Surat At-Taghabun Ayat 10

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ وَكَذَّبُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَآ أُو۟لَٰٓئِكَ أَصْحَٰبُ ٱلنَّارِ خَٰلِدِينَ فِيهَا ۖ وَبِئْسَ ٱلْمَصِيرُ

Arab-Latin: Wallażīna kafarụ wa każżabụ bi`āyātinā ulā`ika aṣ-ḥābun-nāri khālidīna fīhā, wa bi`sal-maṣīr

Artinya: Dan orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itulah penghuni-penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya. Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.

« At-Taghabun 9At-Taghabun 11 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Berkaitan Surat At-Taghabun Ayat 10

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taghabun Ayat 10 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam hikmah mendalam dari ayat ini. Diketemukan beragam penjelasan dari banyak mufassir terkait makna surat At-Taghabun ayat 10, misalnya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

10. Orang-orang yang mengingkari bahwa Allah adalah Tuhan yang haq dan mendustakan bukti-bukti rububiyah dan argument-argumen uluhiyahNya yang dengannya Allah mengutus para RasulNya, mereka adalah penghuni neraka yang kekal di dalamnya selama-lamanya, seburuk-buruk tempat kembali bagi mereka adalah Neraka Jahanam.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

10. Sedangkan orang-orang yang mendustakan Allah, ayat-ayat-Nya, dan mukjizat-mukjizat yang Allah berikan kepada para rasul-Nya; maka orang-orang yang jauh dari rahmat Allah itu adalah penghuni neraka selamanya. Betapa buruk neraka Jahannam yang menjadi tempat kembali mereka itu.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

10. Dan orang-orang yang kafir terhadap Allah dan mendustakan ayat-ayat Kami yang telah Kami turunkan kepada Rasul Kami, mereka adalah penghuni Neraka, menetap di dalamnya selamanya, dan seburuk-buruk tempat kembali adalah tempat kembali mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

10. Dan orang-orang yang menolak, mengingkari adanya Allah dan ketauhidanNya dan mendustakan ayat-ayat Kami, yaitu Al-Quran, mereka adalah penduduk neraka. Mereka menetap di sana selama-lamanya. Seburuk-buruk tempat kembali itu adalah tempat kembali mereka di akhirat


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Adapun orang-orang yang ingkar dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itulah penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya. Itulah seburuk-buruk tempat kembali


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

10. “Dan orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami,” maksudnya, kufur terhadapnya tanpa dilandasi dasar syari maupun akal, bahkan dalil-dalil dan penjelasan-penjelasan itu datang kepada mereka, namun mereka mendustakan dan menentangnya, “mereka itulah penghuni-penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya. Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.” Karena neraka itu mencakup segala keburukan, kengerian, kesengsaraan, dan siksa.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat At-Taghabun ayat 10: Adapun mereka yang menolak keesaan Allah dan kekuasaan-Nya, serta mereka mendustakan hujjah dan bukti yang diturunkan kepada Nabi-Nya Muhammad ﷺ; Maka mereka itu tempatnya adalah di jahannam, tinggal mereka di dalamnya selamanya, dan seburuk-buruk neraka yang mereka tempati dan tinggali, karena mereka telah mengumpulkan seluruh keburukan, dan keburukan adzab pula yang merka terima.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Mereka mengingkarinya tanpa sandaran syar’i maupun ‘aqli (akal), bahkan datang kepada mereka dalil-dalil dan bukti, namun mereka tetap mendustakan dan menentangnya.

Hal itu, karena di neraka menghimpun semua keburukan, kesengsaraan dan azab.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taghabun Ayat 10

Berbeda dengan orang-orang beriman dan beramal saleh yang akan diampuni dan dimasukkan ke dalam surga, Allah menegaskan tentang nasib orang-orang kafir. Dan orang-orang yang kafir, yaitu orang-orang yang menolak beriman kepada Allah dan rasul-Nya; dan mendustakan ayat-ayat kami, ayat-ayat Al-Qur'an; mereka itulah penghuni neraka, karena kekufuran mereka selama hidup di dunia; mereka kekal di dalamnya, karena Allah tidak akan mengampuni orang-orang kafir. Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali, karena neraka itu tempat hukuman, bukan tempat kenikmatan. 11. Allah tidak hanya menciptakan makhluk, tetapi juga mengatur seluruh makhluk. Tidak ada sesuatu musibah yang menimpa seseorang dalam kehidupan ini, kecuali dengan izin Allah, karena Allah mengetahui dan mengatur kehidupan ini; dan barang siapa beriman kepada Allah dengan istikamah, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya dengan memantapkan imannya. Dan Allah maha mengetahui segala sesuatu yang terjadi di jagat raya maupun yang terjadi di jagat kecil, sanubari manusia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penjabaran dari berbagai ulama tafsir berkaitan isi dan arti surat At-Taghabun ayat 10 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi kita bersama. Sokong kemajuan kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Banyak Dikunjungi

Nikmati ratusan materi yang banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Jumu’ah 10, Al-Baqarah 168, An-Nisa 29, Al-Jatsiyah, Al-Ahzab 56, Al-Anfal. Ada juga Al-Baqarah 152, An-Nur 26, Ali ‘Imran 110, Al-Insyirah 6, Thaha, An-Nisa 146.

  1. Al-Jumu’ah 10
  2. Al-Baqarah 168
  3. An-Nisa 29
  4. Al-Jatsiyah
  5. Al-Ahzab 56
  6. Al-Anfal
  7. Al-Baqarah 152
  8. An-Nur 26
  9. Ali ‘Imran 110
  10. Al-Insyirah 6
  11. Thaha
  12. An-Nisa 146

Pencarian: surah an nisa ayat 15, surat hud ayat 46, al imran 114, tuliskan surat al isra ayat 27 beserta artinya, al an am ayat 141

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: