Quran Surat Al-Mu’min Ayat 1

حمٓ

Arab-Latin: ḥā mīm

Terjemah Arti: Haa Miim.

Tafsir Quran Surat Al-Mu’min Ayat 1

( Ha Mim). Pembicaraan tentang huruf-huruf yang terpisah-pisah di awal surat seperti ini telah hadir di awal surat al-Baqarah.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

1. Ḥā Mīm. Pembahasan tentang huruf-huruf semacam ini sudah ada di awal surah Al-Baqarah.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

1. Pada awal surat al-Baqarah telah dijelaskan tentang huruf muqattha’ah, dan hikmah dari penyebutan huruf muqattha’ah ini adalah untuk menjelaskan sisi mukjizat al-Qur’an.

Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

1. حمٓ (Haa Miim)
Ini merupakan termasuk huruf-huruf muqattha’ah pada pembukaan surat-surat, dan penjelasannya telah disebutkan pada awal surat al-Baqarah.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

Disebut juga dengan surat Al-mukmin, karena menyebutkan kisah seorang mukmin dari keluarga Imran. Surat ini turun setelah surat Az-zumar. Ibnu Mas’ud berkata bahwa surat ini adalah dibajul quran.

1. Haa miim merupakan permulaan beberapa surat dengan huruf sebagai penekanan tentang isi surat tersebut, juga sebagai tantangan kepada masyarakat Arab untuk menandingi Al-quran

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

(Haa Miim) hanya Allah saja yang mengetahui arti dan maksudnya.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

'' m'm, hanya Allah yang mengetahui maksudnya. 2. Di ayat-ayat terakhir surah az-zumar, Al-Qur'an menggambarkan bagaimana perlakuan yang ditetapkan oleh Allah terhadap orang-orang kafir dan orang-orang mukmin. Salah satu penyebab dari terjadinya dua bentuk perlakukan tersebut adalah sikap mereka terhadap Al-Qur'an. Oleh sebab itu, ayat-ayat berikut di awal surah ini menegaskan kembali kebenaran Al-Qur'an itu. Kitab ini yakni Al-Qur'an yang diturunkan kepadamu, wahai nabi Muhammad, benar-benar dari Allah yang mahaperkasa lagi maha mengetahui.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Lainnya: Al-Mu’min Ayat 2 Arab-Latin, Al-Mu’min Ayat 3 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Al-Mu’min Ayat 4, Terjemahan Tafsir Al-Mu’min Ayat 5, Isi Kandungan Al-Mu’min Ayat 6, Makna Al-Mu’min Ayat 7

Terkait: « | »

Kategori: 040. Al-Mu'min