Surat As-Saffat Ayat 165

وَإِنَّا لَنَحْنُ ٱلصَّآفُّونَ

Arab-Latin: Wa innā lanaḥnuṣ-ṣāffụn

Artinya: Dan sesungguhnya kami benar-benar bershaf-shaf (dalam menunaikan perintah Allah).

« As-Saffat 164As-Saffat 166 »

Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Kandungan Menarik Berkaitan Surat As-Saffat Ayat 165

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 165 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka kandungan menarik dari ayat ini. Terdokumentasi beraneka penjabaran dari para ahli tafsir mengenai makna surat As-Saffat ayat 165, di antaranya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

164-166 Para malaikat berkata ”tidak seorangpun dari kami kecuali dia memiliki tempat yang sudah diketahui di langit, sesungguhnya kami berdiri berbaris dalam beribadah kepada Allah dan menaatiNya dan sesungguhnya kami menyucikan Allah dari segala yang tidak layak bagiNya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

165-169. Dahulu orang-orang kafir Makkah berkata sebelum kamu diutus kepada mereka dan al-Qur’an belum diturunkan: “Seandainya datang kepada kami kitab-kitab dan para rasul sebagaimana datang kepada umat-umat sebelum kami, niscaya kami akan menjadi hamba-hamba Allah yang benar-benar beriman dan ikhlas dalam beribadah.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

165 - 166. Sesungguhnya kami -para malaikat- berdiri berbaris dengan rapi dalam beribadah dan menaati Allah. Sesungguhnya kami menyucikan Allah dari apa yang tidak layak bagi-Nya dalam sifat-sifat dan atribut-Nya.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

165. وَإِنَّا لَنَحْنُ الصَّآفُّونَ (dan sesungguhnya kami benar-benar bershaf-shaf)
Disebutkan dalam kitab shahih dan lainnya bahwa Rasulullah memerintahkan para sahabat agar berbaris sebagaimana para malaikat berbaris di hadapan Tuhan mereka. Maka para sahabat bertanya: “lalu bagaimana para malaikat berbaris di hadapan Tuhan mereka?” Beliau menjawab: “mereka melengkapi shaf-shaf terdepan terlebih dahulu dan mereka saling merapat dalam shaf.” Maka barisan para malaikat di langit seperti barisan orang-orang beriman di bumi.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

165. – 166. Sesungguhnya kami ini adalah yang terpilih dalam barisan-barisan untuk menunaikan ketaatan. Kami senantiasa bertasbih kepada Allah dari segala yang tidak patut bagi-Nya. Dulu, manusia shalat dengan menyebar, tidak dalam barisan, sehingga Allah menurunkan ayat: “Sesungguhnya kami benar-benar bershaf-shaf.” Sehingga Nabi memerintahkan mereka shalat dengan shaf atau dalam barisan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya kamilah yang dalam barisan} yang tetap pada barisan dalam menyembah Allah


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

164-166. Di sini terdapat penjelasan tentang kebenaran para malaikat dari apa yang dikatakan oleh kaum musyrikin tentang mereka, dan bahwasanya mereka adalah juga hamba-hamba Allah yang tidak pernah mendurhakaiNya sekejap mata pun. Tiada seorang pun di antara mereka melainkan mempunyai kedudukan dan tugas mengatur yang telah diperintahkan oleh Allah kepadanya, ia tidak akan melampaui atau melanggarnya, dan mereka juga sama sekali tidak mempunyai hak perintah.
“Dan sesungguhnya kami benar-benar bershaf-shaf,” dalam menaati Allah dan berbakti kepadaNya. “Dan sesungguhnya kami benar-benar bertasbih,” menyucikan Allah dari apa-apa yang tidak pantas bagiNya. Kalau sedemikian adanya maka bagaimana mereka pantas menjadi sekutu-sekutu bagi Allah? Mahasuci Allah.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 165: 164-166. Ketahuilah bahwa para malaikat ketaatan mereka kepada Allah sempurna, maka katakan kepada mereka : Tidaklah para malaikat kecuali memiliki kedudukan yang diketahui sebagai hamba Allah dan mentaati perintah-perintah-Nya, dan sesungguhan kami semua (kata malaikat) bershaf-shaf dalam ketaatan kepada Allah dan beribadah kepada-Nya, dan kami semua bertasbih kepada Allah, mensucikan-Nya atas apa yang tidak sesuai dengan kemuliaan-Nya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni dalam shalat atau dalam menaati Allah serta berkhidmat kepada-Nya.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 165

164-166. Malaikat bukanlah anak-anak perempuan Allah sebagaimana tuduhan orang musyrik. Mereka hanyalah hamba-hamba Allah yang patuh pada perintah-Nya. Malaikat berkata, 'dan tidak satu pun di antara kami melainkan masing-masing mempunyai kedudukan tertentu dalam melaksanakan tugas dan mengabdi kepada Allah, dan sesungguhnya kami selalu teratur dalam barisan untuk melaksanakan perintah-Nya. Dan sungguh, kami benar-benar terus bertasbih, menyucikan dan mengagungkan asma-Nya dari sifat-sifat yang tidak layak bagi-Nya


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Itulah sekumpulan penafsiran dari banyak mufassir mengenai isi dan arti surat As-Saffat ayat 165 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi kita. Sokonglah dakwah kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Paling Sering Dikaji

Telaah banyak topik yang paling sering dikaji, seperti surat/ayat: Bersyukur, Al-A’raf 26, Al-Hujurat 6, Al-Bayyinah 5, Yunus 40, Luqman. Ada juga Ali ‘Imran 14, Ad-Dhuha 3, Yunus, Ali ‘Imran 31, Al-‘Ankabut 57, Al-Isra 27.

  1. Bersyukur
  2. Al-A’raf 26
  3. Al-Hujurat 6
  4. Al-Bayyinah 5
  5. Yunus 40
  6. Luqman
  7. Ali ‘Imran 14
  8. Ad-Dhuha 3
  9. Yunus
  10. Ali ‘Imran 31
  11. Al-‘Ankabut 57
  12. Al-Isra 27

Pencarian: latin surat al insyiqaq, surat yasin arab dan latin saja, allah bersama orang yang sabar bahasa arab, surah an nur ayat 45, surat al qamar ayat 1

Dapatkan pahala jariyah dan juga dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Surat dan Ayat Rezeki

Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: