Surat At-Takwir Ayat 24

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽู…ูŽุง ู‡ููˆูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ูฑู„ู’ุบูŽูŠู’ุจู ุจูุถูŽู†ููŠู†ู

Arab-Latin: Wa mฤ huwa 'alal-gaibi biแธanฤซn

Artinya: Dan dia (Muhammad) bukanlah orang yang bakhil untuk menerangkan yang ghaib.

ยซ At-Takwir 23 โœต At-Takwir 25 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Mengenai Surat At-Takwir Ayat 24

Paragraf di atas merupakan Surat At-Takwir Ayat 24 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai kandungan penting dari ayat ini. Diketemukan berbagai penafsiran dari para ahli ilmu berkaitan makna surat At-Takwir ayat 24, sebagiannya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

22-25. Muhammad yang kalian kenal bukan orang gila. Muhammad telah melihat jibril yang datang dengan membawa wahyu kepadanya dalam wujud aslinya sebagaimana Allah menciptakannya,di ufuk besar dari arah timur di Makkah,itu adalah penglihatan nabi kepada jibril yang pertama di gua hira. Muhammad tidak kikir dalam menyampaikan wahyu. Al-qurโ€™an ini bukan ucapan setan yang terkutuk yang terusir dari rahmat Allah, sebaliknya ia adalah kalam dan wahyu Allah.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

24. Dan tidaklah teman kalian ini sebagai orang yang bakhil, yang enggan untuk menyampaikan kepada kalian apa yang diperintahkan kepadanya untuk disampaikan kepada kalian, dan dia juga tidak mengambil upah sebagaimana para dukun mengambil upah.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

24. ูˆูŽู…ูŽุง ู‡ููˆูŽ (Dan bukanlah dia)
Yakni Muhammad.

ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุบูŽูŠู’ุจู (untuk menerangkan yang ghaib)
Yakni berita-berita langit.

ุจูุถูŽู†ููŠู†ู (orang yang bakhil)
Yakni tidak kikir dan tidak lalai dalam menyampaikan risalah, namun dia mengajarkan firman dan hukum-hukum Allah kepada manusia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

24. Muhammad SAW bukanlah orang yang kikir untuk menyampaikan dan mengajarkan wahyu Allah dan kabar dari langit yang ghaib


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dan dia terhadap yang ghaib itu tidaklah} dan nabi Muhammad itu terhadap wahyu dan kabar dari langit tidaklah {kikir} enggan menyampaikannya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 24
โ€œdan Muhammad bukanlah orang yang bakhil untuk menerangkan yang ghaibโ€ yakni Muhammad bukanlah seorang yang tertuduh menambahi, mengurangi, atau menyembunyikan sebagian yang diwahyukan Allah padanya, tapi Muhammad adalah yang paling terpercaya dari kalangan penduduk bumi dan langit yang menyampaikan risalah Rabbnya dengan nyata, sama sekali tidak bersifat bakhil pada orang kaya, orang miskin, pemimpin, rakyat, orang lelaki, perempuan, orang kota, orang desa, dan lainnya. Karena itu Allah mengutus beliau di tengah-tengah kaum yang tidak bisa membaca dan menulis lagi bodoh. Dan belulah Nabi Muhammad meninggal dunia, tapi mereka semua menjadi ulama-ulama rabbani dan ilmuwan-ilmuwan yang memiliki pikirian tajam. Puncak segala ilmu berakhir pada mereka, mereka adalah para guru sedangkan lainnya paling tinggi hanyalah murid-murid mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

{ ูˆูŽู…ูŽุง ู‡ููˆูŽ } Dan tidaklah dia ( Muhammad ) { ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุบูŽูŠู’ุจู ุจูุถูŽู†ููŠู†ู } pantas dicurigai atas apa yang ia sampaikan tentang hal-hal ghaib ( Wahyu ) karena dia adalah orang yang jujur lagi baik, dan menurut riwayat lain { ุจูุถูŽู†ููŠู†ู } berarti kikir, yakni tidklah Muhammad ๏ทบ itu seorang yang kikir dalam menyampaikan risalah yang Allah wahyukan kepadanya, Muhammad bukanlah orang yang pantas dicurigai kebohongannya dan bukan pula orang kikir dalam menyampaikan risalah islam, akan tetapi dia adalah Rasul yang mulia yang kejujurannya tidak pantas diragukan.

Lalu bagaimana mungkin mereka mencerca apa yang tertulis dalam Al-Qur'an, bukankah Al Qur'an itu dibawakan oleh Rasul yang mulia dan jujur yang Allah pun percaya akan kedudukan dirinya, ูdan Al Qur'an ini selalu dalam perindungan Allah dan tiada satupun yang dapat mengganggunya dan merusaknya, Allah berfirman : { ูˆูŽู…ูŽุง ุชูŽู†ูŽุฒู‘ูŽู„ูŽุชู’ ุจูู‡ู ุงู„ุดู‘ูŽูŠูŽุงุทููŠู†ู , ูˆูŽู…ูŽุง ูŠูŽู†ู’ุจูŽุบููŠ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽู…ูŽุง ูŠูŽุณู’ุชูŽุทููŠุนููˆู†ูŽ , ุฅูู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ุนูŽู†ู ุงู„ุณู‘ูŽู…ู’ุนู ู„ูŽู…ูŽุนู’ุฒููˆู„ููˆู†ูŽ } ( Dan Al Quran itu bukanlah dibawa turun oleh syaitan-syaitan , Dan tidaklah patut mereka membawa turun Al Quran itu, dan merekapun tidak akan kuasa. , Sesungguhnya mereka benar-benar dijauhkan daripada mendengar Al Quran itu. ) [ As Syu'ara' : 210-213 ] Wahyu itu diturunkan oleh Allah melalui perantaraan Malaikat, Mereka dipercaya untuk membawa wahyu Allah kebumi, dan sekali-kali setan tidak akan mampu menganggunya, Allah berfirman : { ู‡ูŽู„ู’ ุฃูู†ูŽุจู‘ูุฆููƒูู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ูฐ ู…ูŽู†ู’ ุชูŽู†ูŽุฒู‘ูŽู„ู ุงู„ุดู‘ูŽูŠูŽุงุทููŠู†ู , ุชูŽู†ูŽุฒู‘ูŽู„ู ุนูŽู„ูŽู‰ูฐ ูƒูู„ู‘ู ุฃูŽูู‘ูŽุงูƒู ุฃูŽุซููŠู…ู } ( Apakah akan Aku beritakan kepadamu, kepada siapa syaitan-syaitan itu turun ? , Mereka turun kepada tiap-tiap pendusta lagi yang banyak dosa, ) [ As Syu'ara' : 221-222 ] dan setan-setan itu tidak mungkin turun kepada para Nabi, mereka ( orang-orang kafir quraisy ) mengatakan bahwa Al Qur'an itu diturunkan melalui para syaiton, akan tetapi perkatan mereka itu hanyalah dusta dan merupaka sebuah penghinaan, melainkan merekalah yang kepadanya syaiton-syaito itu turun, sedangkan yang turun kepada para Nbi dan Rasul dengan membawa wahyu Allah yaitu para Malaikat yang mulia.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

ูˆูŽู…ูŽุง ู‡ููˆูŽ "Dan tidaklah dia"Yaitu Muhammad shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุบูŽูŠู’ุจู Yakni: terhadap wahyu yang diturunkan kepadanya dari sisi Allah: ุจูุถูŽู†ููŠู†ู Dengan huruf dhad, artinya: Pelit, beliau โ€˜alaihissholaatu wassalaam tidak tertuduh (dusta) dalam menyampaikan wahyu, tidak juga pelit, tetapi beliau orang yang paling getol dalam menyampaikan wahyu, beliau senantia mengajarkan manusia di setiap kesempatan, beliau orang yang paling jauh dari tuduhan, karena sempurnanya kejujuran dan amanah beliau, โ€˜alaihissholaatu wassalaam. Dalam cara baca yang lain dengan zhoo,artinya tertuduh, azh-zhan artinya tuhmah [tuduhan].


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat At-Takwir ayat 24: 23-25. Kemudian Allah bersumpah bahwa Nabi ๏ทบ melihat Jibril dalam bentuk aslinya yang Allah ciptakan atasnya. Ia (Jibril) nampak di ufuk timur ketika terbitnya matahari. Dan Allah bersumpah bawasanya Muhammad ๏ทบ bukanlah orang yang bakhil (pelit) dengan apa yang mestinya ia sampaikan (kepada umat) dan tidak juga orang yang dicurigai atau selainnya. Ketahuilah olehmu ! Bahwa apa yang diucapkan oleh Muhammad ๏ทบ adalah Al Qurโ€™an Al Karim, bukan ucapan yang dilemparkan oleh setan atas lisan Muhammad ๏ทบ sebagaimana kalian klaim dan tuduh.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Bisa maksudnya, bahwa Beliau bukanlah orang yang tertuduh menambah, mengurangi atau menyembunyikan sebagian wahyu Allah, bahkan Beliau adalah manusia yang paling amanah, Beliau menyampaikan risalah Tuhannya dengan sempurna tanpa mengurangi atau menambah. Beliau juga tidak bakhil sehingga menyembunyikan sebagian wahyu Allah, bahkan Beliau tidaklah wafat kecuali setelah berhasil mendidik umat yang sebelumnya jahil menjadi umat yang berilmu yang menjadi rujukan oleh generasi yang datang setelahnya dalam ilmu dan pemahaman, mereka yang telah dididiknya menjadi guru, sedangkan generasi setelahnya merupakan murid-murid mereka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Takwir Ayat 24

Dan dia bukanlah orang yang kikir untuk menerangkan ihwal perkara yang gaib, seperti Allah, malaikat, dan hari kiamat. Nabi dengan senang hati memberi penjelasan demi kemaslahatan banyak orang. Hal ini berbeda dari para dukun yang hanya mau membeberkan hal yang rahasia jika diberi imbalan. 25. Dan Al-Qur'an itu bukanlah perkataan setan yang terkutuk. Ada perbedaan nyata antara Al-Qur'an dan perkataan setan. Al-qur'an mengajarkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan, sedangkan setan mengajak kepada kebatilan, kemaksiatan, dan kemungkaran.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah sekumpulan penafsiran dari para mufassir terkait kandungan dan arti surat At-Takwir ayat 24 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi kita semua. Bantu perjuangan kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Tersering Dicari

Tersedia banyak konten yang tersering dicari, seperti surat/ayat: Al-Hadid 20, Al-Qamar 49, At-Thalaq, Tentang Al-Quran, Al-Baqarah 45, Ali ‘Imran 97. Termasuk Ad-Dukhan, Al-Jin, Al-Isra 25, Ali ‘Imran 139, Al-Baqarah 43, Al-Ma’idah 8.

  1. Al-Hadid 20
  2. Al-Qamar 49
  3. At-Thalaq
  4. Tentang Al-Quran
  5. Al-Baqarah 45
  6. Ali ‘Imran 97
  7. Ad-Dukhan
  8. Al-Jin
  9. Al-Isra 25
  10. Ali ‘Imran 139
  11. Al-Baqarah 43
  12. Al-Ma’idah 8

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: