Quran Surat As-Saffat Ayat 100

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Arab-Latin: Rabbi hab lī minaṣ-ṣāliḥīn

Terjemah Arti: Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.

Tafsir Quran Surat As-Saffat Ayat 100

99-100 Ibrahim berkata ”sesunggunya aku berhiijrah kepada tuhanku dari negeri kaumku ke tempat dimana aku bisa beribadah kepada tuhanku. Sesungguhya dia akan menunjukan kebaikan kepadaku dalam agama dan duniawiku. wahi tuhanku, berilah aku anak yang shalih.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

100. Ya Rabbi! Berilah aku anak yang saleh sebagai pendukungku dan pengganti dari kaumku di negeri asing.”

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

100. رَبِّ هَبْ لِى مِنَ الصّٰلِحِينَ (Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh)
Yakni anak yang shalih yang membahtuku dalam ketaatan kepada-Mu dan menghiburku di negeri yang asing.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

100. Di Syam, Ibrahim berdoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Tuhan, berilah Aku anak shalih yang selalu menaatiMu, menjalankan agamaMu dan mendukungku sungguh-sungguh menaatiMu”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Pada saat itu Ibrahim hanyalah seorang diri tidak memiliki anak; Maka dia berdoa kepada Allah agar memberikan rezeki seorang anak yang shalih untuk membantu menyebarkan agama Allah.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi


100. “Ya Rabbku anugerahkanlah kepadaku,” seorang anak yang “termasuk orang-orang shalih.” Ini beliau lakukan ketika sudah skeptic dari kaumnya dan beliau telah melihat tidak adanya kebaikan pada mereka. Maka beliau berdoa kepada AAllah agar dianugerahi seorang anak yang shalih yang dijadikan bermanfaat oleh Allah di waktu beliau masih hidup dan sepeninggalnya.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Setelah Beliau sampai ke negeri yang suci.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

100. Setelah menjelaskan dialog nabi ibrahim dengan kaumnya yang ingkar, pada ayat berikut Allah beralih mengisahkan dialog nabi ibrahim dengan putranya, isma'il, tentang perintah Allah. Dia berdoa kepada Allah, 'ya tuhanku, anugerahkanlah kepadaku seorang anak yang termasuk golongan orang yang saleh dan taat menjalankan perintah-Mu dan membela agama-Mu. '101. Kami kabulkan doa nabi ibrahim tersebut, maka kami beri kabar gembira kepadanya dengan kelahiran seorang anak yang sangat sabar, cerdas, dan santun. Dialah ismail.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Lainnya: As-Saffat Ayat 101 Arab-Latin, As-Saffat Ayat 102 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti As-Saffat Ayat 103, Terjemahan Tafsir As-Saffat Ayat 104, Isi Kandungan As-Saffat Ayat 105, Makna As-Saffat Ayat 106

Terkait: « | »

Kategori: 037. As-Saffat

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi