Surat Ali ‘Imran Ayat 58


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

ذَٰلِكَ نَتْلُوهُ عَلَيْكَ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ

Arab-Latin: żālika natlụhu 'alaika minal-āyāti waż-żikril-ḥakīm

Terjemah Arti: Demikianlah (kisah Isa), Kami membacakannya kepada kamu sebagian dari bukti-bukti (kerasulannya) dan (membacakan) Al Quran yang penuh hikmah.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Itulah yang kami kisahkan kepadamu tentang perkara Isa, diantara dalil-dalil yang jelas atas kebenaran risalahmu, dan kebenaran al-quran al-hakim yang membedakan antara kebenaran dan kebatilan, maka tidak ada keraguan pedanya dan tidak ada kebohongan.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

58. Kisah tentang Isa yang telah Kami bacakan kepadamu itu adalah bagian dari tanda-tanda nyata yang menunjukkan kebenaran wahyu (Al-Qur`ān) yang diturunkan kepadamu. Dan (Al-Qur`ān) itu adalah peringatan bagi orang-orang yang bertakwa dan merupakan sesuatu yang muhkam (pasti) yang tidak disusupi kebatilan.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

58. ذٰلِكَ ( Demikianlah)
Sebagai isyarat yang ditujukan kepada apa yang telah belalu, berupa berita Nabi Isa dan yang lainnya.

مِنَ الْاٰيٰتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ ( sebagian dari bukti-bukti dan peringatan yang penuh hikmah)
Yakni yang terkandung didalamnya hikmah-hikmah, atau sesuatu yang tertata yang tidak ada kekurangan didalamnya; dan yang dimaksud disini adalah al-qur’an.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

58 Cerita tentang kisah Isa dan Maryam itu Kami kisahkan kepada kamu wahai Nabi Allah sebagi salah satu bukti kebenaran kerasulanmu dan dari Al Quran yang penuh hikmah. Hasan Al bashri berkata: Datang seorang rahib dan dua orang tukang kayu, salah satu dari mereka berkata: Siapa ayah Isa? Maka rasul Allah tidak panik, sampai diperintahkan oleh tuhannya, maka turunlah kepadanya ayat ini dari awal hingga akhir ayat 60.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

58. maksudnya, al-Quran yang agung ini yang di dalamnya terdapat kisah orang-orang terdahulu dan yang datang belakangan, para nabi dan rasul merupakan ayat-ayat Allah yang jelas. Dan al-quran selalu mengingatkan manusia pada setiap perbuatan mereka, Dia adalah pemutus perkara yang bijaksana dan kisah-kisah yang benar, serta hukum-hukum yang baik.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Demikianlah, kami bacakan kepadamu, wahai nabi Muhammad, sebagian ayat-ayat atau bukti-bukti kebenaran risalahmu melalui kisahkisah umat terdahulu, antara lain, kisah nabi isa bin maryam dan nabi zakaria, dan peringatan yang penuh hikmah; itulah Al-Qur'an. Setelah Al-Qur'an menjelaskan tentang bukti-bukti kemuliaan isa bin maryam serta sikap pro dan kontra dari kaumnya, maka ayat ini menunjukkan kekeliruan mereka yang menganggap isa sebagai anak tuhan karena terlahir tanpa bapak. Sesungguhnya perumpamaan penciptaan nabi isa tanpa bapak bagi Allah bukanlah sesuatu yang mustahil, seperti penciptaan adam yang terlahir tanpa bapak dan ibu. Dia menciptakannya, nabi isa, sebagaimana adam, dari tanah, kemudian dia berkata kepadanya, jadilah! maka jadilah sesuatu itu. Allah mahakuasa. Tidak ada yang mustahil bagi-Nya. Apa pun yang dikehendaki-Nya pasti akan terwujud dan tidak ada seorang pun yang mampu menghalangi-Nya

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat Ali ‘Imran Ayat 59 Arab-Latin, Surat Ali ‘Imran Ayat 60 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Ali ‘Imran Ayat 61, Terjemahan Tafsir Surat Ali ‘Imran Ayat 62, Isi Kandungan Surat Ali ‘Imran Ayat 63, Makna Surat Ali ‘Imran Ayat 64

Category: Surat Ali 'Imran


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!