Surat Yasin Ayat 45

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ ٱتَّقُوا۟ مَا بَيْنَ أَيْدِيكُمْ وَمَا خَلْفَكُمْ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Arab-Latin: Wa iżā qīla lahumuttaqụ mā baina aidīkum wa mā khalfakum la'allakum tur-ḥamụn

Artinya: Dan apabila dikatakan kepada mereka: "Takutlah kamu akan siksa yang dihadapanmu dan siksa yang akan datang supaya kamu mendapat rahmat", (niscaya mereka berpaling).

« Yasin 44Yasin 46 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Tentang Surat Yasin Ayat 45

Paragraf di atas merupakan Surat Yasin Ayat 45 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam kandungan menarik dari ayat ini. Diketemukan aneka ragam penafsiran dari beragam mufassir berkaitan makna surat Yasin ayat 45, antara lain seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

bila dikatakan kepada orang-orang musyrik ”Takutlah kalian kepada perkara akhirat dan beban-beban beratnya, serta hukuman dan siksa dunia, agar kalian mendapatkan rahmat Allah,” mereka berpaling dan tidak menjawabnya


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

45. Dan jika dikatakan kepada orang-orang musyrik yang berpaling itu: “Berhati-hatilah kalian dari siksa dunia dan azab akhirat akibat kekafiran kalian, maka berimanlah kepada Tuhan kalian agar kalian mendapat rahmat dan selamat dari azab,” Maka mereka akan berpaling dan enggan beriman.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

45. Jika dikatakan kepada kaum musyrikin yang menolak untuk beriman, “Berhati-hatilah dengan amalan yang kalian siapkan untuk kehidupan Akhirat beserta kesulitan-kesulitannya yang pasti akan kalian hadapi, berhati-hatilah terhadap dunia yang pergi berlalu, semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada kalian,” mereka tidak mengindahkannya, sebaliknya mereka berpaling tanpa menghiraukan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

45. وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ اتَّقُوا۟ مَا بَيْنَ أَيْدِيكُمْ (Dan apabila dikatakan kepada mereka: “Takutlah kamu akan siksa yang dihadapanmu)
Yakni takutlah kalian dari apa yang ada dihadapan kalian berupa bencana dan musibah.

وَمَا خَلْفَكُمْ(dan siksa yang akan datang)
Dan diantaranya adalah siksa yang ada di akhirat.
Yakni jika dikatakan kepada mereka ucapan ini maka mereka akan berpaling.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

45. Jika dikatakan untuk orang-orang musyrik atau kafir itu: “Waspadalah terhadap apa yang ada di depan kalian berupa musibah atau sesuatu yang menimpa umat-umat terdahulu serta sesuatu yang ada di belakang kalian di antaranya adalah sesuatu di akhirat” Maknanya adalah waspadalah terhadap sebab-sebab kehancuran, supaya kalian dikasihi. Jauhilah hal itu. Jawab kata {Idza} dibuang dan sudah dipahami sebagai kalam setelahnya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Ketika dikatakan kepada mereka,“Waspadalah terhadap apa yang ada di hadapan kalian} berhati-hatilah terhadap apa yang akan kalian hadapu berupa perkara akhirat, maka bertakwalah {dan apa yang ada di belakang kalian} dan berhati-hatilah terhadap apa yang telah berlalu di belakang kalian berupa perkara dunia, maka jangaanlah meremehkannya {agar kalian mendapat rahmat”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

45. “dan apabila dikatakan kepada mereka, ‘takutlah kamu akan siksa yang dihadapanmu dan siksa yang akan datang,” maksudnya, seperti kondisi di alam barzakh, Hari kiamat dan berbagai hukuman di dunia, “supaya kamu mendapat rahmat,” tapi mereka tetap berpaling darinya, mereka sama sekali tidak peduli, sekalipun berbagai tanda kekuasaan Allah telah datang kepada mereka.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 45-47
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang kelanjutan orang-orang musyrik dalam kesesatan mereka dan tidak adanya kepedulian mereka terhadap dosa-dosa yang telah mereka lakukan dan terhadap masa depan yang ada di hadapan mereka, yaitu hari kiamat (Dan apabila dikatakan kepada mereka, "Takutlah kamu akan siksa yang di hadapanmu dan siksa yang akan datang”)
Mujahid berkata maknanya adalah dosa-dosa, dan yang lainnya berkata kebalikannya (supaya kamu mendapat rahmat) yaitu mudah-mudahan Allah mengasihani dan menyelamatkan kalian dari azabNya, bentuknya adalah bahwa mereka tidak diwajibkan kepada hal itu, bahkan berpaling dan berhenti darinya: (Dan sekali-kali tiada datang kepada mereka suatu tanda dari tanda-tanda kekuasaan Tuhan mereka) yaitu menunjukkan keesaanNya dan kebenaran para rasul (melainkan mereka selalu berpaling darinya) yaitu, mereka tidak mau merenungkannya, menerimanya, dan mengambil manfaat darinya.
Firman Allah: (Dan apabila dikatakan kepada mereka, "Nafkahkanlah sebagian dari rezeki yang diberikan Allah kepadamu”) yaitu apabila mereka diperintahkan untuk membelanjakan sebagian dari rezeki Allah kepada mereka untuk orang-orang fakir dan orang-orang yang membutuhkan dari kalangan orang-orang muslim (maka orang-orang yang kafir itu berkata kepada orang-orang yang beriman) yaitu tentang orang-orang beriman yang fakir, yaitu mereka berkata kepada orang mukmin yang menganjurkan mereka untuk berinfak dengan maksud menentang dalam apa yang dianjurkan kepada mereka (Apakah kami akan memberi makan kepada orang-orang yang jika Allah menghendaki tentulah Dia akan memberinya makan)
Yaitu mereka yang kalian anjurkan agar kami berinfak kepada mereka sekiranya Allah menghendaki, tentu Dia memberikan kecukupan dan memberi makan kepada mereka dari rezekiNya, dan kami sepakat dengan kehendak Allah SWT terhadap mereka (tiadalah kamu melainkan dalam kesesatan yang nyata) yaitu dalam anjuran kalian kepada kami untuk melakukan itu


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 45: Maka jika dikatakan kepada mereka orang-orang musyrik : Berhati-hatilah kalian dari adzab Allah di dunia dan dari kondisi di akhirat serta hari kiamat; Semoga kalian dirahmati, dan berhasil dari kondisi ini; Mereka berkata : Abaikan ini semua, jangan kalian jawab.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 45

Meski menyaksikan dengan nyata bukti-bukti kekuasaan Allah dan kemampuan yang Allah berikan kepada manusia untuk membuat sarana transportasi, banyak manusia tetap ingkar dan menyekutukan Allah. Dan apabila dikatakan kepada mereka, 'takutlah kamu akan siksa dunia yang di hadapanmu sebagaimana yang menimpa umat-umat terdahulu, dan azab yang akan datang kelak di akhirat agar kamu mendapat rahmat dari-Nya. '46. Dan adapun orang yang ingkar, setiap kali suatu tanda dari tanda-tanda kebesaran dan keesaan tuhan datang kepada mereka melalui para rasul dan ayat Al-Qur'an, mereka selalu berpaling darinya dengan penuh pengingkaran.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penafsiran dari banyak ahli tafsir terkait makna dan arti surat Yasin ayat 45 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi kita semua. Support dakwah kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Paling Sering Dilihat

Tersedia banyak halaman yang paling sering dilihat, seperti surat/ayat: An-Naba, Al-Kafirun, Al-Hujurat 13, Yusuf 28, Al-Isra 32, Adh-Dhuha. Termasuk Al-Qadr, Seribu Dinar, Al-A’la, Do’a Setelah Adzan, Al-Falaq, Al-Fatihah.

  1. An-Naba
  2. Al-Kafirun
  3. Al-Hujurat 13
  4. Yusuf 28
  5. Al-Isra 32
  6. Adh-Dhuha
  7. Al-Qadr
  8. Seribu Dinar
  9. Al-A’la
  10. Do’a Setelah Adzan
  11. Al-Falaq
  12. Al-Fatihah

Pencarian: ya ma'syarol jinni wal insi, akhir surat al baqarah 3 ayat, surat al hajj ayat 27 untuk jodoh latin, doa selesai sholat dhuha, inna anzalnahu

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: