Surat Al-Lahab Ayat 3

سَيَصْلَىٰ نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ

Arab Latin: Sayaṣlā nāran żāta lahab

Terjemahan Arti: Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak.

TERJEMAH TAFSIR

3-4. Dia akan masuk api neraka jahanam yang menyala nyala, Begitu juga istriya yang membawa duri-duri lalu meletakkannya di jalan yang dilalui oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam untuk menyakiti beliau.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

3. Dia akan masuk ke neraka Jahanam yang menyala-nyala sangat panas. Perumpamaan “memiliki gejolak api” sesuai dengan julukan Abu Lahab.

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

3-4. Allah mengabarkan bahwa Abu Lahab akan merasakan panasannya api neraka dan diadzab dengan nyala apinya, (dia dan isterinya Ummu Jamil) sebagai balasan permusuhannya dan celaannya kepada Nabi ﷺ, serta penghinaan dan ragu kepada jalan Nabi ﷺ.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

3. Akan masuk kedalam neraka pada hari kiamat yaitu neraka yang bergejolak.

Al-Mukhtashar fit Tafsir / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah

Niscaya Abu lahab akan masuk kedalam Neraka Jahannam yang menyala-nyala, pada hakikatnya jika disebutkan " سَيَصْلَىٰ نَارًا " adalah cukup dan mengisyaratkan bahwasanya neraka itu sangatlah panas, akan dalam ayat ini disebutkan " ذَاتَ لَهَبٍ " sebagai penekanan bahwasanya api neraka itu benar-benar sangat panas.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Api neraka akan mengelilinginya dari segala penjuru, demikian pula mengelilingi istrinya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Sebagai balasan atas kekejiannya kepada nabi Muhammad dan dosa-dosanya yang lain, kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak dan membakar seluruh tubuhnya secara terus-menerus. Dia tidak akan pernah mati di dalamnya dan tidak pula akan keluar darinya. 4. Abu lahab akan masuk neraka, dan demikian pula istrinya, ummu jam'l arw' binti harb bin umayyah, sang pembawa kayu bakar berduri. Dia meletakkannya di sepanjang jalan yang dilalui nabi untuk menjebak beliau. Dia juga gemar menyebar fitnah kepada nabi dan para pengikutnya.

Tafsir Ringkas Kemenag