Surat Al-Qalam Ayat 10

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَلَا تُطِعْ كُلَّ حَلَّافٍ مَّهِينٍ

Arab-Latin: Wa lā tuṭi' kulla ḥallāfim mahīn

Artinya: Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina,

« Al-Qalam 9Al-Qalam 11 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Berkaitan Dengan Surat Al-Qalam Ayat 10

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qalam Ayat 10 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai kandungan menarik dari ayat ini. Diketemukan pelbagai penafsiran dari berbagai mufassirun berkaitan isi surat Al-Qalam ayat 10, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

10-15. Janganlah engkau (wahai Rasul) menaati setiap orang yang banyak bersumpah, pembohong lagi rendah, banyak mengghibah orang, berjalan di antara mereka dengan menyebarkan namimah (adu domba), yaitu menukil pembicaraan sebagian dari mereka ke sebagian lainnya untuk merusak hubungan mereka, kikir dan bakhil dalam urusan harta, tidak memberikannya untuk kebenaran, kuat menghalang-halangi kebaikan, melampaui batas dalam melanggar hak manusia dan memakan yang diharamkan, banyak berdosa, kuat kekafirannya, keji dan buruk, dinasabkan bukan kepada bapaknya; hanya karena dia punya harta kekayaan dan anak-anak, dia menyombongkan diri di depan kebenaran. Bila salah satu ayat al-Quran dibacakan kepadanya, dia mendustakannya. Dia berkata, “Ini adalah kebatilan dan khurafat orang-orang dulu.”
Ayat-ayat ini walaupun walaupun turun pada sebagian orang-orang musyrik seperti al-Walid bin al-Mughirah, hanya saja ia mengandung peringatan bagi Muslim agar tidak menyamai orang yang memiliki sifat-sifat tercela ini.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

10. Ayat ini melarang Rasulullah menuruti orang yang memiliki sifat-sifat tersebut; yakni banyak bersumpah dengan sumpah yang batil, dan orang yang hina diri dan akalnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

10. Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah dengan kebatilan dan orang yang hina.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

10. وَلَا تُطِعْ كُلَّ حَلَّافٍ (Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah)
Yakni banyak bersumpah dengan sumpah palsu.

مَّهِينٍ (lagi hina)
Yakni remeh dan rendah.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

8-10

1). Firman Allah ﷻ kepada nabi-Nya: { فَلَا تُطِعِ ٱلْمُكَذِّبِينَ } "Maka janganlah kamu ikuti orang-orang yang mendustakan (ayat-ayat Allah)" Dia menyampaikan penghormatan dan pemuliaannya; Adapun ucapannya: Jangan berdusta, jangan mengumpat, jangan menghina, dan jangan merendahkan, tidaklah sama dengan ucapannya: Janganlah kamu menuruti orang yang mempunyai akhlak tersebut; karena itu menunjukkan kehormatan dan berlepasnya ia dari akhlak tersebut.

2). { فَلَا تُطِعِ ٱلْمُكَذِّبِينَ } "Maka janganlah kamu ikuti orang-orang yang mendustakan (ayat-ayat Allah)" { وَلَا تُطِعْ كُلَّ حَلَّافٍ مَّهِينٍ } "Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina" Manfaatnya: Melarang ketaatan kepada seseorang berarti melarang meneladaninya terlebih dahulu. Maka orang yang berdusta dan banyak bersumpah tidak boleh ditaati dan tidak boleh melakukan hal yang sama seperti mereka.

3). Terbiasa bersumpah dan banyak melakukannya adalah hal yang tercela, karena Allah menggambarkan beberapa kaum yang buruk karenanya, dengan berfirman: { وَلَا تُطِعْ كُلَّ حَلَّافٍ مَّهِينٍ } "Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina" dan menjelaskan dalam banyak tempat bahwa inilah salah satu ciri orang munafik yang paling menonjol: { ٱتَّخَذُوٓا۟ أَيْمَٰنَهُمْ جُنَّةً فَصَدُّوا۟ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ } "Mereka itu menjadikan sumpah mereka sebagai perisai, lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah" [Q.S. Al-Munafiqun : 2], { وَيَحْلِفُونَ بِٱللَّهِ } "Dan mereka (orang-orang munafik) bersumpah dengan (nama) Allah" [Q.S. At-Taubah : 56] Dan mereka akan terus melakukannya sampai hari kiamat: { يَوْمَ يَبْعَثُهُمُ ٱللَّهُ جَمِيعًا فَيَحْلِفُونَ لَهُۥ كَمَا يَحْلِفُونَ لَكُمْ } "(Ingatlah) hari (ketika) mereka semua dibangkitkan Allah lalu mereka bersumpah kepada-Nya (bahwa mereka bukan musyrikin) sebagaimana mereka bersumpah kepadamu" [Q.S. Al-Mujadalah : 18] Maka agungkanlah tuhanmu, dan jagalah sumpahmu.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

10. Janganlah taat kepada semua yang mencampurkan kebenaran dan kebatilan. Dia adalah Walid bin Mughirah, yaitu orang yang rendah pemikirannya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Janganlah mematuhi setiap orang yang suka bersumpah} orang yang suka bersumpah palsu {lagi hina} hina


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

10. “Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah,” yaitu orang yang sering bersumpah. Karena hal itu hanya dilakukan oleh pendusta. Dan pendusta itu adalah orang “hina”, yakni buruk jiwanya, kecil semangatnya, dan tidak memiliki keinginan untuk kebaikan, tapi seluruh keinginannya hanya untuk kepentingan syahwat dirinya yang tercela.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qalam ayat 10: Allah menjelaskan orang yang berunding dengan Rasul ﷺ dan melarangnya sebagaimana memiliki sifat yang telah dijelaskan (pada ayat sebelumnya), Allah berkata : Jangan engkau taati wahai Nabi Allah, bagi siapa yang memiliki sifat banyak (plin-plan) dan berdusta serta hina.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Karena tidak ada orang yang seperti itu kecuali ia sebagai pendusta, dan tidak ada yang seperti itu kecuali orang yang keadaannya hina.

Mahiin bisa juga diartikan ‘hina’, yakni dirinya hina, tidak ada kemauan kepada kebaikan, bahkan keinginannya hanya tertuju kepada hawa nafsunya yang hina.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qalam Ayat 10

10-13. Untuk mengukuhkan larangan tersebut, Allah menyifati me-reka dengan sifat-sifat buruk seperti yang dirinci dalam ayat ini. Dan janganlah engkau patuhi setiap orang yang suka bersumpah baik dalam kebenaran maupun kebatilan, dan berkepribadian buruk karena suka menghina, lagi suka mencela, yang kian ke mari menyebarkan fitnah untuk memecah belah anggota masyarakat, dan yang suka merintangi segala bentuk perbuatan yang baik dengan bersikap kikir, selain itu dia juga gemar bersikap melampaui batas dan banyak dosa baik terhadap tuhan maupun terhadap sesama manusia, yang bertabiat kasar, selain itu juga yang lebih buruk lagi adalah ia terkenal dengan kejahatannya. Di antara tokoh yang dimaksud pada ayat ini adalah al-walid bin al-Mugirah atau abu jahl bin hisyam


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah pelbagai penafsiran dari kalangan ulama tafsir mengenai isi dan arti surat Al-Qalam ayat 10 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk kita. Sokonglah syi'ar kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Terbanyak Dikaji

Nikmati banyak topik yang terbanyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-Ahzab 56, An-Nur 26, Thaha, Al-Baqarah 152, Al-Anfal, Al-Insyirah 6. Juga Ali ‘Imran 110, Al-Jatsiyah, An-Nisa 29, Al-Baqarah 168, Al-Jumu’ah 10, An-Nisa 146.

  1. Al-Ahzab 56
  2. An-Nur 26
  3. Thaha
  4. Al-Baqarah 152
  5. Al-Anfal
  6. Al-Insyirah 6
  7. Ali ‘Imran 110
  8. Al-Jatsiyah
  9. An-Nisa 29
  10. Al-Baqarah 168
  11. Al-Jumu’ah 10
  12. An-Nisa 146

Pencarian: surat hud ayat 20, luqman ayat 20, surat annisa ayat 59 latin, surat al luqman 13 14, qs ar rum 30 21

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: