Surat Al-Jin Ayat 27

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِلَّا مَنِ ٱرْتَضَىٰ مِن رَّسُولٍ فَإِنَّهُۥ يَسْلُكُ مِنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ رَصَدًا

Arab-Latin: Illā manirtaḍā mir rasụlin fa innahụ yasluku mim baini yadaihi wa min khalfihī raṣadā

Artinya: Kecuali kepada rasul yang diridhai-Nya, maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya.

« Al-Jin 26Al-Jin 28 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Berkaitan Dengan Surat Al-Jin Ayat 27

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Jin Ayat 27 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai pelajaran mendalam dari ayat ini. Ditemukan pelbagai penjelasan dari beragam mufassirun mengenai isi surat Al-Jin ayat 27, misalnya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

25-28. Katakanlah (wahai Rasul) kepada orang-orang kafir itu, “Aku tidak tahu apakah azab yang diancamkan kepada kalian ini sudah dekat masanya ataukah Tuhanku menetapkan masa tenggat yang lama?” Allah mengetahui apa yang ghaib dari pandangan mata, Dia tidak memperlihatkannya kepada seorang pun dari makhlukNya, kecuali siapa yang Dia pilih untuk mengemban risalahNYa dan Dia ridhai, maka Dia membukakan sebagian hal ghaib. Allah mengirimkan para malaikat di depan dan dibelakang Rasul untuk menjaganya dari para jin, agar mereka tidak mengupingnya lalu membisikannya kepada para dukun, agar Rasul tahu bahwa para Rasul sebelumnya sama dengan dirinya, yaitu mereka menyampaikan kebenaran dengan jujur, dan bahwa dia dijaga sebagaimana para rasul dijaga dari jin. Dan bahwa ilmu Allah mencakup segala apa yang ada pada mereka, baik lahir maupun batin, berupa syariat-syariat, hukum-hukum dan lainnya, tidak ada sesuatu pun yang terlewatkan olehNya, dan juga bahwa Allah menghitung jumlah segala sesuatu, tidak ada sesuatu pun yang samar bagi Allah.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

27. Kecuali atas Rasul yang diridai-Nya, sesungguhnya Dia menampakkan kepadanya sekehendak-Nya, dan Dia mengirimkan di sekitar Rasul para penjaga dari kalangan Malaikat yang menjaga hal gaib itu sehingga selain Rasul tidak ada yang mengetahuinya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

27. إِلَّا مَنِ ارْتَضَىٰ مِن رَّسُولٍ (Kecuali kepada rasul yang diridhai-Nya)
Allah mengecualikan para rasul yang Dia ridhai, Allah memberi sebagian ilmu ghaib kepada mereka yang Dia kehendaki dari ilmu tersebut melalui wahyu, dan menjadikan itu sebagai mukjizat dan bukti atas kebenaran kenabian mereka.
Adapun peramal yang menggunakan batu-batu kecil, membaca telapak tangan, atau mengusir burung bukanlah termasuk orang yang diridhai Allah; bahkan ia adalah orang yang kafir dan mengada-ada atas nama Allah dengan tebakan dan kedustaannya.

فَإِنَّهُۥ يَسْلُكُ مِنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ رَصَدًا (maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya)
Allah memberi penjagaan bagi Rasulullah dengan para malaikat yang ada di depan dan belakangnya, mereka melindunginya dari gangguan setan-setan, karena ia telah mendapat sebagian ilmu ghaib dari Allah, sehingga setan bisa saja mencuri kabar hal ghaib darinya dan mengabarkannya kepada para dukun.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1). Al-Wahidi berkata: Ini adalah bukti bahwa siapa pun yang mengklaim bahwa bintang-bintang menunjukkan kepadanya seperti apa kehidupan yang akan terjadi, atau kematian, dan sebagainya.; maka dia telah kafir dengan apa yang ada dalam Al-Quran.

2). Anda mungkin tidak terkejut bahwa beberapa penyihir, atau mereka yang berasal dari sekte sesat, mengklaim hal-hal gaib dan mengambil keuntungan darinya, dan mungkin menutupi klaim mereka atas nama agama, namun Anda mungkin heran terhadap orang-orang yang mempercayai mereka pada kebohongannya, padahal mereka membaca firman Tuhannya: { عَٰلِمُ ٱلْغَيْبِ فَلَا يُظْهِرُ عَلَىٰ غَيْبِهِۦٓ أَحَدًا } "(Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu" [26] { إِلَّا مَنِ ارْتَضَىٰ مِنْ رَسُولٍ } "Kecuali kepada rasul yang diridhai-Nya" [27], { أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ ٱلْقُرْءَانَ أَمْ عَلَىٰ قُلُوبٍ أَقْفَالُهَآ } "Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran ataukah hati mereka terkunci?" [Q.S. Muhammad : 24].


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

27. Tidak ada seorangpun yang bisa mengungkap rahasia (perkara ghaib) seorang hamba kecuali para Rasul-Nya yang telah Allah pilih. Allah telah menjadikan dan mengutus malaikat sebagai penjaganya dari gangguan setan baik dari arah depan maupun belakang. Sehingga risalah dan wahyu Allah bisa disampaikan kepada manusia


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kecuali kepada rasul yang diridaiNya. Sesungguhnya Dia menempatkan} mengutus {penjaga-penjaga di depan dan di belakangnya} penjaga dari golongan malaikat yang selalu menjaganya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

27. “Kecuali pada rasul yang diridhaiNya,” Allah memberitahunya sesuai tuntutan hikmahNya untuk memberitahukan, sebab rasul tidak seperti manusia lainnya. Allah meneguhkan mereka dengan penguat yang tidak diberikan kepada orang lain dan Allah wahyu yang disampaikan padanya hingga para rasul bisa menyampaikannya pada manusia dengan sebenarnya tanpa didekati oleh para setan sehingga mereka mengurangi atau menambahi wahyu. Karena itu Allah berfirman, “Maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya,” menjaganya berdasarkan perintah Allah.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Jin ayat 27: 26-27. Ketahuilah wahai manusia, bahwasanya Allah Maha Mengetahui dari apa yang tidak nampak dari pandangan makhluknya. Dan tidaklah mengetahui dari sesuatu yang ghaib kecuali bagi siapa yang diridhai-Nya, dipilih-Nya, dari para Rasul-Nya. Sungguh Allah menampakkan atas apa yang dikendaki-Nya dengan sebab terkandung kebaikan dalam berdakwah dan yang di dalamnya terkandung hikmah; Agar hal itu menjadi sebuah mukjizat bagi Rasul, kemudian Allah menjaga Rasul dengan malaikat yang menjangkau dari segala penjuru dan menjaganya dari setiap keburukan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Maka Dia memberitahukannya sesuai kebijaksanaan-Nya untuk diberitahukan. Hal itu, karena para rasul tidak seperti selain mereka. Mereka dikuatkan oleh Allah dengan mukjizat yang menunjukkan kebenaran mereka dan dengan dijaga wahyu-Nya agar mereka menyampaikannya kepada manusia tanpa didekati oleh para setan sehingga mereka tidak bisa menambah atau menguranginya. Oleh karena itulah, Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman, “Maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di depan dan di belakangnya.”

Mereka akan menjaganya dengan perintah Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Jin Ayat 27

Kecuali kepada rasul yang diridai-Nya yaitu dari golongan malaikat maupun manusia. Apabila Allah hendak memperlihatkan yang gaib kepada rasul-Nya, maka sesungguhnya dia mengadakan penjaga-penjaga malaikat di depan dan di belakangnya. 28. Tujuan Allah melakukan penjagaan itu agar dia mengetahui bahwa rasul-rasul itu sungguh telah menyampaikan risalah tuhannya, sedang sebenarnya dengan ilmu dan kuasa-Nya meliputi secara rinci apa yang ada pada diri mereka, dan dia menghitung segala sesuatu satu persatu dan tidak satu pun yang luput dari pengetahuan-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah aneka ragam penafsiran dari kalangan ulama tafsir terhadap kandungan dan arti surat Al-Jin ayat 27 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk ummat. Sokonglah syi'ar kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Banyak Dikaji

Baca ratusan konten yang cukup banyak dikaji, seperti surat/ayat: Az-Zalzalah 7, Al-Ahzab 59, An-Nur 31, Al-Baqarah 165, Al-‘Ashr 2, Al-Isra 24. Serta Ali ‘Imran 185, Al-Anbiya, Al-Mukminun 1-11, An-Nur, An-Nisa 1, Al-‘Ankabut 45.

  1. Az-Zalzalah 7
  2. Al-Ahzab 59
  3. An-Nur 31
  4. Al-Baqarah 165
  5. Al-‘Ashr 2
  6. Al-Isra 24
  7. Ali ‘Imran 185
  8. Al-Anbiya
  9. Al-Mukminun 1-11
  10. An-Nur
  11. An-Nisa 1
  12. Al-‘Ankabut 45

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: