Surat Muhammad Ayat 11

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ذَٰلِكَ بِأَنَّ ٱللَّهَ مَوْلَى ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَأَنَّ ٱلْكَٰفِرِينَ لَا مَوْلَىٰ لَهُمْ

Arab-Latin: żālika bi`annallāha maulallażīna āmanụ wa annal-kāfirīna lā maulā lahum

Artinya: Yang demikian itu karena sesungguhnya Allah adalah pelindung orang-orang yang beriman dan karena sesungguhnya orang-orang kafir itu tidak mempunyai pelindung.

« Muhammad 10Muhammad 12 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Tentang Surat Muhammad Ayat 11

Paragraf di atas merupakan Surat Muhammad Ayat 11 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran berharga dari ayat ini. Didapati berbagai penjabaran dari beragam mufassirun mengenai kandungan surat Muhammad ayat 11, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Apa yang Kami lakukan terhadap kedua kelompok itu; kelompok iman dan kelompok kafir, adalah karena Allah adalah Wali dan Penolong orang-orang beriman, sedangkan orang-orang kafir tidak memiliki wali dan penolong.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

11. Balasan yang telah disebutkan untuk kedua golongan itu karena Allah menolong orang-orang yang beriman kepada-Nya sementara orang-orang kafir tidak mempunyai penolong.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

11. Itu semua adalah wujud pertolongana Allah kepada orang-orang mukmin yang berjuang di jalan kebenaran. Sedangkan orang-orang kafir yang membangkang tidak ada penolong bagi mereka. Qatadah berkata: Ayat ini turun pada waktu perang Uhud, dan ketika itu Nabi berada di sebuah jalan bukit (la’alla ash shawab), orang-orang lantas meneriaki Nabi dengan: “Hari berganti hari, kami mempunyai Uza (sesembahan mereka), dan kalian tidak memilikinya.” Kemudian nabi berkata: Katakanlah, Allah adalah penolong kami, sementara kalian tidak punya penolong.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Hal itu karena Allah adalah pelindung} penolong {bagi orang-orang yang beriman, dan orang-orang kafir tidak mempunyai pelindung


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

11. “Yang demikian itu karena sesungguhnya Allah adalah pelindung orang-orang yang beriman.” Allah melindungi mereka dengan rahmatNya danb mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju cahayaa. Allah memberikan balasan serta kemengan kepada mereka. “Dan karena sesungguhnya orang-orang kafir,” terhadap Allah di mana mereka memutuskan sendiri perlindungan dari Allah dan menolak rahmatNya dari diri mereka, ”tiada mempunyai pelindung,” yang menunjukkan mereka ke jalan keselamatan dan tidak ada yang menyelamatkan mereka dari azab dan siksaan Allah, para pelindung mereka adalah thagut yang mengeluarkan merela dari cahaya menuju kesesatan; mereka itulah penghuni neraka dan mereka kekal di dalamnya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 10-13
Allah SWT berfirman: (Maka apakah mereka tidak mengadakan perjalanan) yaitu mereka yang menyekutukan Allah dan mendustakan rasul­Nya (di muka bumi sehingga mereka dapat memperhatikan bagaimana kesudahan orang-orang yang sebelum mereka; Allah telah menimpakan kebinasaan atas mereka) yaitu Allah menghukum mereka karena pendustaan dan kekafiran mereka, yaitu orang-orang mukmin diselamatkan Allah dari kalangan mereka. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (dan orang-orang kafir akan menerima (akibat-akibat) seperti itu)
Kemudian Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh ke dalam surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai) yaitu pada hari kiamat (Dan orang-orang yang kafir itu bersenang-senang (di dunia) dan mereka makan seperti makannya binatang-binatang) yaitu di dunia mereka senang, dan mereka hidup hanya untuk makan sebagaimana binatang ternak makan, yaitu tujuan mereka hanya makan dan bersenang-senang. Oleh karena itu disebutkan dalam hadits shahih:”Orang yang beriman makan dengan satu perut, sedangkan orang kafir makan dengan tujuh perut”
Kemudian Allah berfirman: (Dan neraka adalah tempat tinggal mereka) yaitu di hari mereka mendapat pembalasan. Firman Allah: (Dan betapa banyaknya negeri-negeri yang (penduduknya) lebih kuat daripada (penduduk) negerimu (Muhammad) yang telah mengusirmu itu) yaitu penduduk Makkah (Kami telah membinasakan mereka; maka tidak ada seorang penolongpun bagi mereka) Ini merupakan ancaman keras dan peringatan tegas bagi penduduk Makkah karena mereka telah mendustakan Rasulallah SAW, padahal beliau adalah pemimpin para rasul dan penutup para nabi. Apabila Allah telah membinasakan umat-umat yang dahulu telah mendustakan para rasul yang sebelumnya, padahal mereka lebih kuat daripada penduduk Makkah. Maka bagaimanakah prasangka mereka tentang yang akan dilakukan Allah SWT terhadap mereka di dunia dan akhirat? Dan jika Allah membebaskan banyak dari mereka dari hukuman di dunia karena keberadaan Rasulullah SAW, Nabi pembawa rahmat, maka sesungguhnya azab akan memenuhi orang-orang kafir itu pada hari mereka dikembalikan kepadaNya (Siksaan itu dilipatgandakan kepada mereka. Mereka selalu tidak dapat mendengar (kebenaran) dan mereka selalu tidak dapat melihat (nya)) (Surah Hud: 20)
Firman Allah SWT: (dari (penduduk) negerimu (Muhammad) yang telah mengusirmu itu) yaitu orang-orang yang telah mengusirmu dari kalangan mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Muhammad ayat 11: Ketahuilah wahai manusia bahwa yang menyebabkan keberhasilah orang-orang yang beriman dan kemuliaan mereka dan juga adzab bagi orang-orang kafir adalah, bahwa Allah adalah Tuan bagi orang-orang beriman dan Penolong bagi mereka. Sedangkan orang-orang yang kafir kepada Allah dan mengingkari ayat-ayat Allah, maka tidak ada bagi mereka penolong, dan yang mencegah mereka dari adzab Allah yang pedih.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni kemenangan bagi kaum mukmin dan kekalahan bagi kaum kafir.

Dia melimpahkan rahmat-Nya kepada mereka, Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya serta yang memberikan balasan dan yang menolong mereka.

Kepada Allah, karena mereka berlepas dari perlindungan Allah dan menutup pintu rahmat kepada dirinya.

Yang menunjuki mereka ke jalan-jalan keselamatan, menyelamatkan mereka dari azab Allah dan siksa-Nya, bahkan pelindung mereka adalah thagut yang mengeluarkan mereka dari cahaya kepada kegelapan. Mereka itu penghuni neraka dan mereka kekal di dalamnya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Muhammad Ayat 11

Hukuman itu terhadap mereka dalam firman-Nya, yang demikian itu, yakni ganjaran yang diterima oleh orang-orang yang beriman dan azab yang diderita oleh orang-orang kafir, karena Allah pelindung bagi orang-orang yang beriman yang melindungi mereka dan memberikan pertolongan; sedang orang-orang kafir tidak ada pelindung bagi mereka yang dapat menyelamatkan dari kehancuran. 12. Setelah Allah menerangkan keadaan orang-orang mukmin dan orang-orang kafir di dunia kemudian diterangkan pula keadaan mereka di akhirat kelak. Sungguh, Allah akan memasukkan orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan membuktikan keimanan mereka dengan mengerjakan kebajikan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai sebagai penghormatan bagi keimanan mereka kepada Allah dan rasul-Nya. Dan orang-orang yang kafir menikmati ke-senangan dunia berupa harta benda dan kesenangannya yang tidak abadi dan mereka makan seperti hewan makan tanpa memikirkan kesudahan mereka; dan kelak nerakalah yang menjadi tempat tinggal bagi mereka sebagai balasan atas kekafirannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah variasi penjelasan dari berbagai ulama terkait kandungan dan arti surat Muhammad ayat 11 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk kita semua. Sokong usaha kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Sering Dibaca

Telaah ratusan konten yang cukup sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Anbiya 19, Al-Ahzab 43, Ar-Ra’d 31, An-Najm 39-42, Ali Imran 26-27, Al-Qalam. Termasuk Al-Baqarah 261, Al-Baqarah 282, Al-Hujurat 11, Al-‘Ashr 3, Ar-Rahman 33, Al-Baqarah 285.

  1. Al-Anbiya 19
  2. Al-Ahzab 43
  3. Ar-Ra’d 31
  4. An-Najm 39-42
  5. Ali Imran 26-27
  6. Al-Qalam
  7. Al-Baqarah 261
  8. Al-Baqarah 282
  9. Al-Hujurat 11
  10. Al-‘Ashr 3
  11. Ar-Rahman 33
  12. Al-Baqarah 285

Pencarian: quran surat maryam ayat 41, al hajj 41, surat an nahl ayat 30, surat al isra ayat 85, surat ali imran ayat 190 dan 191

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: