Surat Al-Mu’min Ayat 79

ٱللَّهُ ٱلَّذِى جَعَلَ لَكُمُ ٱلْأَنْعَٰمَ لِتَرْكَبُوا۟ مِنْهَا وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ

Arab-Latin: Allāhullażī ja'ala lakumul-an'āma litarkabụ min-hā wa min-hā ta`kulụn

Artinya: Allahlah yang menjadikan binatang ternak untuk kamu, sebagiannya untuk kamu kendarai dan sebagiannya untuk kamu makan.

« Al-Mu'min 78Al-Mu'min 80 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Tentang Surat Al-Mu’min Ayat 79

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mu’min Ayat 79 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir mendalam dari ayat ini. Tersedia bermacam penjabaran dari berbagai ulama tafsir terkait kandungan surat Al-Mu’min ayat 79, sebagiannya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

79-80. Allah Yang menciptakan hewan ternak untuk kalian agar kalian mengambil manfaat darinya, yaitu manfaat mengendarai, dikonsumsi dan manfaat- manfaat lainnya. Dengan mengendarainya kalian bisa sampai ke negeri-negeri jauh di mana hal itu adalah hajat yang ada dalam dada kalian, di atas punggung hewan-hewan inilah kalian diangkut di daratan sebagaimana kalian diangkut oleh kapal di lautan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

79-81. Allah mengabarkan tentang karunia-Nya bagi para hamba; yang telah menciptakan bagi mereka unta sebagai tunggangan dan makanan, serta menetapkan padanya berbagai manfaat seperti susu, kulit, dan bulunya. Dan agar kalian dapat memenuhi kebutuhan kalian untuk sampai di negeri yang jauh. Di atas hewan-hewan ini dan kapal-kapal kalian diangkut.

Dan Allah memperlihatkan kepada kalian tanda-tanda yang menunjukkan keesaan-Nya; maka tanda dan bukti apalagi yang akan kalian ingkari?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

79. Allah yang menciptakan unta, sapi dan domba untuk kalian. Sebagiannya kalian tunggangi, dan sebagiannya lagi kalian makan dagingnya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

79. اللهُ الَّذِى جَعَلَ لَكُمُ الْأَنْعٰمَ (Allahlah yang menjadikan binatang ternak untuk kamu)
Yakni Allah menciptakannya bagi kalian, binatang-binatang ternak ini adalah delapan pasang binatang yang disebutkan pada surat al-An’am: 143.

لِتَرْكَبُوا۟ مِنْهَا وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ(sebagiannya untuk kamu kendarai dan sebagiannya untuk kamu makan)
Yakni agar sebagiannya dapat kalian tunggangi dan sebagian lainnya dapat kalian makan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

79. Allah SWT adalah Dzat yang menciptakan hewan ternak (yang dimaksud di sini adalah unta) untuk kalian agar dapat kalian kendarai sebagian dan kalian makan sisanya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Allahlah Dzat yang menjadikan hewan ternak untuk kalian, agar bisa kalian kendarai sebagian darinya dan sebagian lainnya untuk kalian makan


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

79-80. Allah mengingatkan akan karuniaNya terhadap hamba-hambaNya, dimana Dia telah menciptakan untuk mereka binatang-binatang ternak berkaki empat yang dengannya banyak sekali didapat pemberian nikmat,
di antaranya adalah nikmat mengendarainya dan memuatinya dengan muatan.
Di antaranya, ada yang dagingnya dimakan dan air susunya diminum.
Di antaranya Juga manfaat untuk kehangatan badan dan menjadikannya sebagai alat-alat perabotan yang dibuat dari kulit, bulu dan rrambutnya, serta berbagai manfaat lainnya.
“Dan supaya kamu mencapai keperluan yang tersimpan dalam hati dengan mengendarainya,” seperti bisa sampai ke daerah-daerah lain yang sangat jauh, tercapainya rasa senang dan bahagia bagi para penghuninya, “dan kamu dapat diangkut dengan mengendarai binatang-binatang itu dan dengan mengendarai bahtera (perahu layar).” Maksudnya, kalian diangkut di atas kendaraan-kendaraan darat dan bahtera laut, di situ kalian diangkut oleh Allah yang telah mendudukan kendaraan itu, dan telah menyediakan berbagai fasilitas untuknya yang semua itu tidak bisa dicapai kecuali dengannya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 79-81
Allah SWT berfirman seraya menyebutkan karuniaNya kepada para hambaNya bahwa Dia telah menciptakan bagi mereka binatang ternak berupa unta, sapi, dan kambing (sebagiannya ada yang dapat dijadikan sebagai kendaraan mereka, dan sebagian yang lainnya untuk mereka makan) (Surah Yasin: 72) Jadi unta dikendarai, dimakan, dapat diperah susunya, dan dapat dijadikan sebagai pembawa barang-barang berat dalam perjalanan atau tunggangan perjalanan menuju ke negeri yang jauh dan kawasan yang luas. Sapi dimakan dagingnya dan diminum susunya serta dapat dijadikan sebagai sarana untuk membajak tanah. dan kambing dagingnya dimakan, dan diminum susunya, dan bulunya dapat dicukur, lalu dijadikan kain dan pakaian serta perabotan lainnya, sebagaimana yang dijelaskan di banyak tempat dalam surah Al-An'am, An-Nahl dan surah lain. Oleh karena itu Allah berfirman di sini: (sebagiannya untuk kamu kendarai dan sebagiannya untuk kamu makan (79) Dan (ada lagi) manfaat-manfaat yang lain pada binatang ternak itu untuk kamu dan supaya kamu mencapai keperluan yang tersimpan dalam hati dengan mengendarainya. Dan kamu dapat diangkut dengan mengendarai binatang-binatang itu dan dengan mengendarai bahtera (80))
Firman Allah: (Dan Dia memperlihatkan kepada kamu tanda-tanda-Nya) yaitu hujjah-hujjah dan keterangan-keterangan yang menunjukkan atas kekuasaanNya di semua cakrawala dan dalam diri kalian (maka tanda-tanda (kekuasaan) Allah manakah yang kamu ingkari?) yaitu, kalian tidak mampu mengingkari sesuatupun dari tanda-tanda kekuasaanNya, kecuali jika kalian ingkar dan bersikap sombong


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mu’min ayat 79: (Allahlah yang menjadikan binatang ternak untuk kalian) menurut suatu pendapat dikatakan, bahwa yang dimaksud hanyalah unta saja. Tetapi menurut pendapat yang kuat, ternak yang dimaksud mencakup pula sapi dan kambing (sebagiannya untuk kalian kendarai dan sebagiannya untuk kalian makan.)


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah Subhaanahu wa Ta'aala memberi nikmat kepada hamba-hamba-Nya dengan menjadikan untuk mereka binatang ternak yang dari sana mereka memperoleh berbagai kenikmatan, di antaranya manfaat menungganginya, manfaat memakan dagingnya, meminum susunya, menghangatkan badan dengan kulitnya, dan membuat berbagai alat dari kulit, bulu dan rambutnya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’min Ayat 79

Penjatuhan sebuah sanksi dengan pertimbangan yang adil dan tidak menzalimi merupakan bentuk dari kasih sayang Allah sebagai pemilik alam semesta. Allah berkuasa mutlak atas apa yang dia miliki itu. Ayat-ayat berikut menguraikan kemahakuasaan Allah yang berkaitan dengan berbagai fenomena makhluk ciptaan-Nya. 'Allah-lah yang menjadikan dan menundukkan hewan ternak untukmu, seperti unta, kuda, kambing, sapi, dan lain sebagainya. Sebagian dari hewan ternak itu untuk kamu kendarai dan sebagian lagi untuk kamu makan. 80. Dan di samping itu, bagi kamu ada lagi manfaat-manfaat yang lain padanya, seperti mengambil manfaat dari bulu, kulit, susu hewan ternak itu, dan juga agar kamu mencapai suatu keperluan atau tujuan yang tersimpan dalam hatimu dengan mengendarainya. Dan dengan mengendarai binatang-binatang itu bila dalam perjalanan di darat, dan bila dalam perjalanan di laut atau di sungai mereka dapat diangkut di atas kapal.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beragam penjabaran dari banyak ulama tafsir mengenai isi dan arti surat Al-Mu’min ayat 79 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita. Bantulah usaha kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Tersering Dikaji

Telaah ratusan materi yang tersering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Bayyinah 5, Ad-Dhuha 3, Al-Hujurat 6, Al-‘Ankabut 57, Ali ‘Imran 14, Luqman. Ada pula Al-A’raf 26, Bersyukur, Al-Isra 27, Yunus 40, Ali ‘Imran 31, Yunus.

  1. Al-Bayyinah 5
  2. Ad-Dhuha 3
  3. Al-Hujurat 6
  4. Al-‘Ankabut 57
  5. Ali ‘Imran 14
  6. Luqman
  7. Al-A’raf 26
  8. Bersyukur
  9. Al-Isra 27
  10. Yunus 40
  11. Ali ‘Imran 31
  12. Yunus

Pencarian: khasiat al baqarah ayat 18, surat hud 15-16, isi kandungan surat ali imran ayat 110, surat al anfal ayat 2-4, surah al hujurat ayat 12-13

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: