Quran Surat Ar-Rahman Ayat 68

فِيهِمَا فَٰكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ

Arab-Latin: Fīhimā fākihatuw wa nakhluw wa rummān

Terjemah Arti: Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.

Tafsir Quran Surat Ar-Rahman Ayat 68

68. Pada kedua surga tersebut ada berbagai macam buah-buahan, kurma dan delima.

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

68. Di dalam dua Surga ini terdapat buah-buahan yang banyak dan kurma yang besar dan delima.

📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

68-78. Di dalam dua surga ini terdapat berbagai jenis buah-buahan, pohon kurma, dan delima. Maka kenikmatan mana yang Tuhan kalian berikan, yang kalian ingkari wahai jin dan manusia?

Di dalam empat surga yang telah disebutkan ini terdapat bidadari-bidadari yang cantic akhlak dan parasnya. Maka kenikmatan mana yang Tuhan kalian berikan, yang kalian ingkari wahai jin dan manusia? Mereka semua masih dalam keadaan perawan, tidak ada jin dan manusia yang mendekati mereka sebelumnya. Maka kenikmatan mana yang Tuhan kalian berikan, yang kalian ingkari wahai jin dan manusia?

Para penghuni surga ini bersandar di atas bantal-bantal hijau dan karpet-karpet yang dihiasi. Maka kenikmatan mana yang Tuhan kalian berikan, yang kalian ingkari wahai jin dan manusia? Maha Agung dan Maha Banyak kebaikan dari nama Tuhanmu, Pemilik keagungan, kebesaran, dan kemurahan bagi pada hamba-Nya.

📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

68. فِيهِمَا فٰكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ (Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima)
Buah khusus disebutkan kurma dan delima karena keindahannya dan manfaatnya yang begitu banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

68-69. Di dalam dua yang disebutkan tersebut terdapat berbagai macam buah-buahan, kurma, dan delima. Keduanya adalah buah khusus yang disukai orang secara umum. Maka nikmat Tuhan mana yang kalian dustakan?!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Pada kedua surga ini terdapat bermacam-macam jenis buah-buahan; Khususnya adalah bauh kurma dan delima. Disebutkan kedua enis buah ini karena memiliki keutamaan dan banyaknya manfaat yang ada padanya.

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

62-69. “Dan selain dari surga itu ada dua surga lagi” yang terbuat dari perak, yakni bentuk bangunan, perhiasan, bejana-bejana dan dan apa yang ada pada keduanya yang diperuntukkan bagi golongan kanan. Kedua surga tersebut “(kelihatan) hijau tua warnanya,” yakni keduanya berwarna hijau pekat karena sangat hijau dan subur. “Di dalam kedua surga itu ada dua mata air yang memancar,” yakni memancur. “Di dalam keduanya ada (macam-macam) buah-buahan” dari berbagai macam jenis buah-buahan, khususnya kurma dan delima yang memiliki sangat banyak manfaat dan kegunaannya.

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

68-69. Di dalam kedua surga itu juga ada buah-buahan, kurma, dan delima yang lezat dan manis. Maka, wahai manusia dan jin, nikmat tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan'68-69

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Terkait: « | »

Kategori: 055. Ar-Rahman