Surat Yasin Ayat 48

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَيَقُولُونَ مَتَىٰ هَٰذَا ٱلْوَعْدُ إِن كُنتُمْ صَٰدِقِينَ

Arab-Latin: Wa yaqụlụna matā hāżal-wa'du ing kuntum ṣādiqīn

Artinya: Dan mereka berkata: "Bilakah (terjadinya) janji ini (hari berbangkit) jika kamu adalah orang-orang yang benar?".

« Yasin 47Yasin 49 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Berkaitan Surat Yasin Ayat 48

Paragraf di atas merupakan Surat Yasin Ayat 48 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa pelajaran penting dari ayat ini. Diketemukan beberapa penafsiran dari beragam pakar tafsir terkait isi surat Yasin ayat 48, di antaranya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Orang-orang kafir itu berkata dalam rangka mendustakan dan meminta disegerakannya azab, ”kapan kiranya kebangkitan bila kalian adalah orang-orang yang benar dalam apa yang kalian katakan itu?”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

48. Orang-orang kafir yang mendustakan dan menghina itu bertanya: “Kapan hari kebangkitan yang kalian yakini itu akan terjadi, jika perkataan kalian itu benar?”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

48. Orang-orang kafir yang mengingkari Kebangkitan berkata dengan penuh pendustaan dan pengingkaran, “Kapan Kebangkitan itu terjadi jika kalian -wahai orang-orang Mukmin- memang benar dalam pernyataan kalian bahwa ia bakal terjadi?”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

48. وَيَقُولُونَ مَتَىٰ هٰذَا الْوَعْدُ (Dan mereka berkata: “Bilakah (terjadinya) janji ini)
Yakni janji yang kalian ancamkan kepada kami berupa azab dan hari kiamat serta menjadi penghuni neraka atau surga.

إِن كُنتُمْ صٰدِقِينَ (jika kamu adalah orang-orang yang benar?)
Dalam perkataan dan janji kalian.
Mereka mengatakan ini untuk menghina dan mengejek orang-orang beriman.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

48. Orang-orang kafir itu juga berkata kepada orang-orang mukmin dengan mengejek: “Kapankah terjadinya peristiwa yang telah dijanjikan ini, yaitu kebangkitan dari kubur, jika kalian memang orang-orang yang benar anggapannya?”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Mereka berkata,“Kapankah janji ini} kebangkitan {jika kalian adalah orang-orang yang benar


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

48-49. “dan mereka berkata,” dengan nada mendustakan dan minta agar disegerakan, “bilakah janji ini jika kamu adalah orang-orang yang benar?” Allah mengatakan, jangan kalian menganggap tidak mungkin, sebab ia sudah dekat, “mereka tidak menunggu melainkan satu teriakan saja,” yaitu tiupan sangkakala “yang akan mengambil mereka.” Maksudnya, menimpa mereka, “ketika mereka sedang bertengkar,” yakni, mereka sedang ada dalam keadaan lalai darinya, sama sekali tidak terlintas dalam htai mereka saat mereka bertengkar dan berseteru di antara sesama mereka, yang biasanya tidak ada kecuali pada waktu lalai.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 48-50
Allah SWT memberitahukan tentang keyakinan orang-orang kafir yang menganggap mustahil terjadinya hari kiamat yang berkata: (Bilakah (terjadinya) janji ini?) dan (Orang-orang yang tidak beriman kepada hari kiamat meminta supaya hari itu segera didatangkan) (Surah Asy-Syura: 18) Allah SWT berfirman: (Mereka tidak menunggu melainkan satu teriakan saja yang akan membinasakan mereka ketika mereka sedang bertengkar (49)) yaitu, tidak ada yang mereka tunggu melainkan hanya satu teriakan, dan ini hanya Allah yang lebih Mengetahui adalah tiupan sangkakala yang pertama. Ditiupkan pada sangkakala yaitu tiupan yang mengejutkan, dan manusia sedang berada di dalam pasar-pasar dan kehidupan mereka yang bersaing dan saling bertengkar di antara seperti biasanya. Ketika mereka sedang dalam keadaan seperti itu, tiba-tiba Allah SWT memerintahkan kepada malaikat Israfil. Maka Israfil melakukan tiupan yang cukup panjang, tidak ada seorangpun di permukaan bumi melainkan mendengar suara itu yang terdengar dari arah langit. Kemudian manusia yang ada digiring menuju ke padang Mahsyar pada hari kiamat dengan api yang meliputi mereka dari segala penjuru. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Lalu mereka tidak kuasa membuat suatu wasiat pun) yaitu terhadap apa yang mereka miliki, karena perkara itu lebih penting dari itu (dan tidak (pula) dapat kembali kepada keluarganya) Kemudian setelah tiupan kematian yang karenanya makhluk hidup mati semuanya selain Tuhan Yang Maha Hidup dan Maha Mengatur. Kemudian setelah itu tiupan kebangkitan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 48: Mereka orang-orang musyrik melanjutkan celaan dan hinaan mereka dengan berkata untuk mendustakan dan mengingkari: Kapan datangnya hari akhir jika kalian memang orang-orang yang jujur atas apa yang kalian dakwahkan!?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Sambil mendustakan dan meminta disegerakan azab.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 48

Tidak hanya mengingkari utusan Allah, orang-orang kafir itu juga mengingkari hari kebangkitan. Dan apabila dikatakan bahwa mereka kelak akan dibangkitkan dari kubur, mereka itu pun berkata dengan nada mengejek, 'kapan janji hari kebangkitan itu terjadi jika kamu orang yang benar dalam perkataanmu tentangnya''49. Allah mengingatkan orang-orang kafir itu bahwa mereka tidak akan menunggu lama kedatangan hari kebangkitan, melainkan ha-Nya menunggu satu teriakan saja, yaitu tiupan sangkakala pertama yang menghancurkan alam semesta. Suara sangkakala itu yang akan membinasakan mereka ketika mereka sedang bertengkar karena ia datang secara tiba-tiba (lihat pula: surah az-zukhruf/43: 66).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penjelasan dari banyak ulama tafsir berkaitan kandungan dan arti surat Yasin ayat 48 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk kita semua. Sokonglah kemajuan kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Tersering Dikunjungi

Tersedia banyak konten yang tersering dikunjungi, seperti surat/ayat: Adh-Dhuha, Al-Kafirun, Al-A’la, Yusuf 28, Al-Isra 32, Al-Hujurat 13. Termasuk Seribu Dinar, Al-Qadr, Al-Falaq, An-Naba, Al-Fatihah, Do’a Setelah Adzan.

  1. Adh-Dhuha
  2. Al-Kafirun
  3. Al-A’la
  4. Yusuf 28
  5. Al-Isra 32
  6. Al-Hujurat 13
  7. Seribu Dinar
  8. Al-Qadr
  9. Al-Falaq
  10. An-Naba
  11. Al-Fatihah
  12. Do’a Setelah Adzan

Pencarian: terjemahan surat al maun, doa mendengar adzan, al baqarah ayat 126, al ala latin, surat al maidah ayat 48, arab

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: