Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Mursalat Ayat 2

فَالْعَاصِفَاتِ عَصْفًا

Arab-Latin: Fal-'āṣifāti 'aṣfā

Terjemah Arti: Dan (malaikat-malaikat) yang terbang dengan kencangnya,

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

1-7. Allah bersumpah dengan angin saat ia bertiup terus-menerus, sebagian menyusul sebagian lainnya, juga dengan angin yang bertiup kencang yang membinasakan, juga dengan para malaikat yang bertugas mengurus awan, mereka menggiringnya sebagaimana mereka kehendaki, juga dengan para malaikat yang menerima wahyu dari Allah dengan urusan yang memisahkan antara yang haq dengan yang batil, yang halal dengan haram, juga dengan para malaikat yang menerima wahyu dari Allah dan membawanya turun kepada nabi-nabiNya, sebagai penegakkan hujjah dari Allah atas makhlukNya dan peringatanNya kepada mereka, agar mereka tidak lagi bisa beralasan, bahwa apa yang dijanjikan kepada kalian, yaitu Hari Kiamat berikut perhitungan amal dan balasannya adalah haq, pasti terjadi pada kalian, tidak bisa tidak.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

1-2. Aku (Allah) bersumpah demi angin yang berhembus terus. Angin yang memiliki tiupan yang kuat dan gemuruh yang riuh

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah bersumpah dengan angin yang membawa badai dimana menyebabkan tercabutnya pepohonan dan meratakan suatu negeri.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Maksudnya, terbang dengan cepat untuk melaksanakan perintah Tuhannya. Ada pula yang menafsirkan “Demi angin yang bertiup dengan kencang.”

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


1-2. Orang-orang kafir mendustakan janji dan ancaman Allah. Surah ini dimulai dengan sumpah Allah, demi malaikat-malaikat yang diutus untuk membawa kebaikan, dan demi malaikat-malaikat yang terbang dengan kencangnya, 3-4. Dan juga demi malaikat-malaikat yang menyebarkan rahmat Allah dengan seluas-luasnya, dan demi malaikat-malaikat yang membedakan antara yang baik dan yang buruk dengan pembedaan yang sejelas-jelasnya, .

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Mursalat Ayat 3 Arab-Latin, Surat Al-Mursalat Ayat 4 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Mursalat Ayat 5, Terjemahan Tafsir Surat Al-Mursalat Ayat 6, Isi Kandungan Surat Al-Mursalat Ayat 7, Makna Surat Al-Mursalat Ayat 8

Category: Surat Al-Mursalat

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!