Surat An-Nazi’at Ayat 45

إِنَّمَا أَنْتَ مُنْذِرُ مَنْ يَخْشَاهَا

Arti/Makna/Terjemah Indonesia

Kamu hanyalah pemberi peringatan bagi siapa yang takut kepadanya (hari berbangkit)

Tafsir Al-Muyassar

Urusanmu terhadap hari kiamat hanya memperingatkan orang orang yang takut kepadanya,

Tafsir Juz Amma (Al-Fauzan)

Tugasmu ( wahai Muhammad ) hanyalah sebagai pemberi peringatan kepada siapa yang takut akan kiamat, maka katakanlah kepada mereka : kiamat pasti akan terjadi, maka waspadalah, lalu terkadang diantara manusia ada yang mengatakan : boleh jadi hidupku tidak sampai pada hari kiamata itu terjadi, maka katakanlah kepadanya: sesungguhnya kematianmu itulah kiamat bagimu, karena kiamat juga terbagi menjadi : kiamat massal yang semua makhluk hidup akan musnah, dan kiamat khusus yaitu kematian yang akan di hadapi setiap jiwa yang bernyawa, maka kematian yang dihadapi setiap insan adalah pada hakikatnya merupakan kiamat untuknya.

Lalu apakah kamu mengetahui kapan kematian akan menjemputmu ? Allah berfirman : { وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ } ( Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. ) [ Luqman : 34 ]

Tafsir Juz Amma (Al-Utsaimin)

إِنَّمَا أَنْتَ مُنْذِرُ مَنْ يَخْشَاهَا “Kamu hanyalah pemberi peringatan bagi siapa yang takut kepadanya (hari berbangkit).” Maknanya: Engkau tidak mempunyai sedikit pun pengetahuan tentang kapan kiamat tiba, namun engkau hanya pemberi peringatan kepada orang-orang yang takut. Mereka itu adalah orang-orang yang beriman. Ada pun orang yang mengingkarinya, menganggapnya mustahil dan mendustakannya, maka peringatanmu tidak akan bermanfaat padanya: وَمَا تُغْنِي الْآيَاتُ وَالنُّذُرُ عَنْ قَوْمٍ لَا يُؤْمِنُونَ “Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman”(QS. Yunus: 101)
Oleh karena itu kami katakan: Jangan tanyakan kapan anda akan mati, dimana akan mati, kerena perkara ini tidak perlu ditanyakan, bagaimana pun juga ia pasti datang, walau pun usia anda di dunia ini panjang. Namun itu seperti hanya tersisa satu hari, bahkan sebagaimana Allah ta’ala berfirman di sini

Tafsir Hidayatul Insan

Yakni peringatanmu hanyalah bermanfaat bagi orang yang takut terhadap kedatangan hari Kiamat dan takut berhadap dengan Tuhannya. Adapun orang yang tidak beriman, maka tidak bermanfaat peringatan itu, bahkan hanya menegakkan hujjah saja atasnya.

Tafsir Kemenag

Wahai nabi, engkau tidak tahu kapan kiamat akan terjadi. Engkau kami utus hanyalah sebagai pemberi peringatan bagi siapa yang takut kepadanya, lalu beriman dan berbuat baik untuk menghindari azab di akhirat. 46. Hari kiamat itu penuh dengan huru-hara yang membuat manusia sangat tercengang. Pada hari ketika mereka melihat hari kiamat itu, mereka merasa seakan-akan hanya sebentar saja tinggal di dunia, hidup di dunia seakan hanya pada waktu sore atau pagi hari.

Referensi Tafsir

  • IN PROGRESS
  • al-Aisar / Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mufassir Masjid Nabawi - Madinah, wafat 1439 H
  • al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah - Riyadh, terbit 1435 H
  • al-Muyassar / Dr. Shalih Alu Syaikh et al., Menteri Agama KSA, diangkat 1420 H
  • as-Sa'di / 'Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir kontemporer, wafat 1376 H
  • Fathul Qadir / Asy-Syaukani, wafat 1250 H, diringkas Dr. M. Sulaiman al-Asyqar
  • Ibnu Katsir / Ibnu Katsir, wafat 774 H, diringkas Shafiyurrahman al-Mubarakfuri et al.
  • Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih Fauzan, anggota Komite Fatwa KSA, diangkat 1412 H
  • Juz 'Amma / Dr. Abdul Malik bin Muhammad bin 'Abdurrahman al-Qaasim
  • Juz 'Amma / M. Shalih al-Utsaimin, anggota Dewan Ulama Senior KSA, wafat 1421 H
  • COMPLETED
  • Hidayatul Insan / Marwan Hadidi, M.Pd.I, Mudarris Ibnu Hajar Boarding School - Jakarta
  • Kemenag / Kementrian Agama Republik Indonesia, diakses tahun 2018