Quran Surat Yasin Ayat 30

Dapatkan Amal Jariyah

يَٰحَسْرَةً عَلَى ٱلْعِبَادِ ۚ مَا يَأْتِيهِم مِّن رَّسُولٍ إِلَّا كَانُوا۟ بِهِۦ يَسْتَهْزِءُونَ

Arab-Latin: Yā ḥasratan 'alal-'ibād, mā ya`tīhim mir rasụlin illā kānụ bihī yastahzi`ụn

Terjemah Arti: Alangkah besarnya penyesalan terhadap hamba-hamba itu, tiada datang seorang rasulpun kepada mereka melainkan mereka selalu memperolok-olokkannya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Betapa merugi dan menyesal para hamba di hari kiamat saat mereka menyaksikan azab secara langsung, karena sebelumnya mereka tidak didatangi seorang utusan dari utusan-utusan Allah kecuali mereka menghina dan memperolok-oloknya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

30. Betapa dalam penyesalan dan kesedihan orang-orang yang mendustakan pada hari Kiamat manakala mereka menyaksikan azab. Hal itu karena semasa mereka hidup di dunia, tidak seorang pun rasul datang kepada mereka dari sisi Allah kecuali mereka mengejek dan memperolok-oloknya. Maka akibat yang harus mereka pikul adalah penyesalan pada hari Kiamat atas kelalaian mereka terhadap hak-hak Allah.

Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

30. “Duhai penyesalan para hamba pada hari kiamat, ketika mereka menyaksikan azab akibat hinaan dan kekafiran yang mereka berikan saat menghadapi para rasul yang telah Allah utus kepada mereka.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

30. يٰحَسْرَةً عَلَى الْعِبَادِ ۚ (Alangkah besarnya penyesalan terhadap hamba-hamba itu)
Yakni hai kalian menyesal-lah dengan sedalam-dalamnya.
Pendapat lain mengatakan bahwa ini merupakan penyesalan para maliakat terhadap orang-orang kafir saat mereka mendustakan para rasul.

مَا يَأْتِيهِم مِّن رَّسُولٍ إِلَّا كَانُوا۟ بِهِۦ يَسْتَهْزِءُونَ(tiada datang seorang rasulpun kepada mereka melainkan mereka selalu memperolok-olokkannya)
Ini merupakan sebab dari penyesalan itu.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

30. Ini adalah saat merugi bagi para hamba yang mendustakan para rasul, yaitu hari kiamat. Apa saja yang diserukan oleh para rasul menuju keimanan, kebaikan dan kebahagiaan itu tidak lain kecuali mereka mengolok-oloknya dan mendustakan risalahnya.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Allah menjelaskan akhir dari orang-orang yang berdosa, Allah berkata : Wahai orang-orang yang merugi, orang-orang yang menyesal karena mendustakan dan mengingkari Rasul, Allah akan mengazab ketika di dunia dan juga pada hari kiamat ketika mereka melihat azab dengan mata-mata mereka sendiri. Karena sebab mereka telah mengolok-olok atas setiap utusan Allah yang datang kepada mereka, yang para rasul tersebut berharap akan ketaatan mereka kepada Allah dan memperingatkan mereka dari azab Allah.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

30. Allah berfirman dengan nada prihatin kepada manusia “alangkah besarnya penyesalan terhadap hamba-hamba itu. Tidaklah datang seorang rasul pun kepada mereka melainkan mereka selalu memperolok-olokannya.” Artinya alangkah hebatnya kesengsaraan mereka dan betapa panjang penderitaan mereka serta betapa bodohnya mereka karena mereka bersifat buruk seperti itu, sifat yang menjadi sebab bagi segala kesengsaraan, azab, dan hukuman.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman menaruh kasihan kepada hamba-hamba itu.

Yakni alangkah besar kesengsaraan mereka.

Yang mendustakan para rasul lalu mereka dibinasakan.

Inilah sebab yang mebuat mereka dibinasakan dan mendapatkan penyesalan.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Orang-orang yang mendustakan para rasul akan menyesal pada hari kiamat. Alangkah besar penyesalan terhadap hamba-hamba itu, setiap datang seorang rasul yang menyeru kepada mereka agar beriman kepada Allah dan menempuh jalan yang benar, mereka selalu memperolok-olokkan bahkan membunuh-Nya. 31. Dengan berita yang orang-orang musyrik mekah terima dari rasulullah, tidakkah mereka mengetahui berapa banyak umat-umat sebelum mereka yang telah kami binasakan akibat pengingkaran mereka kepada utusan Allah' padahal kami telah menetapkan bahwa orang-orang yang telah kami binasakan itu tidak ada yang kembali lagi kepada mereka. Me-reka tidak akan kembali ke dunia.

Lainnya: Yasin Ayat 31 Arab-Latin, Yasin Ayat 32 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Yasin Ayat 33, Terjemahan Tafsir Yasin Ayat 34, Isi Kandungan Yasin Ayat 35, Makna Yasin Ayat 36

Terkait: « | »

Kategori: 036. Yaa Siin

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi