Surat As-Saffat Ayat 71

وَلَقَدْ ضَلَّ قَبْلَهُمْ أَكْثَرُ ٱلْأَوَّلِينَ

Arab-Latin: Wa laqad ḍalla qablahum akṡarul-awwalīn

Artinya: Dan sesungguhnya telah sesat sebelum mereka (Quraisy) sebagian besar dari orang-orang yang dahulu,

« As-Saffat 70As-Saffat 72 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Terkait Surat As-Saffat Ayat 71

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 71 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam hikmah mendalam dari ayat ini. Ditemukan aneka ragam penjelasan dari kalangan mufassirun terhadap kandungan surat As-Saffat ayat 71, misalnya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sungguh kebanyakan umat-umat sebelum umatmu (wahai rasul) juga telah tersesat dari kebenaran.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

71. Hai Muhammad, Sungguh mayoritas umat sebelummu telah tersesat dari kebenaran dan petunjuk.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

71. Sungguh telah tersesat sebelum mereka kebanyakan dari orang-orang terdahulu. Kaummu -wahai Rasul- bukan orang pertama yang tersesat dari umat manusia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

71. Sunggah banyak umat sebelum kamu yang tersesat.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sungguh sebelum mereka, sebagian besar dari orang-orang yang dahulu telah tersesat


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

69-73. SEakan-akan dikatakan, Apa yang telah mengantarkan kalian ke negeri ini? Maka Allah berfirman, “Karena sesungguhnya mereka mendapati,” menemukan “bapak-bapak mereka dalam keadaan sesat. Lalu mereka sangat tergesa-gesa mengikuti jejak mereka itu,” maksudnya, mereka segera turut melakukan kesesatan, tanpa menoleh kepada apa yang diserukan oleh para rasul dan tidak pula kepada apa-apa yang telah diwanti-wantikan oleh kitab-kitab suci, serta tidak pula kepada perkataan orang-orang yang memberikan nasihat. Bahkan mereka menentangnya dengan mengatakan,
“"Sesungguhnya kami mendapati bapak-bapak kami menganut suatu agama, dan sesungguhnya kami orang-orang yang mendapat petunjuk dengan (mengikuti) jejak mereka." (Az-Zukhruf:22).
“Dan sesungguhnya telah sesat sebelum mereka,” maksudnya, sebelum orang-orang yang menjadi alamat pembicaraan, “sebagian besar dari orang-orang yang dahulu,” sedikit sekali dari mereka yang beriman dan mengambil petunjuk.
“Dan sesungguhnya telah Kami utus pemberi-pemberi peringatan di kalangan mereka,” yakni, yang mengingatkan mereka dari kesesatan, “maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang diberi peringatan itu.” Kesudahan mereka adalah kebinasaan, kehinaan, dan kenistaan. Maka hendaklah mereka waspada kalau masih tetap harus dalam kesesatannya, akan ditimpa seperti apa yang telah menimpa orang-orang terdahulu tersebut.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 71-74
Allah SWT memberitahukan tentang umat-umat terdahulu, bahwa kebanyakan dari mereka tersesat karena menjadikan tuhan-tuhan lain bersama Allah. Dan Allah SWT menyebutkan bahwa Dia telah mengutus kepada mereka para pemberi peringatan, yang memperingatkan mereka tentang azab dan pembalasan Allah terhadap orang yang ingkar kepadaNya dan menyembah kepada selainNya, dan bahwa mereka terus menentang dan mendustakan para rasul mereka. Maka Allah membinasakan dan menghancurkan orang-orang yang mendustakan para rasul itu, dan menyelamatkan, menolong, dan memenangkan orang-orang mukminOleh karena itu Allah SWT berfirman: (Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang diberi peringatan itu (73) tetapi hamba-hamba Allah yang dibersihkan (dari dosa-dosa tidak akan diazab) (­74)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 71: Allah menyebutkan bahwa kaummu wahai Nabi Allah, mereka tidak menjadikan sesuatu yang mengada-ada kecuali telah ada manusia sebelumnya yang tersesat yang mana mereka telah di utus rasul kepada mereka, yang menyeru kepada keimanan dan tauhid.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Sedikit sekali di antara mereka yang beriman dan mendapat petunjuk.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 71

Orang-orang kafir itu, tidak terkecuali kafir mekah, mendapati nenek moyang mereka sesat dan mereka dengan serta-merta mengikuti kesesatan tersebut. Dan sungguh, sebelum mereka telah sesat dari hidayah Allah sebagian besar dari orang-orang yang dahulu, 72. Dan sungguh, kami telah mengutus para rasul pemberi peringatan di kalangan mereka tentang ancaman murka dan siksa Allah, namun mereka mendustakannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beberapa penjabaran dari kalangan ulama tafsir terhadap isi dan arti surat As-Saffat ayat 71 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk ummat. Support kemajuan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Banyak Dicari

Tersedia banyak halaman yang banyak dicari, seperti surat/ayat: Ath-Thalaq 2-3, At-Tahrim 8, At-Taubah 105, Al-Hujurat 10-12, At-Taubah 122, Al-Mu’minun. Juga Al-Insyiqaq, Al-Alaq 1-5, Al-Baqarah 148, At-Takwir, Al-Insyirah 8, Al-Isra 26-27.

  1. Ath-Thalaq 2-3
  2. At-Tahrim 8
  3. At-Taubah 105
  4. Al-Hujurat 10-12
  5. At-Taubah 122
  6. Al-Mu’minun
  7. Al-Insyiqaq
  8. Al-Alaq 1-5
  9. Al-Baqarah 148
  10. At-Takwir
  11. Al-Insyirah 8
  12. Al-Isra 26-27

Pencarian: surah fatir ayat 43, latin surat al buruj, maa wadda'aka rabbuka wamaa qalaa artinya, quran surat ali imron ayat 97, al alaq ayat 6

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: