Surat Fussilat Ayat 31

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

نَحْنُ أَوْلِيَآؤُكُمْ فِى ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ ۖ وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَشْتَهِىٓ أَنفُسُكُمْ وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَدَّعُونَ

Arab-Latin: Naḥnu auliyā`ukum fil-ḥayātid-dun-yā wa fil-ākhirah, wa lakum fīhā mā tasytahī anfusukum wa lakum fīhā mā tadda'ụn

Artinya: Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta.

« Fussilat 30Fussilat 32 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Berkaitan Dengan Surat Fussilat Ayat 31

Paragraf di atas merupakan Surat Fussilat Ayat 31 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan hikmah penting dari ayat ini. Didapatkan kumpulan penjelasan dari banyak ulama tafsir mengenai kandungan surat Fussilat ayat 31, sebagiannya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

31-32. Para malaikat berkata kepada mereka, “Kami adalah penolong-penolong kalian dalam kehidupan dunia, kami meluruskan langkah kalian dan menjaga kalian dengah perintah dari Allah, demikian pula di akhirat, kami tetap bersama kalian. Di dalam surga, kalian mendapatkan apa yang diinginkan oleh jiwa kalian dari apa-apa yang kalian pilih, dan juga menyenangkan pandangan mata kalian. Apa pun yang kalian minta, kalian mendapatkannya di depan kalian sebagai jamuan dan kenikmatan untuk kalian dari Allah yang Maha Pengampun terhadap dosa-dosa kalian dan Maha Penyayang kepada kalian.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

31. Kami adalah wali kalian di kehidupan dunia, kami meluruskan langkah kalian dan menjaga kalian, kami adalah wali kalian di kehidupan Akhirat, pertolongan kami kepada kalian terus berlanjut. Di Surga kalian memperoleh apa yang kalian idam-idamkan berupa berbagai kesenangan dan kenikmatan. Di Surga kalian akan mendapatkan semua yang kalian minta dari apa yang kalian hasratkan.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

31. نَحْنُ أَوْلِيَآؤُكُمْ فِى الْحَيَوٰةِ الدُّنْيَا وَفِى الْاٰخِرَةِ ۖ (Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat)
Yakni Kami yang bertugas menjaga dan membantu kalian dalam urusan dunia dan akhirat. Dan barangsiapa yang penjaganya adalah Allah niscaya dia akan meraih apa yang dia harapkan, dan selamat dari apa yang dia takuti.
Pendapat lain mengatakan bahwa para malaikatlah yang mengatakan: “kami adalah para penjaga yang menulis amal kebaikan kalian di dunia dan penolong kalian di akhirat.” Dan para malaikat itu akan memberi mereka kehormatan.

وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَشْتَهِىٓ أَنفُسُكُمْ(di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan)
Dari segala kenikmatan dan kelezatan.

وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَدَّعُونَ(dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta)
Yakni apa yang kalian minta dari segala yang kalian ingini.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

30-31

1 ). Az-Zuhri berkata: Umar membacakan ayat ini di atas mimbar, lalu berkata: Mereka tetap tegak – demi Allah – dalam menaati-Nya, dan tidak menyimpang seperti penyimpangan serigala!

2 ). Barangsiapa disibukkah dengan Allah, dan dengan mengingat-Nya, dan mencintai-Nya semasa hidupnya, maka ia akan mendapatkan apa yang paling dibutuhkannya ketika ruhnya tertuju kepada Allah, { تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا۟ وَلَا تَحْزَنُوا۟ وَأَبْشِرُوا۟ بِٱلْجَنَّةِ ٱلَّتِى كُنتُمْ تُوعَدُونَ } "maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu".

3 ). Ini adalah tanda keagungan yang luar biasa, karena menghubungkan – dalam perasaan orang beriman – dunia ini dengan akhirat, dan mengisinya dengan ketenangan dan kedamaian, bagi orang beriman yang lurus, cengkeraman jiwa hanyalah pembawa pesan kedamaian! { ٱلَّذِينَ تَتَوَفَّىٰهُمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ طَيِّبِينَ ۙ يَقُولُونَ سَلَٰمٌ عَلَيْكُمُ ٱدْخُلُوا۟ ٱلْجَنَّةَ } "(yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh para malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): “Salaamun’alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu" [An-Nahl : 32].


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

31. Para malaikat berkata kepada mereka: “Kami adalah para penolong kalian dalam urusan-urusan kalian. Kami akan menjaga dan membantu kalian dalam urusan yang mengandung kebaikan dan kebenaran di dunia. Kami juga penolong kalian di akhirat dengan syafaat dan kemuliaan sehingga kalian bisa masuk surga. Bagi kalian dalam surga itu ada sesuatu yang dapat menyenangkan diri kalian berupa kenikmatan dan berbagai macam kelezatan. Bagi kalian juga sesuatu yang kalian cari-cari”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kamilah pelindung-pelindung kalian} penolong-penolong kalian {dalam kehidupan dunia dan akhirat. Bagi kalian di dalamnya ada apa saja yang kalian sukai dan apa saja yang kalian minta} yang kalian inginkan dan harapkan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

31. dan para malaikat itu berkata kepada mereka untuk meneguhkan hati mereka dan menyampaikan berita gembira, “kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan di akhirat.” Para malaikat itu menghimbau mereka untuk melakukan kebaikan di dunia dan memperindahkannya bagi mereka, juga menakut-nakuti mereka dari kejahatan dan menjadikannya buruk dalam jiwa mereka, dan mereka juga berdoa kepada Allah untuk mereka, meneguhkan pendirian mereka dalam berbagai musibah dan kesulitan, terutama saat menjelang kematian dan dahsyatnya sakaratul maut, saat dikuburan dan didalam kegelapannya, saat hari kiamat dan praharanya, saat diatas jembatan menuju surga dan saat di dalam surga. Mereka memberikan ucapan selamat atas kehormatan dari Allah yang mereka raih. Para malikat itu masuk menjumpai mereka raih. Para malaikat itu masuk menjumpai mereka dari semua pintu (sambil mengucapankan)
“kesejahteraan bagi kalian berkat kesabaran kalian. Maka alangkah baiknya tempat kesudah itu.” (ar-ra’d:24)
Dan mereka juga mengatakan, “didalamnya kamu memperoleh,” maksudnya, di surga “apa yang kamu inginkan,” sudah dipersiapkan dan dihidangkan “dan memperoleh pula di dalmnya apa yang kamu minta,” maksudnya, apa saja yang kamu minta dari segala yang digandrungi oleh keinginan kalian dan kalian cari dari berbagai kelezatan dan hal-hal yang merangsang yang belum pernah dilihat mata, didengar telinga dan belum pernah terlintas di dalam hati seorang manusia.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 30-32
Allah SWT: (Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan,"Tuhan kami ialah Allah," kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka) yaitu mereka ikhlas dalam beramal hanya kepada Allah, yaitu mereka beramal dengan menaati apa yang telah disyariatkan Allah SWT kepada mereka.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, "Tuhan kami ialah Allah, " kemudian mereka meneguhkan pendiriannya) dalam menunaikan hal-hal yang diwajibkan Allah. Demikian juga dikatakan Qatadah.
Diriwayatkan dari Sufyan bin Abdullah Ats-Tsaqafi berkata,”Aku pernah bertanya,"Wahai Rasulullah, ceritakanlah kepadaku suatu perkara yang bisa aku jadikan pegangan" Rasulullah SAW menjawab: “Katakanlah, "Tuhanku adalah Allah, " kemudian teguhkanlah pendirianmu!” Kemudian aku bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah yang engkau sangat khawatirkan terhadap diriku?” Maka Rasulullah SAW memegang ujung lisan beliau dan bersabda, "Ini" .
Firman Allah SWT: (maka malaikat akan turun kepada mereka) Mujahid, As-Suddi berkata bahwa makna yang dimaksud adalah di saat menjelang kematiannya, seraya berkata (Janganlah kamu merasa takut) Mujahid berkata bahwa maknanya adalah “terhadap apa yang akan kalian hadapi berupa perkara akhirat (dan janganlah kamu merasa sedih) terhadap apa yang kalian tinggalkan berupa perkara dunia, seperti perkara anak, keluarga, harta, dan hutang, karena sesungguhnya Kami akan menggantikan kalian dalam mengurusnya (dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu) Mereka menyampaikan kabar gembira kepada mereka akan lenyapnya keburukan dan memperoleh kebaikan. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Al-Barra, dia berkata bahwa sesungguhnya para malaikat berkata kepada ruh orang mukmin, "Keluarlah, wahai jiwa yang baik, dari tubuh yang baik yang sebelumnya kamu huni, keluarlah menuju kepada ampunan dan nikmat serta Tuhan yang tidak murka"
Firman Allah: (Kamilah Pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan di akhirat) yaitu para malaikat berkata kepada orang-orang mukmin saat mereka menjelang kematiannya,"(Kami) yaitu Kami (adalah teman-teman kalian selama di dunia) yaitu sahabat-sahabat kami di dunia, kami membimbing, meluruskan, dan memelihara kalian berkat perintah Allah. Demikian juga kami akan selalu bersama kalian di akhirat, kami menemani kesendirianmu dalam kubur dan pada saat sangkakala ditiup, dan kami membuat aman kalian pada hari kebangkitan, dan kami membawa kalian menyeberangi shirat, dan kami membuat kalian sampai ke surga yang penuh kenikmatan" (di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan) yaitu, di dalam surga kalian memperoleh semua yang kalian pilih dan kalian inginkan, dan memperoleh semua yang dipandang indah oleh matamu (dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta) yaitu bagaimanapun permintaan kalian, maka kalian akan mendapatinya berada di hadapan kalian sebagaimana yang kalian pilih (Sebagai hidangan (bagimu) dari Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (32)) yaitu sebagai jamuan, pemberian, dan nikmat dari Tuhan yang Maha Pengampun semua dosa kalian dan Maha Penyayang kepada kalian serta Maha Pengasih, karena Dia telah mengampuni, menutupi, mengasihani dan bersikap lembut kepada kalian.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Fussilat ayat 31: (Kamilah pelindung-pelindung kalian dalam kehidupan dunia) artinya, Kami memelihara kalian di dalamnya (dan di akhirat) maksudnya, Kami akan selalu bersama kalian di akhirat hingga kalian masuk surga (di dalamnya kalian memperoleh apa yang kalian inginkan dan memperoleh pula di dalamnya apa yang kalian minta) berupa semua kenikmatan yang kalian minta.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Para malaikat juga berkata memberikan keteguhan dan memberikan berita gembira.

Yakni kami jaga kamu di dunia, mendorongmu berbuat baik, menghias kebaikan kepadamu dan menakut-nakuti keburukan, meneguhkan kamu ketika mendapatkan musibah dan peristiwa yang ditakuti, khususnya ketika mati dan merasakan sekaratnya, demikian pula ketika kamu di kubur dan mendapatkan kegelapannya, ketika pada hari Kiamat dan peristiwa yang menegangkannya dan kami akan bersama kamu sampai kamu masuk ke surga, dan ketika kamu di surga, kami akan mengucapkan selamat, dan masuk menemui kamu dari setiap pintu sambil mengucapkan, “Saalaamun ‘alaikum bimaa shabartum.” (keselamatan atasmu karena kesabaranmu).

Mereka juga akan mengatakan seperti yang disebutkan dalam ayat di atas, “Di dalamnya (surga) kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh apa yang kamu minta.”


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Fussilat Ayat 31

Demikianlah para malaikat menenangkan orang-orang beriman dan membuat mereka lebih merasa nyaman. Para malaikat itu berkata, 'kami, atas perintah Allah, menjadi pelindung-pelindungmu dan akan selalu siap membantu kamu dalam kehidupan dunia dan demikian pula dalam kehidupan akhirat. Maka di dalamnya, yakni di dalam surga ini, kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dalam bentuk berbagai kenikmatan, dan memperoleh apa saja yang pernah kamu minta dulu di dunia. 32. Yang demikian itu adalah sebagai penghormatan bagimu dari Allah yang maha pengampun lagi maha penyayang.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beragam penjelasan dari kalangan ulama tafsir berkaitan makna dan arti surat Fussilat ayat 31 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita semua. Support syi'ar kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Sering Dikaji

Kaji ratusan konten yang paling sering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Bayyinah 5, Yunus 40, Ad-Dhuha 3, Bersyukur, Al-Isra 27, Ali ‘Imran 14. Juga Luqman, Yunus, Ali ‘Imran 31, Al-‘Ankabut 57, Al-A’raf 26, Al-Hujurat 6.

  1. Al-Bayyinah 5
  2. Yunus 40
  3. Ad-Dhuha 3
  4. Bersyukur
  5. Al-Isra 27
  6. Ali ‘Imran 14
  7. Luqman
  8. Yunus
  9. Ali ‘Imran 31
  10. Al-‘Ankabut 57
  11. Al-A’raf 26
  12. Al-Hujurat 6

Pencarian: assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dalam bahasa arab, surat al zalzalah menerangkan tentang, doa setelah adzan subuh latin, makna surat al baqarah, sesungguhnya dibalik kesulitan ada kemudahan

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: