Surat Az-Zumar Ayat 19

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ุฃูŽููŽู…ูŽู†ู’ ุญูŽู‚ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูƒูŽู„ูู…ูŽุฉู ูฑู„ู’ุนูŽุฐูŽุงุจู ุฃูŽููŽุฃูŽู†ุชูŽ ุชูู†ู‚ูุฐู ู…ูŽู† ููู‰ ูฑู„ู†ู‘ูŽุงุฑู

Arab-Latin: A fa man แธฅaqqa 'alaihi kalimatul-'aลผฤb, a fa anta tungqiลผu man fin-nฤr

Artinya: Apakah (kamu hendak merubah nasib) orang-orang yang telah pasti ketentuan azab atasnya? Apakah kamu akan menyelamatkan orang yang berada dalam api neraka?

ยซ Az-Zumar 18 โœต Az-Zumar 20 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Terkait Surat Az-Zumar Ayat 19

Paragraf di atas merupakan Surat Az-Zumar Ayat 19 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi kandungan berharga dari ayat ini. Didapatkan variasi penjabaran dari berbagai ulama terkait kandungan surat Az-Zumar ayat 19, di antaranya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

apakah orang yang berhak mendapatkan keputusan azab, karena dia terus menerus di atas kesesatan dan penenentangannya, sesungguhnya tidak ada cara bagimu (wahai rasul) untuk memberinya petunjuk; maka apakah kamu mampu menyelamatkan dari neraka? tidak, kamu tidak kuasa untuk melakukan itu.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

19-20. Orang yang pasti mendapat azab akibat keingkarannya terhadap ayat-ayat Allah, tidak akan dapat kamu selamatkan dari neraka. Kamu bukanlah orang yang bertanggung jawab atasnya, sebab dia telah rela mendapat kebinasaan bagi dirinya.

Sedangkan orang -orang yang bertakwa kepada Tuhan mereka -dengan mentaati dan hanya menyembah-Nya-, maka mereka akan mendapat di dalam surga ruangan-ruangan yang dibangun saling bertingkat, dibawahnya mengalir sungai-sungai. Allah menyiapkannya bagi hamba-hamba-Nya yang bertakwa, sebagai janji yang pasti terpenuhi, karena Allah tidak mengingkari janji.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

19. Siapa yang pasti mendapat azab karena dia bersikukuh dalam kekufuran dan kesesatannya, maka kamu -wahai Rasul- tidak mampu untuk memberinya hidayah dan membimbingnya. Apakah kamu -wahai Rasul- mampu menyelamatkan orang yang sifatnya demikian dari siksa Neraka?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

19. ุฃูŽููŽู…ูŽู†ู’ ุญูŽู‚ูŽู‘ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูƒูŽู„ูู…ูŽุฉู ุงู„ู’ุนูŽุฐูŽุงุจู (Apakah (kamu hendak merubah nasib) orang-orang yang telah pasti ketentuan azab atasnya?)
Ketentuan azab yang dimaksud adalah firman Allah kepada iblis:
ู„ุฃู…ู„ุฃู† ุฌู‡ู†ู… ู…ู†ูƒ ูˆู…ู…ู† ุชุจุนูƒ ู…ู†ู‡ู… ุฃุฌู…ุนูŠู†
โ€œSesungguhnya Aku pasti akan memenuhi neraka Jahannam dengan jenis kamu dan dengan orang-orang yang mengikuti kamu di antara mereka kesemuanya.โ€ (Sad:85)
Ayat ini merupakan penghibur bagi Rasulullah karena dia sangat ingin agar kaumnya beriman, maka Allah mengabarkannya bahwa orang yang telah ditetapkan Allah dan kalimat azab telah ditentukan baginya maka Rasulullah tidak akan mampu menjadikannya orang yang beriman di dunia atau untuk menggapai tangannya agar dapat mengeluarkannya dari neraka di hari kiamat. Maka tidak ada gunanya bersedih terhadap mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

19. Maka apakah engkau akan mengubah nasib, orang-orang yang dipastikan mendapatkan adzab, karena mereka kafir, itulah firman Allah taโ€™ala: (maka kalian benar-benar akan memenuhi neraka jahannam), al aโ€™raf (18/7) apakah engkau (Muhammad) akan menyelamatkan orang-orang yang berada dalam neraka?. Makna kata (afaman) (bukankah orang) berfaidah istifham inkari untuk nafi, apakah kamu berhak memilah milih diantara manusia? Dan firman Allah (bukankah kamu) bermakna menguatkan makna inkar dan nafi, ayat tersebut menyiratkan kesedihan Rasul yang menjaga keimanan umatnya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Maka apakah orang-orang yang telah dipastikan} wajib {atasnya suatu azab. Ataukah kamu akan menyelamatkan} membebaskan {orang yang berada di dalam neraka


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

19. Maksudnya, orang-orang yang telah pasti ketentuan azab atasnya, karena ia terus dalam kesesatan, menentang dan kekufuran, maka kamu (Nabi) sama sekali tidak mempunyai jalan untuk memberinya petunjuk dan tidak pula kamu mampu menyelamatkannya dari neraka; dan itu pasti!


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 19-20
Allah SWT berfirman, "Apakah engkau mampu menyelamatkan orang yang telah ditakdirkan Allah celaka dari kesesatan dan kebinasaannya?" yaitu tidak ada seorangpun yang dapat memberinya petunjuk selain Allah SWT, karena sesungguhnya barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tiada seorangpun yang dapat memberinya petunjuk; dan barangsiapa yang diberi petunjuk Allah, maka tidak ada seorangpun yang dapat menyesatkannya.
Kemudian Allah SWT memberitahukan tentang para hambaNya yang berbahagia, bahwa bagi mereka itu ruangan-ruangan di dalam surga, yaitu berupa istana-istana (di atasnya dibangun pula tempat-tempat yang tinggi) yaitu dibangun tingkatan-tingkatan yang tinggi dan kokoh dan penuh dengan perhiasan yang tinggi.
Firman Allah SWT: (yang di bawahnya mengalir sungai-sungai) yaitu sungai-sungai itu mengalir di sela-sela itu sesuai dengan yang dikehendaki mereka dan dapat dialirkan sesuai kehendak mereka (Allah telah berjanji dengan sebenar-benarnya) yaitu, yang telah kami sebutkan di atas adalah janji Allah bagi para hambaNya yang beriman (Allah tidak akan memungkiri janjinya)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zumar ayat 19: (Apakah orang yang telah pasti ketentuan azab atasnya?) termasuk orang-orang yang digolongkan oleh firman-Nya, "Sesungguhnya akan Aku penuhi neraka jahanam..." (Q.S. As-Sajdah, 13). (Apakah kamu akan menyelamatkan) maksudnya, mengeluarkan (orang yang berada dalam neraka) kalimat ayat ini menjadi Jawab Syarath, kemudian di dalamnya terdapat Isim Zhahir yaitu lafal Man yang menduduki tempat Isim Mudhmar; dan Hamzah Istifham di sini menunjukkan makna ingkar, yakni, kamu tidak akan mampu memberikan hidayah kepadanya sehingga ia dapat kamu selamatkan dari neraka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Karena terus menerus di atas kesesatan, pembangkangan dan kekafiran setelah peringatan disampaikan berkali-kali.

Maksudnya adalah bahwa Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam tidak mampu memberi petunjuk orang yang telah ditetapkan sesat yang akan masuk neraka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zumar Ayat 19

19-20. Tugas rasul tidak lebih dari sekadar menyampaikan dakwah kepada umatnya. Hanya Allahlah yang memberi hidayah kepada yang dia kehendaki. Maka apakah orang-orang yang telah dipastikan mendapat azab karena kekafiran mereka; apakah engkau akan mampu menye-lamatkan orang yang dipastikan berada dalam api neraka' tentu tidak mampu. Tetapi, orang-orang yang bertakwa kepada tuhannya dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya, mereka mendapat kamar-kamar di surga yang di atasnya terdapat pula kamar-kamar yang dibangun bertingkat-tingkat, yang mengalir di bawahnya sungai-sungai dengan aneka rasa dan warna (lihat pula: surah mu'ammad/47: 15). Itulah janji Allah yang sebenar-benarnya. Allah tidak akan pernah memungkiri janji-Nya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah berbagai penafsiran dari banyak ahli ilmu mengenai makna dan arti surat Az-Zumar ayat 19 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk kita. Bantulah usaha kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Tersering Dilihat

Tersedia berbagai halaman yang tersering dilihat, seperti surat/ayat: Luqman, Al-‘Ankabut 57, Al-Hujurat 6, Al-A’raf 26, Ali ‘Imran 31, Al-Isra 27. Termasuk Yunus, Ali ‘Imran 14, Bersyukur, Al-Bayyinah 5, Yunus 40, Ad-Dhuha 3.

  1. Luqman
  2. Al-‘Ankabut 57
  3. Al-Hujurat 6
  4. Al-A’raf 26
  5. Ali ‘Imran 31
  6. Al-Isra 27
  7. Yunus
  8. Ali ‘Imran 14
  9. Bersyukur
  10. Al-Bayyinah 5
  11. Yunus 40
  12. Ad-Dhuha 3

Pencarian: surat al muzammil latin, latin al mursalat, surat al-kahfi ayat 28, surat an nisa ayat 84, bacaan latin surah al mulk

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: