Surat Al-Buruj Ayat 17

هَلْ أَتَىٰكَ حَدِيثُ ٱلْجُنُودِ

Arab-Latin: Hal atāka ḥadīṡul-junụd

Artinya: Sudahkah datang kepadamu berita kaum-kaum penentang,

« Al-Buruj 16Al-Buruj 18 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Berkaitan Surat Al-Buruj Ayat 17

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Buruj Ayat 17 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai kandungan penting dari ayat ini. Ada berbagai penjelasan dari berbagai ulama tafsir terkait makna surat Al-Buruj ayat 17, antara lain seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

17-22. Apakah kamu sudah mendengar (wahai rasul), kabar orang orang kafir yang mendustakan nabi nabi mereka? Yaitu Fir’aun dan Tsamud dan azab serta hukuman yang menimpa mereka,tetapi mereka tidak mengambil pelajaran darinya, Sebaliknya orang orang kafir itu selalu dalam pendustaan secara berkesinambungan, seperti itulah orang-orang sebelum mereka. Allah meliputi mereka secara pengetahuan dan kekuasaan, tidak ada yang samar bagiNYA dari amal perbuatan mereka sedikitpun. Dan al-Qur’an bukan sebagaimana yang diklaim oleh orang-orang musyrik bahwa ia adalah syair dan sihir, lalu mereka mendustakannya, sebaliknya ia adalah al-qur’an yang agung lagi mulia, Di lauhil mahfuzh, tidak tersentuh perubahan dan penyelewengan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

17-22. Hai Rasulullah, apakah telah sampai kepadamu kabar tentang sekumpulan orang yang berjumlah sangat banyak yang bersiap untuk memerangi para rasul dan dakwah mereka; yaitu Fir’aun dan kaumnya yang mendustakan Nabi Musa, dan kabilah Tsamud yang mendustakan Nabi Shalih?

Kabar itu telah sampai kepadamu, akan tetapi orang-orang yang mengingkari risalahmu itu lebih mendustakanmu daripada pendustaan umat sebelum mereka terhadap rasul mereka. Allah Maha Melihat mereka dan tipu daya mereka, mereka tidak akan dapat berlari dari azab-Nya. Al-Qur’an bukanlah syair atau sihir sebagaimana kedustaan kalian; namun ia merupakan kitab yang mulia, terjaga dari segala kekurangan, dan tercantum dalam lauhul mahfuzh.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

17. Apakah telah datangkah kepadamu -wahai Rasul- berita tentang bala tentara yang berkumpul untuk memerangi dan mencegah kebenaran?


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

17. هَلْ أَتَىٰكَ حَدِيثُ الْجُنُودِ (Sudahkah datang kepadamu berita kaum-kaum penentang)
Yakni hai Muhammad, telah datang kepadamu kisah orang-orang yang kafir dan yang mendustakan para nabi mereka serta yang mengerahkan pasukan untuk membunuh para nabi itu.
Dan yang dimaksud dengan berita mereka adalah kisah tentang siksaan Allah bagi mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

17. Wahai Rasul, apakah kalian sudah mengetahui kabar tentang kaum yang memerangi dan membunuh nabinya?


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Apakah sudah sampai kepada kalian berita tentang bala tentara} kabar tentang kumpulan orang-orang kafir yang berkumpul menentang para nabi


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 17-18
Kemudian Allah menyebutkan sebagian perbuatanNya yang menunjukkan kebenaran risalah yang dibawa oleh para rasulNya seraya berfirman, “Sudahkah datang kepadamu berita kaum-kaum penentang, (yaitu kaum) Fir’aun dan (kaum) Tsamud,” dan bagaimana mereka mendustakan para rasul? Allah menjadikan mereka dalam golongan orang-orang yang dibinasakan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 11-22
Allah SWT berfirman tentang para hambaNya yang beriman, bahwa: (bagi mereka surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai) berbeda dengan apa yang Dia sediakan bagi musuh-musuhNya, yaitu api yang membakar dan neraka Jahim; Oleh karena itu Allah berfirman: (itulah keberuntungan yang besar) Kemudian Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya azab Tuhanmu benar-benar keras (12)) yaitu, sesungguhnya azab dan pembalasanNya terhadap musuh-musuhNya yang telah mendustakan para rasulNya dan menentang perintahNya benar-benar keras, besar. dan kuat, karena sesungguhnya Allah SWT memiliki kekuatan Yang Maha Kokoh, yang segala sesuatu yang Dia kehendaki pasti terjadi sesuai dengan kehendakNya dalam sekejap atau lebih cepat. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya Dialah yang menciptakan (makhluk) dari permulaan dan menghidupkannya (kembali). (13)) yaitu kekuatan dan kekuasaanNya yang sempurna dapat menciptakan makhluk dan menghidupkannya kembali sebagaimana Dia memuai penciptaannya. tanpa ada yang dapat menghalangi atau mencegahNya (Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih (14)) Dia mengampuni dosa orang yang bertaubat dan tunduk kepadaNya bagaimanapun dosanya. Dan (al-wadud) menurut Ibnu Abbas dan lainnya adalah Maha Pengasih.
(Yang mempunyai 'Aray) yaitu pemilik 'Arsy yang agung dan tinggi di atas semua makhluk. Dan (al-majid) itu ada dua bacaan, yaitu rafa karena menjadi sifat dari “Ar-Rabb”; dan jar karena menjadi sifat dari 'Arsy. Keduanya maknanya benar.
(Maha Kuasa berbuat apa yang dikehendakiNya (16)) yaitu, apa pun yang hendak Dia lakukan tidak ada yang mencegah keputusanNya; dan tidak ada yang menanyakan apa yang Dia perbuat karena keagungan, keperkasaan, kebijaksanaan, dan keadilanNya.
Firman Allah SWT: (Sudahkah datang kepadamu berita kaum-kaum penentang (17) (yaitu kaum) Fira'un dan (kaum) Tsamud? (18)) yaitu apakah kamu pernah mendengar pembalasan yang ditimpakan Allah kepada mereka dan azab yang Dia turunkan kepada mereka tanpa ada seorang pun yang dapat menolaknya dari mereka? Hal ini merupakan penegasan dari firmanNya: (Sesungguhnya azab Tuhanmu benar-benar keras (12)) yaitu Jika Dia menghukum orang zalim, maka Dia menghukumnya dengan hukuman yang pedih dan keras, layaknya hukuman dari Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Kuasa.
Firman Allah SWT: (Sesungguhnya orang-orang kafir selalu mendustakan (19)) yaitu mereka selalu berada dalam keraguan, kebimbangan, kekafiran, dan keingkaran (padahal Allah mengepung mereka dari belakang mereka (20)) yaitu Dia berkuasa dan mengalahkan mereka, serta mereka tidak luput dariNya dan tidak dapat melemahkanNya (Bahkan yang didustakan mereka itu ialah Al-Qur'an yang mulia (21)) yaitu yang agung dan mulia (yang (tersimpan) dalam Lauhil Mahfuz (22)) yaitu, Al-Qur'an itu di kalangan para malaikat terpelihara dari penambahan, pengurangan, penyimpangan, dan perubahan.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Kemudian Allah ﷻ berkata kepada Nabi-Nya ﷺ dan kepada orang-orang beriman sebagai penghibur bagi mereka atas keburukan yang dilakukan oleh kafir quraisy kepada mereka :

{ هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْجُنُودِ } Sungguh telah datang kepadamu kabar tentang bala tentara yang besar didalam Al-Qur'an, dan siapakah mereka itu ? dia adalah Fir'aun kepalanya para pembangkang dan pedusta agama Allah yang menyatakan ketuhanan atas dirinya, lalu apa yang Allah ﷻ telah perbuat atasnya ?

Allah ﷻ meneggelamkannya beserta bala tentara yang dia pimpin untuk memusnahkan kaum mukminin dibawah kepemimpinan Nabi Musa, kekuatan mereka seketika tumbang di tengah lautan yang dalam,.

Dan bala tentara yang lain ada kaum tsamud, yaitu ummat Nabi Shalih, mereka adalah penduduk perkampungan hijr yang terletak disebelah utara kota Hijaz, atau sebelah utara Yaman, dan kampung itu letaknya disebuah lembah perkampungan yang sangat jauh dari perkotaan, kaum ini tinggal di wilayah yang cukup baik yang penuh dengan tanaman dan pohon kurma yang sangat luas, mereka adalah kaum yang sangat kuat yang terkenal dengan rumah-rumah mereka yang merupakan hasil pahatan mereka sendiri pada gunung batu.

Seagaimana yang Allah ﷻ abadikan tentang mereka dalam Al-Qur'an : { فَتِلْكَ بُيُوتُهُمْ خَاوِيَةً بِمَا ظَلَمُوا ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ } ( Maka itulah rumah-rumah mereka dalam keadaan runtuh disebabkan kezaliman mereka. Sesungguhnya pada yang demikian itu (terdapat) pelajaran bagi kaum yang mengetahui. ) [ An-Naml : 52 ], rumah-rumah kaum tsamud masih tersisa sampai saat ini walaupun bagunannya sudah tidak sempurna dan Allah ﷻ menjadikannya sebagai pelajaran dan hikmah bagi ummat manusi.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

Kemudian Allah Ta’ala berfirman: هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْجُنُودِ “Sudahkah datang kepadamu berita kaum-kaum penentang, ” Yang diajak bicaara dalam ayat ini adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam, atau setipa orang yang dapat dijadikan sebagai orang yang diajak bicara. Istifham (kalimat tanya) di sini untuk emmberi peringatan, karena jika sesuatu ucapan disertai istifham maka orang akan lebih banyak perhatian.

الْجُنُودِ [al-Junuud] adalah bentuk jamak dari جُنْدٌ [Jundun], disebutkan secara tidak jelas namun dijelaskan dengan firman-Nya : فِرْعَوْنَ وَثَمُودَ "(yaitu kaum) Fir'aun dan (kaum) Tsamud? ”


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Buruj ayat 17: 17-20. Allah berkata kepada Nabi-Nya : Apakah telah sampai kepadamu wahai Rasul atas kabar kufur dank eras kepalanya mereka kaum penentang, dan apa yang mereka terima dari adzab dan hukuman ?. Mereka adalah Fir’aun dan Tsamud, yang pertama ditimpakan adzab dan siksaan. Dengan itu pula kafir Mekkah yang terus menerus berdusta maka, siksaan atasnya. Dan ketika engkau (Muhammad ﷺ) datang, mereka (orang kafir) tidak menganggap kekafirannya sebelumnya. Kemudian Allah jelaskan bahwa Allah mencakup mereka dengan ilmu-Nya dan ke Maha Kuasaan-Nya. Dan mereka (orang-orang kafir) terkepung, tidak luput dari Allah dan tidak pula membuat-Nya lemah.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan di antara tindakan-Nya yang menunjukkan benarnya apa yang dibawa para rasul-Nya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Buruj Ayat 17

Allah menceritakan kisah fir'aun dan kaum Samud untuk menenteramkan hati nabi yang mengalami tekanan hebat dari kaum kafir mekah. Wahai nabi Muhammad, sudahkah sampai kepadamu berita tentang bala tentara penentang, 18. Yaitu fir'aun, penguasa mesir penindas bani israil pada masanya, dan kaum Samud, para pendurhaka terhadap nabi saleh' fir'aun dan tentaranya ditenggelamkan di laut merah, sedangkan kaum Samud dihancurkan dengan sambaran petir.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian beberapa penafsiran dari kalangan mufassirin terkait isi dan arti surat Al-Buruj ayat 17 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi kita. Sokong dakwah kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Paling Banyak Dilihat

Telaah banyak topik yang paling banyak dilihat, seperti surat/ayat: Ad-Dukhan, Al-Jin, Tentang Al-Quran, Al-Baqarah 45, Al-Qamar 49, Al-Ma’idah 8. Termasuk At-Thalaq, Al-Isra 25, Al-Baqarah 43, Ali ‘Imran 139, Al-Hadid 20, Ali ‘Imran 97.

  1. Ad-Dukhan
  2. Al-Jin
  3. Tentang Al-Quran
  4. Al-Baqarah 45
  5. Al-Qamar 49
  6. Al-Ma’idah 8
  7. At-Thalaq
  8. Al-Isra 25
  9. Al-Baqarah 43
  10. Ali ‘Imran 139
  11. Al-Hadid 20
  12. Ali ‘Imran 97

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: