Surat Az-Zumar Ayat 25

ูƒูŽุฐู‘ูŽุจูŽ ูฑู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู…ูู† ู‚ูŽุจู’ู„ูู‡ูู…ู’ ููŽุฃูŽุชูŽู‰ูฐู‡ูู…ู ูฑู„ู’ุนูŽุฐูŽุงุจู ู…ูู†ู’ ุญูŽูŠู’ุซู ู„ูŽุง ูŠูŽุดู’ุนูุฑููˆู†ูŽ

Arab-Latin: Kaลผลผaballaลผฤซna ming qablihim fa atฤhumul-'aลผฤbu min แธฅaiแนกu lฤ yasy'urแปฅn

Artinya: Orang-orang yang sebelum mereka telah mendustakan (rasul-rasul), maka datanglah kepada mereka azab dari arah yang tidak mereka sangka.

ยซ Az-Zumar 24 โœต Az-Zumar 26 ยป

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Terkait Surat Az-Zumar Ayat 25

Paragraf di atas merupakan Surat Az-Zumar Ayat 25 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi kandungan berharga dari ayat ini. Diketemukan variasi penjabaran dari berbagai ahli tafsir terhadap makna surat Az-Zumar ayat 25, di antaranya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

25-26 Orang-orang sebelum kaummu (wahai rasul) juga telah mendustakan rasul-rasul mereka, lalu azab datang kepada mereka dari arah dimana mereka tidak menyangka bahwa ia akan datang, kemudian Allah membuat umat-umat yang mendustakan itu mencicipi azab dan kehinaan di dunia, dan di akhirat Allah menyediakan siksa yang lebih pedih dan lebih keras. Sekiranya orang-orang musyrik itu mengetahui bahwa apa yang menimpa mereka disebabkan kekafiran dan pendustaan mereka, niscaya mereka akan mengambil pelajaran.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

25-26. Hai Muhammad, orang-orang sebelum kaummu juga telah mendustakan para rasul mereka, maka azab menimpa mereka ketika mereka tidak menyadari kedatangannya; sehingga umat-umat yang mendustakan itu merasakan azab dan kehinaan di dunia; dan Allah telah menyiapkan bagi mereka azab yang lebih berat di akhirat. Seandainya mereka mengetahui apa yang telah menimpa mereka akibat kekafiran dan pendustaan yang mereka lakukan, niscaya mereka akan menjadikannya pelajaran dan ibrah.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

25. Umat-umat sebelum kaum musyrikin itu telah mendustakan, maka azab datang kepada mereka secara tiba-tiba di mana mereka tidak menyadarinya sehingga mereka bisa menghadapinya dengan bertobat.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

25. ูƒูŽุฐูŽู‘ุจูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ู…ูู† ู‚ูŽุจู’ู„ูู‡ูู…ู’ (Orang-orang yang sebelum mereka telah mendustakan (rasul-rasul))
Yakni orang-orang kafir sebelum zaman Nabi Muhammad telah mendustakan rasul-rasul mereka.

ููŽุฃูŽุชูŽู‰ูฐู‡ูู…ู ุงู„ู’ุนูŽุฐูŽุงุจู ู…ูู†ู’ ุญูŽูŠู’ุซู ู„ูŽุง ูŠูŽุดู’ุนูุฑููˆู†ูŽ (maka datanglah kepada mereka azab dari arah yang tidak mereka sangka)
Yakni dari arah yang tidak mereka sangka akan datang azab darinya, yaitu di saat mereka dalam keadaan lalai dan merasa aman.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

25. Orang-orang penduduk Makkah sebelum mereka telah mendustakan Rasul-Rasul, maka turunlah adzab dari Allah dari segala arah yang tidak mereka sangka-sangka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Orang-orang yang sebelum mereka} sebelum orang-orang kafir Mekkah {telah mendustakan (rasul). Lalu datang kepada mereka} lalu datang kepada mereka {azab dari arah yang tidak mereka sadari} yang tidak mereka perkirakan


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

25. โ€œOrang-orang sebelum mereka telah mendustakan,โ€ maksudnya, umat-umat terdahulu, sebagaimana mereka (kaum kafir Quraisy) mendustakan, โ€œmaka datanglah kepada mereka azab dari arah yang tidak mereka sangka,โ€ datang menimpa mereka saat mereka lalai di pagi hari atau di saat mereka tidur siang hari.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 24-26
Allah SWT berfirman: (Maka apakah orang-orang yang menoleh dengan mukanya menghindari azab yang buruk pada hari kiamat) ditakuti dan dikatakan kepadanya dan perumpamaannya dari kalangan orang-orang yang zalim: (Rasakanlah olehmu balasan apa yang lelah kamu kerjakan) sebagaimana orang yang datang pada hari kiamat dalam keadaan aman, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Maka apakah orang yang berjalan terjungkal dengan muka di bawah itu lebih banyak mendapat petunjuk ataukah orang yang berjalan tegak di atas jalan yang lurus? (22)) (Surah Al-Mulk) dan ((Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka dengan muka di bawah. (Dikatakan kepada mereka), "Rasakanlah sentuhan api nerakaโ€ (48)) (Surah Al-Qamar) serta (Maka apakah orang yang dilemparkan ke dalam neraka lebih baik ataukah orang-orang yang datang dengan aman sentosa pada hari kiamat?) (Surah Fushshilat: 40) Sudah cukup dalam hal ini dengan menyebut salah satunya, sebagaimana perkataan seorang penyair:
โ€œAku tidak mengetahui jika menuju ke suatu negeri, apakah ditakdirkan mendapatkan kebaikan, yang manakah dari keduanya yang akan menyertaiku?โ€
Yaitu kebaikan atau keburukan
Firman Allah: (Orang-orang yang sebelum mereka telah mendustakan (rasul-rasul), maka datanglah kepada mereka azab dari arah yang tidak mereka sangka (25)) yaitu umat-umat terdahulu yang mendustakan para rasul telah dibinasakan Allah karena dosa-dosa mereka, dan tidaklah mereka dapat perlindungan dari azab Allah. Firman Allah: (Maka Allah merasakan kepada mereka kehinaan pada kehidupan dunia) yaitu dengan azab dan pembalasan yang diturunkan Allah kepada mereka, sehingga orang-orang mukmin merasa puas terhadap mereka. Maka waspadalah orang-orang yang diancam dengan peringatan ini, karena sesungguhnya mereka mendustakan rasul yang paling mulia penutup para nabi, maka azab yang disediakan Allah SWT bagi mereka di akhirat akan jauh lebih keras daripada azab yang menimpa mereka di dunia ini. Oleh karena itu Allah berfirman: (Dan sesungguhnya azab pada hari akhirat lebih besar kalau mereka mengetahui)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zumar ayat 25: (Orang-orang yang sebelum mereka telah mendustakan) rasul-rasulnya yang mengatakan bahwa azab pasti datang (maka datanglah kepada mereka azab dari arah yang tidak mereka sangka) yang tidak mereka duga sedikit pun.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Sebagaimana mereka yang mendustakan itu.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zumar Ayat 25

Tidakkah orang-orang musyrik mekah itu mengambil pelajaran dari kehancuran umat-umat durhaka terdahulu' orang-orang yang hi-dup sebelum mereka telah mendustakan rasul-rasulnya sebagaimana me-reka mendustakan nabi Muhammad, maka saat mereka lengah datang-lah kepada mereka azab Allah secara tiba-tiba dari arah yang tidak mereka sangka. 26. Maka Allah menimpakan kepada mereka azab dan kehinaan pada kehidupan dunia serta menyiapkan bagi mereka azab yang pedih di akhirat. Dan sungguh, azab akhirat lebih besar daripada azab dunia. Kalau saja mereka mengetahui hal itu niscaya mereka akan beriman dan berbuat baik. Hanya kebodohan dan ketundukan pada hawa nafsu yang membuat mereka tersesat.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah beberapa penjelasan dari beragam mufassirun terhadap isi dan arti surat Az-Zumar ayat 25 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk kita semua. Sokong syi'ar kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Banyak Dibaca

Terdapat berbagai konten yang cukup banyak dibaca, seperti surat/ayat: Ad-Dhuha 3, Luqman, Yunus, Ali ‘Imran 31, Al-Isra 27, Yunus 40. Termasuk Al-Bayyinah 5, Ali ‘Imran 14, Al-Hujurat 6, Al-A’raf 26, Bersyukur, Al-‘Ankabut 57.

  1. Ad-Dhuha 3
  2. Luqman
  3. Yunus
  4. Ali ‘Imran 31
  5. Al-Isra 27
  6. Yunus 40
  7. Al-Bayyinah 5
  8. Ali ‘Imran 14
  9. Al-Hujurat 6
  10. Al-A’raf 26
  11. Bersyukur
  12. Al-‘Ankabut 57

Pencarian: berlomba-lomba dalam kebaikan diperintahkan allah swt di dalam salah satu firman-nya yaitu, al baqarah ayat 80 sampai 100, surat inna ma'al usri yusro, surat al-baqarah 285, surat quraisy artinya

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.