Surat Ar-Rahman Ayat 48

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ذَوَاتَآ أَفْنَانٍ

Arab-Latin: żawātā afnān

Artinya: Kedua surga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan.

« Ar-Rahman 47Ar-Rahman 49 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Mengenai Surat Ar-Rahman Ayat 48

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Rahman Ayat 48 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka kandungan berharga dari ayat ini. Didapati beraneka penafsiran dari berbagai ahli tafsir terhadap isi surat Ar-Rahman ayat 48, antara lain seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

48. Dua surga itu memiliki dahan-dahan yang indah dengan buah-buahannya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

48. Dua Surga ini mempunyai cabang-cabang pohon yang besar, segar dan menghasilkan buah-buahan.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

48. ذَوَاتَآ أَفْنَانٍ (kedua surga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan)
Makna (الأفنان) yakni cabang-cabang yang lurus memanjang, yang setiap cabangnya mengeluarkan satu jenis buah-buahan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

48-49. Dua surga yang memiliki banyak cabang-cabang (pohon). Maka nikmat Tuhan mana yang kalian dustakan?!


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Keduanya mempunyai cabang-cabang} cabang-cabang yang bermekaran


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

48-49. Dan di antara sifat-sifat kedua surga itu adalah bahwa “kedua surga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan” maksudnya, di dalam dua surga tersebut terdapat beraneka ragam kenikmatan yang bermacam-macam, baik nikmat lahir maupun nikmat batin, yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga, dan tidak pernah terlintas dalam benak manusia, yaitu di dalam keduanya terdapat pepohonan yang sangat banyak nan indah, yang memiliki ranting-ranting halus (enak dipandang), dan terdapat padanya buah-buahan yang matang dan sangat banyak lagi enak rasanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 46-53
Ayat ini bersifat umum, sebagaimana yang dikatakan Ibnu Abbas dan lainnya. Allah SWT berfirman: (Dan bagi orang yang takut saat akan menghadap Tuhannya) yaitu di hadapan Allah SWT pada hari kiamat (dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya) (Surah An-Nazi'at: 40) Dia tidak mengikutkan hawa nafsunya dan tidak memilih kehidupan dunia, dan dia mengetahui bahwa akhirat itu lebih baik dan lebih kekal. Jadi dia menunaikan hal-hal yang difardhukan Allah dan menjauhi hal-hal yang diharamkan baginya, maka baginya pada hari kiamat di sisi Tuhannya ada dua surga. Sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Bukhari dari Abu Bakr bin Abdullah bin Qais dari ayahnya bahwa Rasulallah SAW bersabda,”Dua surga yang semua wadah-wadahan dan segala sesuatunya dari perak, dan dua surga yang semua wadah-wadahan dan segala sesuatunya dari emas”
Kemudian Allah SWT menggambarkan sifat kedua surga itu, lalu Allah SWT berfirman: (kedua surga itu mempunyai aneka pepohonan dan buah-buahan)
Qatadah tentang firmanNya: (kedua surga itu mempunyai aneka pepohonan dan buah-buahan) yaitu keluasan, keutamaan, dan keistimewaannya yang melebihi lainnya.
(Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir (50)) yaitu yang mengalir untuk mengairi pohon-pohon dan dahan-dahan itu sehingga dapat membuahkan beragam buah-buahan (Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (51))
Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan (52)) yaitu dari segala macam buah-buahan yang mereka ketahui dan yang terbaik dari apa yang pernah mereka ketahui, serta kenikmatan lainnya yang belum pernah terlihat mata, terdengar telinga, dan terbesit dalam hati seorang manusiapun (Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (53))


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ar-Rahman ayat 48: Allah mensifatkan kedua surga ini, bahwa di dalamnya terdapat beraneka ragam dan warna dari pepohonan dan buah-buahan, dan memiliki ranting-ranting yang lembut yang buahnya dekat dan lezat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ada pula yang menafsirkan kata ‘afnaan’ dengan berbagai jenis kenikmatan, baik kenikmatan luar maupun dalam yang belum pernah dilihat oleh mata, didengar oleh telinga dan terlintas di hati manusia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Rahman Ayat 48

48-49. Kedua surga yang Allah janjikan kepada orang yang bertakwa itu mempunyai aneka pepohonan yang rindang dan buah-buahan yang beraneka ragam dan menyenangkan. Maka, wahai manusia dan jin, nikmat tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan'48-49


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beberapa penjelasan dari banyak ahli ilmu mengenai isi dan arti surat Ar-Rahman ayat 48 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi kita semua. Bantulah perjuangan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Banyak Dibaca

Terdapat berbagai materi yang banyak dibaca, seperti surat/ayat: Az-Zalzalah 7-8, At-Talaq 3, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, At-Taubah 103, Luqman 12, An-Nahl. Juga Al-Kautsar 2, Al-Baqarah 255, Al-Baqarah 156, Yusuf 87, Ali ‘Imran 173, An-Nahl 97.

  1. Az-Zalzalah 7-8
  2. At-Talaq 3
  3. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  4. At-Taubah 103
  5. Luqman 12
  6. An-Nahl
  7. Al-Kautsar 2
  8. Al-Baqarah 255
  9. Al-Baqarah 156
  10. Yusuf 87
  11. Ali ‘Imran 173
  12. An-Nahl 97

Pencarian: qs annisa ayat 29, yasin ayat 57, ali imron 9, al adiyat ayat 1, al isra ayat 27 dan artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: