Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Mursalat Ayat 43

كُلُوا وَاشْرَبُوا هَنِيئًا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Arab-Latin: Kulụ wasyrabụ hanī`am bimā kuntum ta'malụn

Terjemah Arti: (Dikatakan kepada mereka): "Makan dan minumlah kamu dengan enak karena apa yang telah kamu kerjakan".

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

41-45. Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhan mereka di dunia, menjaga diri mereka dari azabNya dengan melaksanakan perintah-perintahNya dan menjauhi larangan-laranganNya, pada Hari Kiamat mereka berada di bawah naungan pohon-pohon yang rindang, mata air yang mengalir, buah-buahan yang banyak yang menggugah selera mereka dan merekapun menikmatinya. Kepada mereka dikatakan, “Makanlah dengan lezat. Dan minumlah dengan nikmat, ini adalah balasan amal shalih yang kalian kerajakan di dunia.” Balasan besar seperti ini Kami berikan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan menaati dan mematuhi Kami. Kebinasaan dan azab yang berat pada Hari KIamat bagi orang-orang yang mendustakan Hari KIamat, serta Hari Pembalasan dan perhitungan amal dengan segala kenikmatan dan azab di dalamnya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

41-44. Kemudian Allah mensifati surga dan para penghuninya dengan berkata : Sungguh bagi mereka yang takut kepada Tuhannya dan mengamalkan dengan apa yang diperintahkan kepadanya serta menjauhi apa yang dilarang padanya, maka mereka pada hari kiamat akan bernaung di bawah pepohonan dan mereka akan melihat mata air yang di sungai-sungai. Mereka menikmati dengan berbagai macam kenikmatan yang banyak dari buah-buahan yang diri-diri mereka senangi. Kemudian Allah berkata kepada mereka : Makanlah oleh kalian dari sesuatu yang lezat dan kalian sukai dan minumlah oleh kalian dengan sesuatu yang membuat tenggorkan kalian senang; Itulah balasan dari amalan-amalan kalian di dunia dari keshalihan dan ketaatan dan ketahuilah, balasan yang agung ini diperuntukkan bagi orang-orang yang ikhlas, serta Kami muliakan mereka karena sebab amalan-amalan mereka yang shalih dan ketaatan mereka kepada Tuhannya.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

43. (Katakan kepada mereka), “Makan dari makanan yang baik dan minumlah dengan minuman yang memiliki rasa nikmat dan tidak keruh, sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan dari amal shaleh.”

Al-Mukhtashar fit Tafsir / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah

Kenikmatan minuman dan makanan itu tidaklah sempurna kecuali dengan selamat dari semua kekurangan dan sampai dapat dipastikan bahwa kenikmatan itu tidak akan berhenti dan hilang.

Dengan demikian, amal kamu adalah sebab yang menyampaikan kamu kepada kenikmatan yang kekal ini. Demikianlah balasan bagi orang yang berbuat ihsan dalam beribadah kepada Allah dan berbuat ihsan kepada hamba-hamba Allah. Oleh karena itulah, Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman, “Sungguh, demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


43-45. Dikatakan kepada mereka, 'makan dan minumlah dengan rasa nikmat, lezat dan menyenangkan tanpa khawatir ada dampak negatifnya. Itu semua sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan ketika di dunia. ' sungguh, demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan istikamah, kebaikan tersebut telah menjadi karakter hidupnya. Celakalah pada hari itu, bagi mereka yang mendustakan kebenaran

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Mursalat Ayat 44 Arab-Latin, Surat Al-Mursalat Ayat 45 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Mursalat Ayat 46, Terjemahan Tafsir Surat Al-Mursalat Ayat 47, Isi Kandungan Surat Al-Mursalat Ayat 48, Makna Surat Al-Mursalat Ayat 49

Category: Surat Al-Mursalat

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!