Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat At-Takwir Ayat 22

وَمَا صَاحِبُكُمْ بِمَجْنُونٍ

Arab-Latin: Wa mā ṣāḥibukum bimajnụn

Terjemah Arti: Dan temanmu (Muhammad) itu bukanlah sekali-kali orang yang gila.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

22-25. Muhammad yang kalian kenal bukan orang gila. Muhammad telah melihat jibril yang datang dengan membawa wahyu kepadanya dalam wujud aslinya sebagaimana Allah menciptakannya,di ufuk besar dari arah timur di Makkah,itu adalah penglihatan nabi kepada jibril yang pertama di gua hira. Muhammad tidak kikir dalam menyampaikan wahyu. Al-qur’an ini bukan ucapan setan yang terkutuk yang terusir dari rahmat Allah, sebaliknya ia adalah kalam dan wahyu Allah.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

22. Wahai para musrik Makkah, sahabat kalian Muhammad SAW itu bukanlah orang gila seperti apa yang telah kalian kira. Kalian semua sebenarnya tahu kebenaran, akal, dan hikmah yang dimiliknya, karena dia adalah sahabat kalian.

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

19-22. Kemudian datang jawaban atas sumpah-sumpah (pada ayat sebelumnya) sebagai bentuk penegasan yang banyak, yaitu bahwasanya Al Qur’an ini diturunkan kepada Nabi ﷺ oleh Jibril dan ia (Al Qur’an) adalah Kalamullah. Dan sungguh Jibril sangat kuat dalam menjalankan tugasnya dan ia memiliki kedudukan di sisi Allah. Jibril adalah malaikat yang ditaati di alam malaikat dan ia adalah malaikat yang amanah dengan wahyu. Dan bahwasanya ia sahabatmu (Muhammad ﷺ) wahai orang-orang arab! Bukanlah orang yang gila.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

22. Dan temanmu Muhammad yang kalian ketahui akalnya, amanahnya dan kejujurannya bukanlah orang gila sebagaimana yang kalian tuduhkan kepadanya.

Al-Mukhtashar fit Tafsir / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah

Ayat 22
Ketika Allah menyebutkan keutamaan utusan dari kalangan malaikat yang datang membawa al-Qur’an, Allah menyebutkan keutamaan utusan dari kalangan manusia yang diberi al-Qur’an seraya berfirman, “Dan temanmu (Muhammad) itu sekali-kali bukanlah orang yang gila,” seperti yang diucapkan para musuhnya yang mendustakan risalahnya dan yang mengatakan ucapan-ucapan dengan tujuan ingin memadamkan risalah yang dibawa. Muhamad adalah orang yang paling sempurna akalnya, paling lurus pendapatnya, dan paling jujur tuturnya.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

{ وَمَا صَاحِبُكُمْ } Dan rekan kalian, yaitu : Muhammad ﷺ, disebut sebagai rekan karena mereka ( orang-orang Quraisy ) mengetahui siapa Muhammad itu, dan jikalau mereka tidak mengetahuinya, maka tidak disebut sebagai rekan atau sahabat, dan Muhammad itu tinggal diantara mereka sejak kecil hingga besar, mereka mengetahui keseharian Muhammad itu bagaimana, mereka mengetahui garis keturunan Nabi Muhammad ﷺ, Nabi Muhammad tidak asing lagi bagi mereka oleh karena itu Muhammad sebagai rekan atau sahabat bagi mereka.

{ وَمَا صَاحِبُكُمْ } Dan tidaklah rekan kalian itu gila, begitulah orang-orang Quraisy katakan tentang rekan mereka Muhammad ﷺ, bagaimana mungkin mereka mengatakan bahwa Muhammad ﷺ itu gila sedangkan yang ia katakan adalah Al-Qur'an, maka datanglah ini sebagai bantahan atas perkataan mereka tentang Rasulullah Muhammad ﷺ, dan sesungguhnya mereka itu tidak berfikir dan telah melampaui batas.

Allah menurunkan ayat ini sebagai bantahan atas celaan orang-orang qurays terhadap Nabi ﷺ, dalam ayat lain Allah berfirman : { مَا أَنْتَ بِنِعْمَةِ رَبِّكَ بِمَجْنُونٍ } ( Berkat nikmat Tuhanmu kamu (Muhammad) sekali-kali bukan orang gila. ) [ Al Qalam : 2 ] , dialah Muhammad yang paling cemerlang akalnya diantara manusia.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

وَمَا صَاحِبُكُمْ بِمَجْنُونٍ Dan teman kalian itu bukanlah sekali-kali orang yang gila.Maknanya: Muhammad, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan perhatikan Allah berfirman: وَمَا صَاحِبُكُمْ “Dan teman kalian itu” disandarkan kepada mereka agar sindiran kepada mereka lebih tegas ketika mereka menolak dakwahnya, seakan-akan Allah berfirman: Tidaklah sahabat kalian yang kalian kenali ini, kalian bersamanya selama 40 tahun di Mekah sebelum kenabian, mereka mengenali beliau, mereka tahu kejujuran dan sifat amanah beliau, sampai-sampai mereka mereka menjulukinya al-Amin.
وَمَا صَاحِبُكُمْ بِمَجْنُونٍ Yakni: Tidak gila. Bahkan sebenarnya belau orang yang paling berakal ‘alaihisholaatu wassalaam, manusia paling sempurna akalnya, tidak diragukan lagi, dan yang paling lurus pendapatnya.

Tafsir Juz 'Amma / Muhammad bin Shalih al-Utsaimin

Kami turunkan wahyu melalui jibril kepada nabi Muhammad, temanmu yang kamu kenal baik sifatnya. Dan temanmu itu bukanlah orang gila seperti tuduhanmu kepadanya. Dia adalah seorang yang santun, tepercaya, dan berakhlak mulia. Perkataan orang gila bersifat racauan, tidak beraturan, dan tidak mempunyai nilai. Berbeda dari alqur'an, kitab yang susunan kalimat maupun kandungannya mempunyai nilai sangat tinggi. 23. Ayat ini menegaskan pertemuan antara jibril dalam wujudnya yang asli dengan nabi Muhammad sesaat setelah nabi menerima wahyu pertama di gua hira. Kaum musyrik mendustakan hal tersebut. Dan sungguh, dia telah melihatnya, yakni melihat jibril, di ufuk yang terang, sehingga tidak dapat diragukan bahwa sosok yang datang itu adalah jibril.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat At-Takwir Ayat 23 Arab-Latin, Surat At-Takwir Ayat 24 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat At-Takwir Ayat 25, Terjemahan Tafsir Surat At-Takwir Ayat 26, Isi Kandungan Surat At-Takwir Ayat 27, Makna Surat At-Takwir Ayat 28

Category: Surat At-Takwir

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!