fī jīdihā ḥablum mim masad

Terjemah Arti: Yang di lehernya ada tali dari sabut.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dileher istrinya ada tali yang kuat dari sabut yang kasar dan keras, dia diangkat dengannya di dalam api neraka jahanam kemudian di lemparkan kebawahnya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

5. Di lehernya terdapat tali yang kuat ikatannya, menggiringnya menuju Neraka.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah asuhan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

4-5. Begitu juga Istrinya Ummu Jamil, yaitu saudara perempuan Abu Sufyan akan masuk neraka Jahanam bersamanya. Dia adalah wanita yang memikul batang-batang pohon berduri dan meletakkannya di jalan (yang dilewati) Rasulallah SAW untuk menyakitinya. Kata “Hammalah” I’rabnya adalah manshub oleh fiil yang dikira-kirakan, yaitu “Uriidu” (aku menghendaki) atau “Adzummu” (aku mengecam). Di lehernya terdapat tali yang terbuat dari serat yang dililitkan sangat kencang. Dia disiksa dengan itu di dalam neraka.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Kemudian Allah jelaskan bahwa Ummu Jamil akan diikat diseputar lehernya dengan tali yang terbuat dari serabut kayu yang keras hingga binasa dengan adzab pada hari kiamat; Sebab pernah ia membawa tali yang terbuat dari (serabut) pohon yang tajam dan, kemudian di letakkan pada jalan yang dilewati oleh Nabi ﷺ; Maka dengan perbuatannya ini Allah jadikan adzab yang semisal dengannya di neraka jahannam, karena balasan sesuai dengan amalan.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

1 ). Diriwayatkan bahwasanya Ummu jamil ( istri Abi Lahab ) pernah menjual sebuah kalung dengan harga 10.000 dirham, kemudian ia infakkan hasil penjualannya untuk kebathilan, yang kemudian balasan dari perbuatannya itu adalah : { حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ } tali sabuk yang dipasangkan dilehernya, maka bagaimana dengan orang yang menghadiahkan api rokok untuk orang lain disekitarnya, tidakkah ia berfikir sejenak tentang hadiah (azab) yang akan diterima oleh mulutnya pada hari kiamat ?

2 ). Perhatikanlah ayat berikut : { فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ } Allah menjanjikan untuk istri Abu Lahab ancaman azab yang sesuai dengan perbuatannya di dunia, yaitu kalung yang ia kalungkan dilehernya dari api yang dengannya Abu lahab disiksa di neraka jahannam, dan diantara kehinaan kedua insan ini adalah dijadikan untuk sang suami azab yang pedih diatas tangan orang yang paling cinta kepadanya, dan dijadikan darinya sebab atas azab orang yang paling kuat melindunginya.

Li Yaddabbaru Ayatih / Lajnah Ilmiah Markaz Tadabbur

3-5. “Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak,” yakni neraka akan mengelilinginya dari segenap penjuru, dia “dan istrinya, pembawa kayu bakar.” Istrinya juga amat menyakiti Rasulullah. Abu lahab dan istrinya saling bahu membahu dalam dosa dan permusuhan. Ia menimpakan keburukan dan berusaha sekuat tenaga menyakiti Rasulullah sehingga dosa-dosanya menumpuk di atas punggungnya, sama seperti orang yang menumpuk kayu bakar dengan tali yang telah disiapkan di lehernya, “dari sabut,” yaitu dari pintalan sabut atau ia membawa kayu bakar di neraka untuk suaminya dengan mengalungi tali dari sabut di lehernya.
Bagaimana pun juga dalam ayat ini terdapat tanda-tanda kebesaran Allah yang nyata, karena allah menurunkan surat ini ketika Abu Lahab dan istrinya belum mati. Allah memberitahukan bahwa keduanya akan disiksa di neraka dan itu pasti. Sebagai konsekuensinya, keduanya tidak masuk Islam. Dan terjadilah seperti yang diberitahukan oleh Dzat Yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

{ فِي جِيدِهَا } Pada lehernya itu dihari kiamat, , { حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ } terikat tali dari api, pada hakikatnya makna "masad" adalah sabut yakni tali yang terbuat dari sabut, akan tetapi maksud yang paling tetap untuk ayat ini adalah talinyang terbuat dari api melilit dileher istri Abu lahab.

Abu lahab bersama istrinya dikumpulkan oleh Allah pada berbagai macam siksaan, karena keduanya telah mencelakai Rasulullah bersama sahabtnya dalam berdakwah.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan



- عز وجل -
- تعالى -
- عليه السلام -
- رضي الله عنه -

Tafsir Juz 'Amma / Muhammad bin Shalih al-Utsaimin

Bentuk azab yang akan diterimanya di neraka sesuai dengan perilakunya sendiri. Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal. Dengan tali itu Allah menjerat lehernya dan mengangkatnya tinggi-tinggi, lalu mencampakkannya ke dasar neraka. 1. Wahai nabi Muhammad, katakanlah kepada kaum musyrik yang menanyakan sifat dan nasab Allah dengan tujuan mengejek, 'dia lah Allah, yang maha esa. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Dia tidak berbilang dalam nama, sifat, dan ketuhanan-Nya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Ikhlas Ayat 1 Arab-Latin, Surat Al-Ikhlas Ayat 2 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Ikhlas Ayat 3, Terjemahan Tafsir Surat Al-Ikhlas Ayat 4, Isi Kandungan Surat Al-Falaq Ayat 1, Makna Surat Al-Falaq Ayat 2

Category: Surat Al-Lahab

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Al Lahab Isi Surat Al.lahab 5