Surat Yasin Ayat 52

قَالُوا۟ يَٰوَيْلَنَا مَنۢ بَعَثَنَا مِن مَّرْقَدِنَا ۜ ۗ هَٰذَا مَا وَعَدَ ٱلرَّحْمَٰنُ وَصَدَقَ ٱلْمُرْسَلُونَ

Arab-Latin: Qālụ yā wailanā mam ba'aṡanā mim marqadinā hāżā mā wa'adar-raḥmānu wa ṣadaqal-mursalụn

Terjemah Arti: Mereka berkata: "Aduhai celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat-tidur kami (kubur)?". Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul(Nya).

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Yasin Ayat 52

Didapatkan bermacam penjelasan dari para ahli tafsir terkait kandungan surat Yasin ayat 52, sebagiannya seperti berikut:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Orang-orang yang mendustakan kebangkitan berkata dengan penuh penyesalan, ”duhai betapa celakanya kami, siapa yang mengeluarkan kami dari kubur kami?” mereka dijawab, ”inilah yang dijanjikan Allah yang maha pengasih dan disampaikan oleh para rasul yang benar. ”


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

52. Orang-orang kafir yang mendustakan Kebangkitan itu berkata dengan penuh penyesalan, "Duhai betapa meruginya kami. Siapa gerangan yang membangunkan kami dari kubur kami? Maka pertanyaan mereka pun dijawab, "Inilah yang telah Allah janjikan, ini pasti terjadi, para Rasul telah berkata benar tentang apa yang mereka sampaikan dari Rabb mereka.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

52. Setelah dibangkitkan, orang-orang yang mendustakan akan berkata dengan penuh penyesalan: “Celaka dan binasalah kami, siapa yang telah membangkitkan dan mengeluarkan kami dari kubur?”

Kemudian mereka akan dijawab: “Inilah yang dijanjikan Allah Yang Maha Pengasih dan disampaikan oleh para rasul, sekarang telah terjadi, akan tetapi kalian dahulu mendustakannya.”


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

52. قَالُوا۟ يٰوَيْلَنَا مَنۢ بَعَثَنَا مِن مَّرْقَدِنَا ۜ ۗ (Mereka berkata: “Aduhai celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat-tidur kami (kubur)?”)
Karena kebingungan akal mereka akibat melihat kengerian apa yang mereka saksikan, mereka mengira sebelumnya dalam tidur.

هٰذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمٰنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ(Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul(Nya))
Akhirnya mereka tersadar, dan merasa bahwa mereka sebelumnya mati kemudian dibangkitkan, serta mereka mengakui kebenaran para rasul di hari yang tidak bermanfaat lagi pembenaran.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

52. Orang-orang yang mengingkari hari kebangkitan berkata: “Celakalah kami! Siapakah yang mengeluarkan kami dari pembaringan?” Mereka mengatakan itu karena sangat takut. Kemudian malaikat menjawab mereka: “Ini adalah kebangkitan yang dijanjikan oleh Dzat yang Maha Pengasih kepada hamba-hambaNya. Dan para nabi dan rasul membenarkan apa yang mereka kabarkan tentangnya yaitu tentang datangnya hari kebangkitan”


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

52. dan dalam kondisi itu orang-orang yang mendustakan bersedih dan menampakan keluhan dan penyasalan. Dan mereka berkata, ’aduh celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami?” maksudnya, dari tidur kami dalam kubur. Hal ini Karena disebutkan di dalam beberapa hadits bahwa ahli kubur itu mengalami tidur pada saat-saat sebelum peniupan sangkakala.
Lalu mereka dijawab dan dikatakan kepada mereka, “inilah yang dijanjikan Allah Yang Maha Pengasih dan benarlah para rasul itu,” maksudnya, inilah yang dijanjikan oleh Allah kepada kalian dan dijanjikan oleh para rasul kepada kalian. Di sinilah tampak kebenaran mereka dengan dilihat oleh pandangan mata.
Anda jangan mengira bahwa penyertaan kata ar-rahman pada ayat ini hanya sekedar untuk informasi tentang janjiNya. Hal ini sesungguhnya adalah untuk menginformasikan bahwa pada hari yang sangat mengerikan itu mereka akan melihat sebagian dari rahmat (kasih saying-Nya yang belum pernah terlintas dalam dugaan dan tidak pernah disangka-sangka oleh siapapun, seperti difirmankanNya,
“kerajaan saat itu hanya milik Allah Yang Maha Pengasih,” (al-furqan:26)
“semua manusia tunduk kepada Allah Yang Maha Pengasih,” (thaha:108)
dan ayat-ayat lainnya yang disana disebutkan kata “ar-rahman” dalam masalah ini.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 52: Berkata orang-orang yang mendustakan hari kebangkitan: Celakalah kami, binasalah kami, siapa yang mengeluarkan kami dari kubur kami dan membangkitkan kami ?! Maka dikatakan kepada mereka: inilah hari kebangkitan yang Allah janjikan atas kalian, sedangkan kalian mengolok-olok dengannya dan meminta untuk menyegerakannya. inilah hari kebangkitan yang telah di kabarkan kepada kalian yaitu kabar dari Rasul kami yang jujur, yang telah kalian dustakan.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Pada hari itu, orang-orang yang mendustakan bersedih dan menampakkan penyesalan.

Lalu dikatakan kepada mereka.

Syaikh As Sa’diy berkata, “Jangan engkau kira bahwa disebutkan Ar Rahman (Yang Maha Pengasih) di sini hanya untuk memberitakan janji-Nya, bahkan untuk memberitahukan bahwa pada hari yang besar itu mereka akan melihat sebagian dari rahmat-Nya yang tidak pernah terlintas di pikiran dan tidak pernah disangka oleh orang-orang yang menyangka…dst.”


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 52

Orang-orang kafir itu kaget dan heran pada saat dibangkitkan. Me-reka berkata, 'celakalah kami! siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami di alam kubur'' mereka berkata demikian karena akan menghadapi kesulitan dan malapetaka yang lebih besar. Adapun orang-orang beriman akan berkata, 'inilah hari kebangkitan yang dijanjikan oleh Allah yang maha pengasih, dan benarlah apa yang disampaikan oleh rasul-rasul-Nya. '53. Teriakan sebagai pertanda kebangkitan itu hanya sekali saja, maka seketika itu mereka semua dihadapkan kepada kami untuk dihisab. Ayat ini menerangkan betapa mudah bagi Allah untuk membangkitkan seluruh umat manusia (lihat pula: surah an-na'l/16: 77).


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah variasi penjabaran dari berbagai pakar tafsir berkaitan makna surat Yasin ayat 52, semoga membawa faidah untuk kita bersama. Bantu perjuangan kami dengan mencantumkan backlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Yasin Ayat 53 Arab-Latin, Yasin Ayat 54 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Yasin Ayat 55, Terjemahan Tafsir Yasin Ayat 56, Isi Kandungan Yasin Ayat 57, Makna Yasin Ayat 58

Kategori: Surat Yaa Siin

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi