Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat At-Takwir Ayat 25

وَمَا هُوَ بِقَوْلِ شَيْطَانٍ رَجِيمٍ

Arab-Latin: Wa mā huwa biqauli syaiṭānir rajīm

Terjemah Arti: Dan Al Quran itu bukanlah perkataan syaitan yang terkutuk,

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

22-25. Muhammad yang kalian kenal bukan orang gila. Muhammad telah melihat jibril yang datang dengan membawa wahyu kepadanya dalam wujud aslinya sebagaimana Allah menciptakannya,di ufuk besar dari arah timur di Makkah,itu adalah penglihatan nabi kepada jibril yang pertama di gua hira. Muhammad tidak kikir dalam menyampaikan wahyu. Al-qur’an ini bukan ucapan setan yang terkutuk yang terusir dari rahmat Allah, sebaliknya ia adalah kalam dan wahyu Allah.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

25. Al-quran ini bukanlah perkataan setan yang mencuri pendengaran, terlaknat, dan terhalangi dari rahmat Allah

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

23-25. Kemudian Allah bersumpah bahwa Nabi ﷺ melihat Jibril dalam bentuk aslinya yang Allah ciptakan atasnya. Ia (Jibril) nampak di ufuk timur ketika terbitnya matahari. Dan Allah bersumpah bawasanya Muhammad ﷺ bukanlah orang yang bakhil (pelit) dengan apa yang mestinya ia sampaikan (kepada umat) dan tidak juga orang yang dicurigai atau selainnya. Ketahuilah olehmu ! Bahwa apa yang diucapkan oleh Muhammad ﷺ adalah Al Qur’an Al Karim, bukan ucapan yang dilemparkan oleh setan atas lisan Muhammad ﷺ sebagaimana kalian klaim dan tuduh.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

25. Dan al-Quran ini bukanlah perkataan setan yang yang terutuk dari rahmat Allah.

Al-Mukhtashar fit Tafsir / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah

Ayat 25
“Dan al-Qur’an itu bukanlah perkataan setan yang terkutuk.” Pada saat Allah menjelaskan kemuliaan KitabNya dan karuniaNya dengan menyebutkan dua utusan mulia yang sampai pada manusia melalui tangan mereka berdua, Allah memuji-muji keduanya menghilangkan berbagai kekurangan yang menodai kejujurannya seraya berfirman, “Dan al-Qur’an itu buknlah perkataan setan yang terkutuk,” yakni setan itu amat jauh dari Allah dan jauh dari (status) kedekatan terhadapNya.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

{ وَمَا هُوَ } Dan Al-Qur'an ini { بِقَوْلِ شَيْطَانٍ رَجِيمٍ } sekali-kali bukanlah perkataan setan seperti yang kalian katakan wahai orang-orang kafir, dan { رَجِيمٍ } yakni yang dijauhkan ( dari rahmat Allah ), maka bagaimana mungkin setan yang dijauhkan dari rahmat Allah bisa mendekati Al-Qur'an yang suci dan mulia ini.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

وَمَا هُوَ بِقَوْلِ شَيْطَانٍ رَجِيمٍ “Dan Al Qur'an itu bukanlah perkataan setan yang terkutuk,” Maknanya: Al-Quran bukanlah perkataan salah satu setan-setan, para dukun yang mendapatkan wangsit dari setan-setan yang berdusta kepada mereka, kemudian dukun-dukun itu memberitakan kepada manusia, dan mereka menyangka para dukun itu berkata jujur.

Tafsir Juz 'Amma / Muhammad bin Shalih al-Utsaimin

Setelah Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan keutamaan kitab-Nya dan memuliakannya dengan menyebutkan dua makhluk yang mulia yang membawanya yang kemudian disampaikan kepada manusia, dan setelah Allah Subhaanahu wa Ta'aala memuji kedua utusan itu serta membersihkan Al Qur’an dari segala cacat dan kekurangan yang dapat menodai kebenarannya, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman, “Dan (Al Qur'an) itu bukanlah perkataan setan yang terkutuk,”

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dan Al-Qur'an itu bukanlah perkataan setan yang terkutuk. Ada perbedaan nyata antara Al-Qur'an dan perkataan setan. Al-qur'an mengajarkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan, sedangkan setan mengajak kepada kebatilan, kemaksiatan, dan kemungkaran. 26. Maka, ke manakah kamu akan pergi' jalan mana yang akan kamu pilih untuk menemukan kebenaran' tidak ada yang lebih terang daripada jalan yang dijelaskan oleh Al-Qur'an.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat At-Takwir Ayat 26 Arab-Latin, Surat At-Takwir Ayat 27 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat At-Takwir Ayat 28, Terjemahan Tafsir Surat At-Takwir Ayat 29, Isi Kandungan Surat Al-Infitar Ayat 1, Makna Surat Al-Infitar Ayat 2

Category: Surat At-Takwir

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!