Surat Al-Mu’min Ayat 19

يَعْلَمُ خَآئِنَةَ ٱلْأَعْيُنِ وَمَا تُخْفِى ٱلصُّدُورُ

Arab-Latin: Ya'lamu khā`inatal-a'yuni wa mā tukhfiṣ-ṣudụr

Artinya: Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang disembunyikan oleh hati.

« Al-Mu'min 18Al-Mu'min 20 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Berkaitan Surat Al-Mu’min Ayat 19

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mu’min Ayat 19 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Diketemukan berbagai penjelasan dari beragam ahli tafsir mengenai kandungan surat Al-Mu’min ayat 19, antara lain seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Allah mengetahui lirikan pandangan-pandangan sekilas yang dilakukan oleh mata, juga kebaikan atau keburukan yang manusia simpan di dalam dadanya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

19-20. Allah memperingatkan hamba-hamba-Nya dari pandangan mata yang haram, Allah mengetahui perbuatan itu dan akan memberi perhitungan terhadapnya. Dan Allah mengetahui kebaikan atau keburukan yang tersembunyi dalam hari.

Allah menyampaikan bahwa Dia menetapkan hukum di antara para hamba dengan adil; adapun sesembahan-sesembahan yang disembah selain Allah tidak dapat melakukan hal itu. Allah Maha Mendengar segala perkataan dan Maha Mengetahui segala keadaan dan perbuatan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

19. Allah mengetahui pencurian yang dilakukan oleh mata orang yang memandang, mengetahui apa yang disembunyikan oleh dada, tidak ada sesuatu pun yang samar bagi Allah.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

19. يَعْلَمُ(Dia mengetahui)
Allah mengetahui.

خَآئِنَةَ الْأَعْيُنِ((pandangan) mata yang khianat)
Yakni curian pandangan kepada hal yang tidak halal untuk dilihat.
Qatadah mengatakan maknanya adalah memberi isyarat dengan mata dalam hal yang tidak disukai Allah.

وَمَا تُخْفِى الصُّدُورُ(dan apa yang disembunyikan oleh hati)
Yakni segala kemaksiatan yang disukai hati.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1 ). Prasangka yang buruk itu seperti perkataan yang buruk, sebagaimana halnya anda dilarang menceritakan keburukan orang lain dengan lidah anda, demikian pula anda tidak dibenarkan berbicara pada diri sendiri dan berpikir buruk tentang saudara Anda. Karena sesungguhnya Allah: { يَعْلَمُ خَائِنَةَ الْأَعْيُنِ وَمَا تُخْفِي الصُّدُورُ } "Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang disembunyikan oleh hati"

2 ). Al-A'mash meriwayatkan, dari Ibnu Jubair, dari Ibnu Abbas, pada firman Allah ta'ala: { يَعْلَمُ خَائِنَةَ الْأَعْيُنِ } "Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat" Jika anda melihatnya apakah Anda ingin berkhianat atau tidak { وَمَا تُخْفِي الصُّدُورُ } "dan apa yang disembunyikan oleh hati" Jika anda mempunyai kuasa apakah anda akan berzina dengannya atau tidak. Dia berkata: Kemudian Al-A'mash terdiam, dan berkata kepada muridnya: maukah aku memberitahumu apa yang terjadi selanjutnya? dia berkata: saya berkata: tentu! kemudian dia berkata: { وَٱللَّهُ يَقْضِى بِٱلْحَقّ } "Dan Allah menghukum dengan keadilan" Dia mampu membalas kebaikan dengan kebaikan, dan kejahatan dengan kejahatan. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

19. Allah Maha Tahu terhadap pandangan mata yang khianat, yaitu pandangan birahi terhadap sesuatu yang tidak halal baginya. Allah juga Maha Mengetahui apa yang tersembunyi dalam hati


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Dia mengetahui mata yang berkhianat} mencuri pandangan pada hal yang tidak boleh untuk dipandang {dan apa yang tersembunyi di dalam dada


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

19. “Dia mengetahui penghkianatan pandangan mata,” maksudnya, pandangan yang disembunyikan oleh seseorang dari temannya dan dari rekan-rekannya, yaitu mencuri pandangan,” dan apa yang disembunyikan oleh hati” dari hal-hal yang tidak dijelaskan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi Allah mengetahui yang tersembunyi itu, apalagi perkara-perkara yang nyata, tentu Dia lebih mengetahui lagi.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 18-20
Yaum Al-Azifah adalah salah satu nama hari kiamat. Dinamakan demikian karena masanya sudah dekat, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Telah dekat terjadinya hari kiamat (57) Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu selain Allah (58)) (Surah An-Najm) dan (Telah dekat (datangnya) saat itu dan telah terbelah bulan (1)) (Surah Al-Qamar)
Firman Allah: (ketika hati (menyesak) sampai di kerongkongan dengan menahan kesedihan) Qatadah berkata bahwa hati menyesak sampai di tenggorokan karena takut yang dahsyat, dan hati tidak dapat keluar dan kembali ke tempatnya. Makna “kazhimin” adalah diam, tidak ada seorangpun yang dapat bicara kecuali dengan izin Allah: (Pada hari, ketika roh dan para malaikat berdiri bersaf-saf, mereka tidak berkata-kata kecuali siapa yang telah diberi izin kepadanya oleh Tuhan Yang Maha Pemurah, dan ia mengucapkan kata yang benar (38)) (Surah An-Naba’)
Firman Allah: (Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang disembunyikan oleh hati) yaitu Allah SWT memberitahukan tentang ilmuNya yang sempurna dan meliputi segala sesuatu, yang agung dan yang hina, yang kecil dan yang besar, sertab yang kecil dan yang lembut, untuk memperingatkan manusia agar selalu merasa di bawah pengawasan Allah, sehingga mereka merasa malu dari Allah dengan sebenar-benarnya, dan bertakwa kepadaNya dengan sebenar-benarnya, serta merasa berada dalam pengawasanNya dengan perasaan seseorang yang mengetahui bahwa Dia melihatnya, karena sesungguhnya Allah SWT mengetahui pandangan yang khianat, sekalipun pandangan jujur yang ditampakkan, dan Dia mengetahui apa yang tersembunyi di dalam dada berupa rahasia hati dan semua rahasia lainnya.
Allah SWT mengetahui pandangan saat melihat, apakah pandangan itu jujur ataukah tidak? Demikian juga dikatakan Mujahid dan Qatadah.
As-Suddi berkata tentang firmanNya: (dan apa yang disembunyikan oleh hati) yaitu rasa waswas.
Firman Allah: (Dan Allah menghukum dengan keadilan) yaitu, memutuskan hukum dengan adil.
Diriwayatkandari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (Dan Allah menghukum dengan keadilan) yaitu Maha Kuasa untuk membalas satu kebaikan dengan satu kebaikan, dan satu keburukan dengan satu keburukan. (Sesungguhnya Allah, Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat) Ini adalah hal yang ditafsirkan Ibnu Abbas tentang ayat ini, bahwa ini sebagaimana firmanNya SWT: (supaya Dia memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat jahat terhadap apa yang telah mereka kerjakan dan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan pahala yang baik) (Surah An-Najm:31) Firman Allah: (Dan sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah) yaitu berhala-berhala, sekutu-sekutu, dan tandingan-tandingan (tiada dapat menghukum dengan sesuatu pun) yaitu, tidak memiliki sesuatupun dan tidak dapat memutuskan sesuatu pun (Sesungguhnya Allah, Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat) yaitu Maha Mendengar semua ucapan makhlukNya dan Maha Melihat kepada mereka, maka Dia memberi petunjuk kepada siapa saja yang Dia kehendaki, dan menyesatkan siapa saja yang Dia kehendaki, Dialah Dzat yang Maha Bijaksana dan Maha Adil dalam semua itu


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mu’min ayat 19: (Dia mengetahui) Allah mengetahui (mata yang khianat) ketika mencuri pandang melihat hal-hal yang diharamkan (dan apa yang disembunyikan oleh hati) yang tersimpan di dalam kalbu.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yang dimaksud dengan pandangan mata yang khianat adalah pandangan yang dilarang, seperti memandang kepada wanita yang bukan mahramnya. Menurut Syaikh As Sa’diy, bahwa maksudnya adalah pandangan yang disembunyikan oleh seorang hamba terhadap kawannya, ia adalah pencurian pandangan.

Yang tidak ditampakkan oleh seorang hamba. Jika yang tersembunyi saja diketahui oleh Allah, maka yang tampak tentu lebih diketahui.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’min Ayat 19

Dia, yakni Allah, mengetahui pandangan mata yang khianat, seperti kerlingan sekejap yang mengarah kepada perbuatan maksiat walau orang lain tidak melihat, dan apa yang tersembunyi dalam dada yang tidak diutarakan dengan kata-kata. 20. Dan karena Allah itu maha mengetahui lagi maha bijaksana, dia mahasanggup memutuskan perkara dengan kebenaran. Sedang mereka dan apa yang disembah oleh mereka selain-Nya, tidak akan mampu memutuskan dengan sesuatu apa pun. Sesungguhnya Allah, hanya dialah tuhan yang maha mendengar lagi maha melihat.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah bermacam penjabaran dari beragam ulama terhadap kandungan dan arti surat Al-Mu’min ayat 19 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk ummat. Dukunglah dakwah kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Sering Dicari

Nikmati berbagai halaman yang sering dicari, seperti surat/ayat: Al-Isra 27, Al-Hujurat 6, Ali ‘Imran 14, Ali ‘Imran 31, Al-A’raf 26, Al-‘Ankabut 57. Serta Bersyukur, Yunus, Yunus 40, Ad-Dhuha 3, Al-Bayyinah 5, Luqman.

  1. Al-Isra 27
  2. Al-Hujurat 6
  3. Ali ‘Imran 14
  4. Ali ‘Imran 31
  5. Al-A’raf 26
  6. Al-‘Ankabut 57
  7. Bersyukur
  8. Yunus
  9. Yunus 40
  10. Ad-Dhuha 3
  11. Al-Bayyinah 5
  12. Luqman

Pencarian: surat al maun ayat, ali imron 26 27, surat al baqarah ayat 67, al anfal 70, jibalu artinya

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.