Surat As-Shaff Ayat 10

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَىٰ تِجَارَةٍ تُنْجِيكُمْ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ

Terjemah Arti: Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih?

TAFSIR AYAT

10. Wahai orang-orang mukmin yang beriman kepada Allah dan RasulNya. Apakah (kalian senang) jika Aku menunjukkan kalian pada amal yang menguntungkan di bidang perniagaan yang apabila dilakukan akan menjadikan kalian masuk surga, menyelamatkan dari neraka dan membebaskan kalian dari azab yang pedih dan menyakitkan pada hari kiamat? Amalan itu adalah keimanan dan jihad yang keduanya dijelaskan pada ayat selanjutnya. Ibnu Jarir dari Shalih berkata: “Mereka berkata: “Mungkinkah kami mengetahui amal yang paling dicintai oleh Allah?” Kemudian turunlah ayat ini dan mereka membenci jihad, lalu turunlah ayat yang sebelumnya {Lima taquuluna maa laa taf’aluun}“

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Ini merupakan wasiat, petunjuk dan bimbingan dari Allah Subhaanahu wa Ta'aala Tuhan Yang paling sayang kepada hamba-hamba-Nya yang mukmin terhadap perdagangan yang paling menguntungkan, dimana setelahnya mereka akan memperoleh keselamatan dari azab yang pedih dan memperoleh surga yang penuh kenikmatan. Allah Subhaanahu wa Ta'aala menggunakan kata-kata tawaran yang menunjukkan bahwa hal ini merupakan sesuatu yang paling diinginkan oleh orang-orang yang berpandangan tajam, seakan-akan ada jawaban dari mereka, “Apa perdagangan yang begitu menguntungkan ini?”

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Wahai orang-orang yang beriman di mana pun dan pada zaman apa pun kamu hidup! maukah kamu aku tunjukkan melalui bimbingan rasulullah suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih di akhirat'11. Bisnis yang menyelamatkan manusia dari azab itu adalah kamu beriman kepada Allah dan rasul-Nya dengan mantap dan kokoh dan berjihad di jalan Allah, yaitu berusaha sekuat tenaga untuk mengharumkan islam dan kaum muslim, serta membela hak, martabat dan kehormatan kaum muslim dari serangan musuh-Musuh islam dengan harta dan jiwa kamu hingga kamu mati syahid. Itulah yang lebih baik bagi kamu, dalam berbisnis dengan Allah, jika kamu mengetahui, kebaikan dan keuntungan beriman dan berjihad dengan benar.

Tafsir Ringkas Kemenag