Surat Al-Buruj Ayat 16

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ููŽุนู‘ูŽุงู„ูŒ ู„ู‘ูู…ูŽุง ูŠูุฑููŠุฏู

Arab-Latin: Fa''ฤlul limฤ yurฤซd

Artinya: Maha Kuasa berbuat apa yang dikehendaki-Nya.

ยซ Al-Buruj 15 โœต Al-Buruj 17 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Mengenai Surat Al-Buruj Ayat 16

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Buruj Ayat 16 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam pelajaran berharga dari ayat ini. Ada bermacam penjabaran dari banyak pakar tafsir terkait isi surat Al-Buruj ayat 16, misalnya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

12-16. Sesungguhnya hukuman dan adzab dari Tuhan-Mu dikarenakan permusuhan mereka sangatlah besar dan keras. Sesungguhnya Allah lah yang memulai penciptaan dan mengulanginya. Dia maha pengampun bagi siapa yang bertaubat, sangat cinta dan sayang kepada wali wali NYA, Pemilik arasy, Maha mulia,yang keutamaan dan kemuliaanNYA mencapai puncaknya, Maha melakukan apa yang dia inginkan,tidak ada sesuatupun yang dapat menolak saat Allah menghendakinya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

16. Mahakuasa untuk berbuat apa yang diinginkan-Nya berupa memaafkan dosa-dosa orang yang dikehendaki-Nya dan menyiksa orang yang dikehendaki-Nya, tidak ada yang memaksa-Nya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

16. Allah Maha Kuasa melakukan sesuatu apapun yang Dia kehendaki, Maha memutuskan/menetapkan, dan Maha Memberi Balasan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Maha kuasa berbuat apa saja yang Dia kehendaki


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 16
โ€œMahakuasa berbuat apa yang dikehendakiNya,โ€ yakni bila menghendaki sesuatu, Dia melakukannya dan bila menghendaki sesuatu, Allah berfirman padanya, โ€œJadilah,โ€ maka jadilah sesuatu itu. Tidak ada sesuatu pun yang Mahakuasa berbuat apa yang dikehendakinya selain Allah, karena seluruh makhluk bila menginginkan sesuatu, pasti keinginannya itu dibantu atau bisa terhalang, sedangkan Allah tidak memiliki pembantu untuk kehendakNya dan tidak ada yang dapat menghalangi keinginanNya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 11-22
Allah SWT berfirman tentang para hambaNya yang beriman, bahwa: (bagi mereka surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai) berbeda dengan apa yang Dia sediakan bagi musuh-musuhNya, yaitu api yang membakar dan neraka Jahim; Oleh karena itu Allah berfirman: (itulah keberuntungan yang besar) Kemudian Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya azab Tuhanmu benar-benar keras (12)) yaitu, sesungguhnya azab dan pembalasanNya terhadap musuh-musuhNya yang telah mendustakan para rasulNya dan menentang perintahNya benar-benar keras, besar. dan kuat, karena sesungguhnya Allah SWT memiliki kekuatan Yang Maha Kokoh, yang segala sesuatu yang Dia kehendaki pasti terjadi sesuai dengan kehendakNya dalam sekejap atau lebih cepat. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya Dialah yang menciptakan (makhluk) dari permulaan dan menghidupkannya (kembali). (13)) yaitu kekuatan dan kekuasaanNya yang sempurna dapat menciptakan makhluk dan menghidupkannya kembali sebagaimana Dia memuai penciptaannya. tanpa ada yang dapat menghalangi atau mencegahNya (Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih (14)) Dia mengampuni dosa orang yang bertaubat dan tunduk kepadaNya bagaimanapun dosanya. Dan (al-wadud) menurut Ibnu Abbas dan lainnya adalah Maha Pengasih.
(Yang mempunyai 'Aray) yaitu pemilik 'Arsy yang agung dan tinggi di atas semua makhluk. Dan (al-majid) itu ada dua bacaan, yaitu rafa karena menjadi sifat dari โ€œAr-Rabbโ€; dan jar karena menjadi sifat dari 'Arsy. Keduanya maknanya benar.
(Maha Kuasa berbuat apa yang dikehendakiNya (16)) yaitu, apa pun yang hendak Dia lakukan tidak ada yang mencegah keputusanNya; dan tidak ada yang menanyakan apa yang Dia perbuat karena keagungan, keperkasaan, kebijaksanaan, dan keadilanNya.
Firman Allah SWT: (Sudahkah datang kepadamu berita kaum-kaum penentang (17) (yaitu kaum) Fira'un dan (kaum) Tsamud? (18)) yaitu apakah kamu pernah mendengar pembalasan yang ditimpakan Allah kepada mereka dan azab yang Dia turunkan kepada mereka tanpa ada seorang pun yang dapat menolaknya dari mereka? Hal ini merupakan penegasan dari firmanNya: (Sesungguhnya azab Tuhanmu benar-benar keras (12)) yaitu Jika Dia menghukum orang zalim, maka Dia menghukumnya dengan hukuman yang pedih dan keras, layaknya hukuman dari Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Kuasa.
Firman Allah SWT: (Sesungguhnya orang-orang kafir selalu mendustakan (19)) yaitu mereka selalu berada dalam keraguan, kebimbangan, kekafiran, dan keingkaran (padahal Allah mengepung mereka dari belakang mereka (20)) yaitu Dia berkuasa dan mengalahkan mereka, serta mereka tidak luput dariNya dan tidak dapat melemahkanNya (Bahkan yang didustakan mereka itu ialah Al-Qur'an yang mulia (21)) yaitu yang agung dan mulia (yang (tersimpan) dalam Lauhil Mahfuz (22)) yaitu, Al-Qur'an itu di kalangan para malaikat terpelihara dari penambahan, pengurangan, penyimpangan, dan perubahan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

{ ููŽุนู‘ูŽุงู„ูŒ } Dia Maha kuasa untuk melakukan { ู„ูู…ูŽุง ูŠูุฑููŠุฏู } apapun yang Dia inginkan, dan tidak satupun yang mampu melemahkan dan menggagalkan rencana-Nya, Allah ๏ทป berfirman : { ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ุฃูŽู…ู’ุฑูู‡ู ุฅูุฐูŽุง ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽู‚ููˆู„ูŽ ู„ูŽู‡ู ูƒูู†ู’ ููŽูŠูŽูƒููˆู†ู } ( Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: โ€œJadilah!โ€ maka terjadilah ia. ) [ Yaa Siin : 82 ], apapun yang Allah ๏ทป ingin lakukan Dia mampu dan kuasa atas hal itu, berbeda dengan makhluk, mereka banyak membayangkan keinginannya, akan tetapi tidak semua keinginan itu mampu mereka wujudkan.

Dan Allah ๏ทป jika menginginkan sesuatu Dia mampu melakukan dan semuanya, itulah perbedaan antara hamba dan Tuhannya, karena sesungguhnya manusia itu pada hakikatnya lemah dan tidak memiliki kekuatan kecuali Allah ๏ทป yang memberikan kekuatan baginya.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

ููŽุนู‘ูŽุงู„ูŒ ู„ูู…ูŽุง ูŠูุฑููŠุฏู "Maha Kuasa berbuat apa yang dikehendaki-Nya โ€ Ini adalah pensifatan bagi Allah Taโ€™ala bahwa Dia Maka Kuasa berbuat apa pun yang dikehendaki-Nya, Maka segala sesuatu yang Allah kehendaki maka Dia akan melakukannya dan tidak akan ada yang bisa menghalangi-Nya. Karena kepunyaan-Nyalah kerajaan langit dan bumi, dan tidak ada seorang pun yang menghalangi perbuatan-Nya yang Dia kehendaki di kerajaan-Nya. Ini seperti firman Allah taโ€™ala: ูˆูŽูŠูุถูู„ู‘ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ุธู‘ูŽุงู„ูู…ููŠู†ูŽ ูˆูŽูŠูŽูู’ุนูŽู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽุง ูŠูŽุดูŽุงุก โ€œdan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki. โ€ (QS. Ibrahim: 27) Semua manusia, bagaimana pun mereka berencana mereka tidak akan kuasa melakukan sesuai dengan kehendak mereka, bahkan terkadang mereka menginginkan sesuatu dengan keinginan yang kuat, tetapi jika Allah tidak ingin mewujud terjadi pada mereka maka Allah akan memalingkan dan menghalangi mereka dari itu. Antara mereka dan rencana mereka akan ada penghalang. Sedangkan Rabb Tabaaraka Wa Taโ€™ala dia Maha Kuasa berbuat sesuai kehendak-Nya, jika menginginkan sesuatu maka Dia akan mengatkan kun fayakuun jadilah maka akan jadi seketika.

Dalam Ayat yang mulia ini terdapat penetapan adanya kehendak Allah dengan kehendak yang sempurna pada makhluk-Nya, dan pada apa-apa yang berkaitan dengan perbuatan-perbuatan makhluk, maka perbuatan manusia itu tidak akan terwujud kecuali atas kehendak Allah, sebagaimana Allah subhaanahu wa Taโ€™ala berfirman: ู„ูู…ูŽู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽู‚ููŠู…ูŽ*ูˆูŽู…ูŽุง ุชูŽุดูŽุงุกููˆู†ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ "Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu) kecuali apabila dikehendaki Allah, Tuhan semesta alam.โ€(QS. At-Takwiir: 29) Pada ayat ini Allah Subhaanahu menjelaskan bahwa kehendak hamba-hamba terikat dengan kehendak-Nya subhaanahu sebagaimana Allah Taโ€™ala berfirman: ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุงู‚ู’ุชูŽุชูŽู„ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุจูŽุนู’ุฏูู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุจูŽุนู’ุฏู ู…ูŽุง ุฌูŽุงุกูŽุชู’ู‡ูู…ู ุงู„ู’ุจูŽูŠู‘ูู†ูŽุงุชู ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู ุงุฎู’ุชูŽู„ูŽูููˆุง ููŽู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ู…ูŽู†ู’ ุขู…ูŽู†ูŽ ูˆูŽู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽููŽุฑูŽ ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุงู‚ู’ุชูŽุชูŽู„ููˆุง ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูŠูŽูู’ุนูŽู„ู ู…ูŽุง ูŠูุฑููŠุฏู โ€œDan kalau Allah menghendaki, niscaya tidaklah berbunuh-bunuhan orang-orang (yang datang) sesudah rasul-rasul itu, sesudah datang kepada mereka beberapa macam keterangan, akan tetapi mereka berselisih, maka ada di antara mereka yang beriman dan ada (pula) di antara mereka yang kafir. Seandainya Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Akan tetapi Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya. โ€(QS. Al-Baqarah: 253) Kehendak Allah mencakup apa-apa yang menjadi perbuatan-Nya, dan apa-apa yang menjadi perbuatan hamba-hamba-Nya, saya beri contoh untukmu tentang ini: Anda saya berbicara dengan pembicaraan saya ini, atau pembicaraan lainnya atau juga dengan pembicaraan sebelumnya, maka semua ucapan saya itu dapat terucap dengan kehendak Allah, sendainya Allah berkehendak untuk saya tidak berbicara maka saya tidak akan kuasa untuk berbicara, dan jika Allah menghendaki saya berbicara, saya bisa berbicara, hati saya pun terdorong untuk berbicara, oleh karenanya Allah Subhaanahu wa Taโ€™ala berfirman: ููŽุนู‘ูŽุงู„ูŒ ู„ูู…ูŽุง ูŠูุฑููŠุฏู "Maha Kuasa berbuat apa yang dikehendaki-Nya โ€


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Buruj ayat 16: 12-16. Ketahuilah wahai Nabi Allah, bahwasanya Allah memutuskan untuk memusuhi dari orang-orang yang kejam dan kufur, untuk tujuan menampakkan ke Maha Kuatan-Nya dan Ketegasan-Nya. Kemudian ketahuilah wahai Nabi Allah, bahwasanya Allah, Ia hanya sendirian dalam penciptaan dari kondisi sebelumnya yang tidak ada (wujud), kemudian Allah matikan (mereka), lalu kami hidupkan kembali; Dan Ia Allah Maha Pengampun. Mengampuni bagi siapa yang bertaubat dari hamba-Nya dan Ia Maha Pengasih, Yang Lemah Lembut kepada kekasih-Nya yang dicintai-Nya dengan cinta yang sangat. Dia adalah pemilik arsy yang mulia, yang ia (arsy) adalah makhluk yang paling besar. Dan Allah adalah Al Majid (Yang Sempurna), tinggi (di atas seluruh makhluk). Dan Ia berbuat sekendak-Nya. Dan jika Ia menghendaki sesuatu maka jadilah ia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni apabila Dia menghendaki sesuatu, maka Dia berkuasa melakukannya. Jika Dia menginginkan sesuatu, maka Dia hanya berfirman, โ€œTerjadilah.โ€ Maka terjadilah hal itu. Adapun makhluk, jika mereka menghendaki sesuatu, maka terhadap kehendaknya itu butuh pembantunya dan ada penghalangnya, sedangkan Allah Subhaanahu wa Ta'aala tidak ada yang membantu untuk melaksanakan kehendak-Nya dan tidak ada yang menghalangi kehendak-Nya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Buruj Ayat 16

Dia mahakuasa berbuat apa yang dia kehendaki. Jika dia berkehendak mengazab orang kafir atau menganugerahkan nikmat kepada orang beriman, tidak ada yang mampu menahan kehendak-Nya tersebut. 17. Allah menceritakan kisah fir'aun dan kaum Samud untuk menenteramkan hati nabi yang mengalami tekanan hebat dari kaum kafir mekah. Wahai nabi Muhammad, sudahkah sampai kepadamu berita tentang bala tentara penentang, .


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penjabaran dari banyak ulama terhadap makna dan arti surat Al-Buruj ayat 16 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi ummat. Bantulah dakwah kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Terbanyak Dikunjungi

Baca ratusan konten yang terbanyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Ad-Dukhan, At-Thalaq, Al-Baqarah 43, Al-Ma’idah 8, Al-Jin, Al-Isra 25. Juga Al-Qamar 49, Ali ‘Imran 97, Al-Baqarah 45, Tentang Al-Quran, Ali ‘Imran 139, Al-Hadid 20.

  1. Ad-Dukhan
  2. At-Thalaq
  3. Al-Baqarah 43
  4. Al-Ma’idah 8
  5. Al-Jin
  6. Al-Isra 25
  7. Al-Qamar 49
  8. Ali ‘Imran 97
  9. Al-Baqarah 45
  10. Tentang Al-Quran
  11. Ali ‘Imran 139
  12. Al-Hadid 20

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: