Surat At-Tin Ayat 5

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ุซูู…ู‘ูŽ ุฑูŽุฏูŽุฏู’ู†ูŽูฐู‡ู ุฃูŽุณู’ููŽู„ูŽ ุณูŽูฐููู„ููŠู†ูŽ

Arab-Latin: แนกumma radadnฤhu asfala sฤfilฤซn

Artinya: Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),

ยซ At-Tin 4 โœต At-Tin 6 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Mengenai Surat At-Tin Ayat 5

Paragraf di atas merupakan Surat At-Tin Ayat 5 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam tafsir berharga dari ayat ini. Tersedia aneka ragam penafsiran dari banyak ahli ilmu terhadap isi surat At-Tin ayat 5, antara lain seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

1-6. Allah bersumpah dengan tin dan zaitun,keduanya termasuk buah buahan yang masyhur, Allah bersumpah Juga dengan gunung thursina(Sinai)yang disana Allah berbicara kepada Musa alaihi salam secara langsung, Allah bersumpah Juga dengan negeri yang aman dari segala ketakutan (yaitu Makkah) tempat turunnya wahyu. Sungguh kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang terbaik, kemudian Kami mengembalikannya ke neraka bila dia tidak patuh kepada Allah dan tidak mengikuti para rasul. Akan tetapi orang-orang yang beriman dan beramal shalih, mereka mendapatkan pahala besar yang tidak terputus dan tidak dikurangi.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

5-6. Akan tetapi manusia akan terjatuh ke dalam jurang neraka Jahannam jika dia tidak mengikuti jalan petunjuk. Dan Allah menyebutkan (ุณุงูู„ูŠู†) dengan kata jamak, karena yang dimaksud adalah seluruh manusia. Mereka -dengan kepercayaan yang sesat- telah merubah fitrah mereka dan meyakini batu dan waktu sebagai tuhan.

Kemudian terdapat pengecualian bagi sebagian mereka, yaitu kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih; mereka akan mendapatkan pahala yang tidak terputus sebagai balasan atas ketaatan mereka. Sesungguhnya manusia akan tetap di atas fitrahnya yang lurus sebagaimana ketika dia diciptakan, akan tetapi dia akan terjerumus ke dalam jurang neraka akibat kesesatannya. Adapun orang-orang beriman dan beramal shalih tidak termasuk dari mereka, sebab orang-orang beriman ini masih tetap di atas fitrahnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

5. Kemudian Kami kembalikan fisiknya menjadi tua dan pikun di dunia sehingga tak dapat memanfaatkan jasadnya sebagaimana ia tak dapat mengambil manfaat bila fitrahnya rusak dan masuk neraka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

5. ุซูู…ูŽู‘ ุฑูŽุฏูŽุฏู’ู†ูฐู‡ู ุฃูŽุณู’ููŽู„ูŽ ุณูฐููู„ููŠู†ูŽ (Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka))
Yakni Kami kembalikan ke usia yang paling buruk, yaitu ke usia tua dan lemah setelah sebelumnya dalam masa muda dan kekuatan.
Pendapat lain mengatakan: yakni manusia yang diciptakan Allah dalam keadaan dan rupa yang paling baik, dijauhkan dari segala kejelekan makhluk lain. Dan diciptakan Allah dalam keadaan yang paling buruk, karena ia dikembalikan ke derajat yang paling rendah, yaitu di inti kerak neraka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

4-5. Sungguh kami telah menciptakan manusia dalam sebaik-baik susunan karena wujud dan bentuknya (yang baik). Kemudian kami kembalikan beberapa manusia, yaitu orang kafir, dan kami menjadikannya masuk ke dalam neraka. Ibnu Jarir dari Ibnu Abbas berkata: โ€œAyat ini turun pada kelompok yang memiliki umur pendekโ€


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Kemudian kami mengembalikan dia ke tempat yang paling rendah} mengembalikan ke usia tua yaitu usia paling lemah


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

5-6. Tapi meski dikaruniai berbagai nikmat agung ini yang seharusnya disyukuri, kebanyakan manusia menyimpang, tidak mensyukuri Dzat yang memberi nikmat tersebut, justru sibuk dengan senda gurau dan bermain-main. Mereka merelakan dirinya dengan hal-hal rendahan dan akhlak tercela, hingga Allah menghempaskan mereka โ€œke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),โ€ yakni neraka paling bawah tempat para pendurhaka yang membangkang Rabb mereka, kecuali orang yang diberi anugerah keimanan dan amal shalih serta akhlak mulia lagi luhur oleh Allah, โ€œmaka bagi mereka,โ€ dengan posisi-posisi tinggi itu ada โ€œpahala yang tiada putus-putusnya,โ€ yakni tidak berhenti bahkan kelezatan berlimpah, kebahagiaan terus menerus, dan nikmat yang amat banyak dalam keabadian yang tiada akhir, dan nikmat yang tidak berubah, buah dan naungannya kekal.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-8
(Demi buah Tin) Para mufasir berbeda pendapat di sini menjadi banyak pendapat
Mujahid berkata yaitu pohon tin kalian ini.
(dan buah Zaitun) Al-Ahbar, Ibnu Zaid, dan lainnya berkata bahwa itu nama sebuah masjid di Baitul Maqdis.
Mujahid dan Ikrimah berkata bahwa maknanya adalah buah zaitun yang kalian peras ini
(dan demi kota (Mekah) ini yang aman (3)) yaitu Makkah. Pendapat itu dikatakan Mujahid, Ikrimah, Al-Hasan, Ibnu Zaid, dan Ka'b Al-Ahbar; tidak ada perbedaan pendapat dalam hal ini.
Firman Allah SWT: (sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya (4)) Ini adalah subjek sumpahnya, yaitu bahwa Allah SWT telah menciptakan manusia dalam bentuk paling baik dan rupa paling sempurna, tegak jalannya dan sempurna, serta baik semua anggota tubuhnya. (Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (5)) yaitu neraka. Pendapat itu dikatakan Mujahid, Abu Al-โ€™Aliyah, Al-Hasan, Ibnu Zaid, dan lainnya. Kemudian setelah penciptaan yang paling baik dan paling indah itu, tempat kembalinya adalah ke neraka, jika tidak taat kepada Allah dan tidak mengikuti para rasul. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh) Sebagian mereka beroendapat tentang firmanNya: (Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (5)) yaitu kepada usia paling hina. Hal ini diriwayatkan dari Ibnu Abbas, dan Ikrimah. Ibnu Jarir memilih pendapat ini. Seandainya hal itulah yang dimaksud, maka tidaklah menjadi indah pujian bagi orang-orang mukmin, mengingat sebagian dari mereka itu mengalami usia pikun. Dan sesungguhnya makna yang dimaksud hanya sebagaimana yang kami sebutkan, sebagaimana firmanNya: (Demi masa (1) Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian (2) kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran (3)) (Surah Al-'Ashr)
Firman Allah: (maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya) yaitu tidak ada habisnya, sebagaimana yang telah dijelaskan.
Kemudian Allah berfirman: (Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan) wahai anak cucu Adam ((hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?) yaitu, pembalasan di hari kebangkitan. Sesungguhnya kamu mengetahui permulaan kejadianmu dan telah mengetahui bahwa Tuhan yang mampu memulai penciptaan itu juga mampu untuk mengembalikannya jadi hidup dengan lebih mudah. Maka apakah yang mendorongmu mendustakan adanya hari kebangkitan, padahal kamu telah mengetahui hal itu?
Diriwayatkan dari Manshur, dia berkata, โ€œAku bertanya kepada Mujahid tentang firmanNya: (Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu? (7)) Apakah yang dimaksud adalah Nabi SAW? Mujahid menjawab, "Aku berlindung kepada Allah, yang dimaksud adalah manusia" Demikian juga dikatakan Ikrimah dan lainnya.
Firman Allah SWT (Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya? (8)) yaitu bukankah Dia Hakim yang paling adil, yang tidak melampaui batas dan tidak berbuat aniaya terhadap seseorang pun? termasuk dari sifat adilNya ialah Dia mengadakan hari kiamat, lalu orang yang dizalimu di dunia dapat membalas orang menzaliminya.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

{ ุซูู…ู‘ูŽ ุฑูŽุฏูŽุฏู’ู†ูŽุงู‡ู } Kemudian kami kembalikan mereka { ุฃูŽุณู’ููŽู„ูŽ ุณูŽุงููู„ููŠู†ูŽ } untuk makna kata ini ada dua penafsiran, yang pertama adalah : ditujukan kepada seluruh ummat manusia, kami ganti paras mereka dengan penuaan dan umur yang semakin tua, jika hal ini terjadi, maka ketampanan mereka akan hilang, akal yang semakin menurun kualitasnya, sebagaimana yang Allah ๏ทป katakan : { ูˆูŽู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ู…ูŽู†ู’ ูŠูุฑูŽุฏู‘ู ุฅูู„ูŽู‰ูฐ ุฃูŽุฑู’ุฐูŽู„ู ุงู„ู’ุนูู…ูุฑู ู„ููƒูŽูŠู’ ู„ูŽุง ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ูŽ ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุนูู„ู’ู…ู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง } ( dan di antara kamu ada yang dikembalikan kepada umur yang paling lemah (pikun), supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang pernah diketahuinya. ) [ An-Nahl : 70 ] .

Dan makna yang kedua adalah : untuk orang kafir, yakni kami akan mengembalikan orang-orang kafir yang berbuat maksiat itu ketempat yang paling rendah dineraka, yaitu sebagai balasan untuk mereka, dan makna inlah yang paling tetap untuk penafsiran ayat ini, dengan landasan firman Allah ๏ทป pada ayat selanjutnya : { ุฅู„ุง ุงู„ุฐูŠู† ุขู…ู†ูˆุง } .


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

Firman-Nya: ุซูู…ู‘ูŽ ุฑูŽุฏูŽุฏู’ู†ูŽุงู‡ู ุฃูŽุณู’ููŽู„ูŽ ุณูŽุงููู„ููŠู†ูŽ " Kemudian Kami kembalikan dia ke keadaan serendah-rendahnya," Pengembalian yang Allah 'Azza Wa Jalla sebutkan ini maksudnya: Bahwa Allah Ta'ala mengembalikan mansia ke dalam kondisi terendah secara bentuk ciptaan, sebagaimana Allah Ta'ala berfirman: ูˆูŽู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ู…ูŽู†ู’ ูŠูุฑูŽุฏู‘ู ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽุฑู’ุฐูŽู„ู ุงู„ู’ุนูู…ูุฑู " dan di antara kamu ada yang dikembalikan kepada umur yang paling lemah" setiap kali usia bertambah maka tubuhnya akan bertambah lemah, secara tampak akan terlihat lemaah, dan dari kecerahan wajah pun demikian akan kembali ke kondiisi lemah.

Jika kita katakan: Keadaan terbaik mencakup banyak hal, hingga kondisi fitrah yang Allah ciptakan manusia dengannya, dan ibadah yang dibangun di atas fitrah pun demikian, ini adalah isyarat bahwa sebagian manusia ada yang keadaannya kembali kepada keadaan terendah setelah ia berada di puncak tertinggi keimanan dan kailmuan, ayat ini mencakup kedua makna semuanya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat At-Tin ayat 5: Allah menjelaskan sesungguhnya Ia setelah menyebutkan kesempurnaan manusia dan gagah, kemudian akibat setelah itu manusia akan menuju ke dalam neraka jika tidak menjalankan perintah-Nya dari keimanan kepada Allah, iman kepada hari akhir dan beribadah kepada Allah saja tanpa menyekutukan-Nya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ada pula yang menafsirkan dengan masa tua, pikun dan lemah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Tin Ayat 5

Kemudian kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya, yaitu ke neraka, bila mereka durhaka kepada Allah dan tidak menaati utusan-Nya. Ketika itu, kesempurnaan fisik, akal, dan sifat mereka tidak akan menyelamatkannya dari azab Allah. 6. Kami masukkan manusia ke neraka, kecuali orang-orang yang benar-benar beriman dan mengerjakan kebajikan, baik spiritual maupun sosial, secara ikhlas dan sesuai syariat islam; maka mereka akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya dan tidak pula berkurang. Kami selamatkan mereka dari neraka dan kami berikan itu semua kepada mereka sebagai ganjaran dari kami.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah sekumpulan penafsiran dari banyak ulama terhadap kandungan dan arti surat At-Tin ayat 5 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk ummat. Dukung usaha kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Terbanyak Dilihat

Nikmati ratusan topik yang terbanyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-A’la, Adh-Dhuha, Al-Isra 32, An-Naba, Al-Hujurat 13, Al-Qadr. Juga Yusuf 28, Seribu Dinar, Do’a Setelah Adzan, Al-Fatihah, Al-Kafirun, Al-Falaq.

  1. Al-A’la
  2. Adh-Dhuha
  3. Al-Isra 32
  4. An-Naba
  5. Al-Hujurat 13
  6. Al-Qadr
  7. Yusuf 28
  8. Seribu Dinar
  9. Do’a Setelah Adzan
  10. Al-Fatihah
  11. Al-Kafirun
  12. Al-Falaq

Pencarian: az zumar 39, surah tabarok latin, surah al hakumut takasur, fa inna ma'al usri yusro arab, surah al maidah ayat 6

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: