Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Ghasyiyah Ayat 24

فَيُعَذِّبُهُ اللَّهُ الْعَذَابَ الْأَكْبَرَ

Arab-Latin: Fa yu'ażżibuhullāhul-'ażābal-akbar

Terjemah Arti: Maka Allah akan mengazabnya dengan azab yang besar.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

23-24. Orang yang berpaling dari peringatan dan nasihat,terus mempertahankan kekafirannya, Allah akan mengazabnya dengan azab yang berat didalam neraka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

24. Maka Allah akan menyiksa mereka pada hari Kiamat dengan siksa yang agung dengan memasukkan mereka ke dalam Neraka, kekal di dalamnya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah asuhan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

23-24. Namun orang-orang yang ingkar dan membangkang terhadap ayat Al-quran, maka Allah akan mengazabnya pada hari kiamat dengan azab yang pedih, yaitu azab neraka Jahannam

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

23-24. Ketahuilah wahai Nabi Allah barangsiapa yang berpaling dari mereka (orang-orang musyrik) dan menolak dari peringatan dan menolak kebenaran, maka Allah akan mengadzabnya dengan adzab yang besar di akhirat.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Seorang 'alim berkata : Allah menyebut azab orang-orang musyrik dengan azab yang lebih besar, karena mereka mendapat azab yang lebih daripada azab yang dijatuhkan kepada orang lain, mereka di dunia diazab dengan kelaparan dan kekeringan dan azab lainnya yang akan membinasakan mereka.

Li Yaddabbaru Ayatih / Lajnah Ilmiah Markaz Tadabbur

23-24. Firman Allah, “Tetapi orang yang berpaling dan kafir,” yaitu, tetapi orang yang berpaling dari ketaatan dan kufur terhadap Allah, “maka Allah akan mengazabnya dengan azab yang besar,” yakni yang amat sangat dahsyat dan terus menerus.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Maka Allah ﷻ mengazab mereka dengan azab yag paling besar, mereka diazab karena pembangkangan dan kekafiran yang ada pada diri mereka, sekali-kali mereka tidak mendengar risalah yang Rasulullah ﷺ sampaikan, mereka kufur kepada Allah ﷻ . diri mereka sendirilah yang menyebabkan azab itu datang.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

فَيُعَذِّبُهُ اللَّهُ الْعَذَابَ الْأَكْبَرَ " maka Allah akan mengazabnya dengan azab yang besar." Azab terbesar hari kiamat, di sini Allah berfirman الْعَذَابَ الْأَكْبَرَ "azab yang terbesar" tidak menyebutkan azab yang lebih ringan, maksudnya tidak mengatakan: Lebih basar dari seperti ini, ini menunjukkan siksa itu mencapai tingkat tertinggi dalam besar, berat dan kehinaannya. Setiap orang yang berpaling dan kafir, Allah akan mengazabnya dengan azab yang terbesar, dan di sana terdapat azab terkecil di dunia, terkadang orang yang berpaling ditimpa penyakit-penyakit di tubuhnya, atau di akalnya, di keluarganya, di hartanya, pada masyarakatnya, semua itu jika dibandingkan dengan azab neraka, itu hanyalah azab terkecil, sedangkan azab terbesar hanya terjadi pada hari kiamat,

Tafsir Juz 'Amma / Muhammad bin Shalih al-Utsaimin

Yaitu azab di akhirat. Adapun azab yang kecil adalah azab di dunia seperti terbunuh dan tertawan.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


23-24. Engkau tidak kuasa memberi mereka hidayah, kecuali jika ada orang yang berpaling dari ajakanmu dan memilih untuk tetap kafir kepada Allah dan hari akhir, maka Allah akan mengazabnya dengan azab yang besar dan tak tertahankan. Azab itu bukanlah bentuk kezaliman Allah karena dia telah memaparkan kepada mereka bukti-bukti eksistensi dan keesaan Allah dan kebenaran risalah nabi Muhammad, namun mereka masih ingkar dan membangkang, bahkan menantang dan menyakiti nabi. 25. Engkau tidak bisa memaksa manusia untuk beriman. Janganlah bersedih atas keingkaran mereka. Sungguh, setelah mereka mati, hanya kepada kamilah mereka kembali. Kamilah yang akan membalas dan menentukan nasib mereka di akhirat nanti.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Ghasyiyah Ayat 25 Arab-Latin, Surat Al-Ghasyiyah Ayat 26 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Fajr Ayat 1, Terjemahan Tafsir Surat Al-Fajr Ayat 2, Isi Kandungan Surat Al-Fajr Ayat 3, Makna Surat Al-Fajr Ayat 4

Category: Surat Al-Ghasyiyah

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Asbabun Nuzul Surat Al Ghasiyah Doa Mendengar Ayat 24 Al Ghasyiah