Surat Al-Mu’min Ayat 69

أَلَمْ تَرَ إِلَى ٱلَّذِينَ يُجَٰدِلُونَ فِىٓ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ أَنَّىٰ يُصْرَفُونَ

Arab-Latin: A lam tara ilallażīna yujādilụna fī āyātillāh, annā yuṣrafụn

Terjemah Arti: Apakah kamu tidak melihat kepada orang-orang yang membantah ayat-ayat Allah? Bagaimanakah mereka dapat dipalingkan?

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Al-Mu’min Ayat 69

Terdokumentasi beberapa penjelasan dari banyak ahli ilmu berkaitan isi surat Al-Mu’min ayat 69, misalnya sebagaimana di bawah ini:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Apakah kamu (wahai rasul) tidak heran kepada orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah, mereka berselisih padanya, padahal ayat-ayat tersebut jelas petunjuknya untuk menetapkan tauhid dan Kuasa Allah, bagaimana mereka berpaling darinya padahal ia benar? Ke mana mereka akan pergi setelah penjelasan yang sempurna ini?


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

69. Tidakkah kamu -wahai Rasul- melihat orang-orang yang membantah ayat-ayat Allah serta mendustakannya padahal ia sangat jelas. Kamu benar-benar heran terhadap keadaannya yang berpaling dari kebenaran padahal ia nyata sekali.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

69-72. Hai Rasulullah, tidakkah kamu heran terhadap orang-orang kafir yang menentang dan meragukan ayat-ayat Allah qur’aniyah dan kauniyah, bagaimana mereka dapat berpaling darinya?

Salah satu sifat mereka adalah mendustakan al-Qur’an dan kitab-kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Mereka akan mengetahui akibat dari pendustaan mereka ketika belenggu dipasang di leher mereka dan rantai-rantai diikatkan pada tangan dan kaki mereka, kemudian mereka akan ditarik para malaikat azab ke dalam air panas, kemudian mereka akan dijadikan bahan bakar api neraka.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

69. أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِينَ يُجٰدِلُونَ فِىٓ ءَايٰتِ اللهِ أَنَّىٰ يُصْرَفُونَ(Apakah kamu tidak melihat kepada orang-orang yang membantah ayat-ayat Allah? Bagaimanakah mereka dapat dipalingkan?)
Yakni mengapa orang-orang musyrik berpaling dari keimanan kepada ayat-ayat itu, padahal berbagai bukti telah menunjukkan kebenarannya dan menuntun kepada keesaan Allah.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

69. Wahai Nabi, apakah kamu tidak terkejut melihat orang-orang yang berdebat dengan kebathilan tentang ayat-ayat Al-Qur’an. Bagaimana bisa mereka menyimpang dan enggan mengimani Allah dan mengakui kebenaran.


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

69. “apakah kamu tidak melihat kepada orang-orang yang membantah ayat-ayat Allah,” yang sangat jelas sekali, dengan rasa heran terhadap sikap mereka yang sangat keji “bagaimanakah mereka dapat dipalingkan” yakni, bagaimana mereka bisa berpaling darinya?! Kemana mereka pergi setelah penjelasan yang sangat sempurna itu?! Apakah mereka menemukan ayat-ayat lain yang jelas yang melawan ayat-ayat Allah?! Sekali-kali tidak, demi Allah. Ataukah justru mereka menemukan syubhat-syubhat (pemikiran-pemikiran rancu) yang sejalan dengan keinginan nafsu mereka yang dengannya mereka membantah demi kebatilan meeka?!


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mu’min ayat 69: (Apakah kamu tidak melihat kepada orang-orang yang membantah ayat-ayat Allah?) membantah Alquran. (Bagaimanakah) (mereka dapat dipalingkan) dari iman?


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yang begitu jelas dan terang. Kalimat ini untuk menganggap aneh keadaan mereka yang buruk itu.

Yakni bagaimana mereka dapat dipalingkan dari ayat-ayat Allah yang begitu jelas? Padahal ke mana lagi mereka akan pergi setelah penjelasan yang sempurna ini? Apakah mereka menemukan ayat yang lebih jelas yang berlawanan dengan ayat-ayat Allah? Tidak, demi Allah, mereka tidak menemukannya. Atau apakah mereka menemukan beberapa syubhat yang sejalan dengan hawa nafsu mereka lalu mereka gunakan syubhat itu untuk menyerang ayat-ayat Allah demi membela kebatilan mereka? Sungguh buruk pertukaran mereka dan pilihan yang mereka pilih untuk diri mereka dengan mendustakan kitab yang datang kepada mereka dari sisi Allah yang dibawa para rasul-Nya, dimana mereka adalah manusia paling baik dan paling benar serta paling agung akalnya. Mereka itu balasannya ialah neraka sebagaimana yang diterangkan dalam ayat selanjutnya.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’min Ayat 69

Setelah disimpulkan pada ayat-ayat yang lalu bahwa Allah-lah pe-nguasa alam semesta ini, dan yang berkuasa menghidupkan dan mematikan, maka ayat-ayat berikut kembali menghadapkan perhatian terhadap orang-orang yang mendebat kebenaran wahyu terutama tentang akibat yang akan mereka terima karena perbuatan tersebut. "apakah kamu, wahai nabi Muhammad, tidak memperhatikan tentang orang-orang yang selalu membantah dengan batil terhadap semua bukti kebenaran ayat-ayat Allah' bagaimana jalan pikiran mereka sehingga mereka dapat dipalingkan dari bukti-bukti kebenaran yang sangat jelas dari wahyu itu''70. Orang-orang yang mendebat dengan batil wahyu Allah itu adalah orang-orang yang mendustakan kitab, yakni Al-Qur'an, dan wahyu yang dibawa oleh rasul-rasul kami yang telah kami utus, yakni zabur, taurat, dan injil. Kelak mereka akan mengetahui akibat dari sanggahan mereka itu.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah sekumpulan penjabaran dari para ulama berkaitan makna surat Al-Mu’min ayat 69, moga-moga bermanfaat untuk ummat. Bantulah dakwah kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Al-Mu’min Ayat 70 Arab-Latin, Al-Mu’min Ayat 71 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Al-Mu’min Ayat 72, Terjemahan Tafsir Al-Mu’min Ayat 73, Isi Kandungan Al-Mu’min Ayat 74, Makna Al-Mu’min Ayat 75

Terkait: « | »

Kategori: 040. Al-Mu'min

Artikel: Topik, Serial, Doa Dzikir, Lain-lain, Updates