Surat Saba Ayat 40

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ جَمِيعًا ثُمَّ يَقُولُ لِلْمَلَٰٓئِكَةِ أَهَٰٓؤُلَآءِ إِيَّاكُمْ كَانُوا۟ يَعْبُدُونَ

Arab-Latin: Wa yauma yaḥsyuruhum jamī'an ṡumma yaqụlu lil-malā`ikati a hā`ulā`i iyyākum kānụ ya'budụn

Artinya: Dan (ingatlah) hari (yang di waktu itu) Allah mengumpulkan mereka semuanya kemudian Allah berfirman kepada malaikat: "Apakah mereka ini dahulu menyembah kamu?".

« Saba 39Saba 41 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Tentang Surat Saba Ayat 40

Paragraf di atas merupakan Surat Saba Ayat 40 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa tafsir mendalam dari ayat ini. Tersedia beberapa penjelasan dari beragam ahli tafsir mengenai isi surat Saba ayat 40, sebagiannya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan ingatlah (wahai rasul) hari di mana Allah akan mengumpulkan orang-orang musyrik dan apa-apa yang disembah selain Allah dari kalangan malaikat, kemudian Allah berfirman kepada para malaikat sebagai pengingkaran atas orang-orang yang menyembah mereka, “Apakah kalian itu yang mereka sembah selain Kami?’


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

40. Dan ingatlah ketika Allah mengumpulkan orang-orang musyrik dengan apa yang mereka sembah, kemudian Allah berfirman kepada para malaikat: “Apakah dahulu mereka menyembah kalian?” Pertanyaan ini merupakan olokan dan pengingkaran terhadap orang-orang musyrik.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

40. Ingatlah -wahai Rasul- pada hari di saat Allah mengumpulkan mereka semuanya kemudian Allah berfirman kepada para Malaikat dalam rangka menetapkan kesalahan kaum musyrikin dan mencela mereka, “Apakah orang-orang itu menyembah kalian selain Allah di dunia?”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

40. وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ جَمِيعًا (Dan (ingatlah) hari (yang di waktu itu) Allah mengumpulkan mereka semuanya)
Untuk mengadakan perhitungan. Allah akan mengumpulkan semuanya baik itu sesembahan dan orang yang menyembah, dan para pemimpin dan orang yang mengikuti.

ثُمَّ يَقُولُ لِلْمَلٰٓئِكَةِ أَهٰٓؤُلَآءِ إِيَّاكُمْ كَانُوا۟ يَعْبُدُونَ(kemudian Allah berfirman kepada malaikat: “Apakah mereka ini dahulu menyembah kamu?”)
kalimat ini sebagai hinaan dan celaan bagi orang yang menyembah selain Allah.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

40. Dan hari di mana Allah mengumpulkan seluruh orang kafir untuk dihisab yaitu yang menyembah dan yang disembah, yang sombong dan yang lemah lalu Dia berfirman kepada para malaikat dengan mengejek dan mengolok-olok orang-orang musyrik itu: “Bukankah mereka yang menyembah kalian? Apakah kalian memerintahkan mereka untuk menyembah kalian?”. Firman kepada malaikat itu karena mereka adalah sebaik-sebaik sekutu mereka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Pada hari ketika Dia mengumpulkan mereka semua, kemudian berfirman kepada malaikat,“Apakah hanya kepada kalian mereka menyembah”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

40-41. “Dan (ingatlah) pada hari Allah mengumpulkan mereka semuanya,” yakni, para penyembah kepada selain Allah dan sesembahan-sesembahan selain Allah dari golongan malaikat, “kemudian Dia berfirman” yaitu Allah “kepada malaikat,” dengan nada mencela orang-orang yang menyembahnya, “Apakah mereka ini dahulu menyembah kamu?” maka malaikat pun berlepas diri dari penyembahan mereka,
dan “mereka menjawab, ‘Mahasuci Engkau’,” maksudnya, untuk menyucikanMu dan mengquduskanMu dari sekutu ataupun tandingan, “Engkaulah pelindung kami, bukan mereka.” Kami sangat membutuhkan perlindunganMu lagi sangat memerlukannya, lalu bagaimana mungkin kami mengajak makhluk selain kami untuk beribadah (menyembah) kepada kami? Atau bagaimana mungkin kami akan menjadikan diri kami sebagai pelindung dan sekutu dari selain Engkau. Akan tetapi kaum musyrikin itu “telah menyembah jin" yakni setan telah memerintah mereka untuk menyembah kami atau menyembah selain kami, lalu mereka menaatinya. Ketaatan mereka kepada setan-setan itulah wujud penyembahan mereka, sebab ibadah itu adalah ketaatan, seperti yang difirmankan Allah kepada setiap orang yang menyembah sembahan-sembahan selain Dia,
"Bukankah Aku telah memerintahkan kepadamu hai Bani Adam supaya kamu tidak menyembah setan? Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu",dan hendaklah kamu menyembah-Ku. Inilah jalan yang lurus." (Yasin:60-61).
“Kebanyakan mereka beriman kepada jin itu.” Maksudnya, mereka membenarkan jin dan tunduk patuh kepada mereka, sebab iman itu adalah pembenaran yang mewajibkan sikap tunduk.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 40-42
Allah SWT memberitahukan bahwa pada hari kiamat Dia mengecam orang-orang musyrik di hadapan semua makhluk. Lalu Allah menanyai para malaikat yang mereka anggap sebagai sembahan-sembahan mereka yang merka anggap bahwa para malaikat itu dapat mendekatkan diri kepada Allah. Maka Allah berfirman kepada para malaikat: (Apakah mereka ini dahulu menyembah kamu?) yaitu, apakah kalian yang memerintahkan mereka untuk menyembah kalian, sebagaimana Allah berfirman dalam surah Al-Furqan: (Apakah kamu yang menyesatkan hamba-hamba-Ku itu, atau mereka sendiri yang sesat dari jalan (yang benar)?) (Surah Al-Furqan: 17) Demikianlah yang dikatakan para malaikat: (Maha Suci Engkau) yaitu Maha Tinggi dan Maha Suci Engkau, dari adanya tuhan lain bersamaMu (Engkaulah Pelindung kami, bukan mereka) yaitu, kami adalah hamba-hambaMu dan kami berlepas diri kepadaMu dari apa yang mereka lakukan (bahkan mereka telah menyembah jin) yaitu menyembah setan-setan, karena setan-setanlah yang membujuk mereka untuk menyembah berhala-berhala dan menyesatkan mereka (kebanyakan mereka beriman kepada jin itu) Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Yang mereka sembah selain Allah itu tidak lain hanyalah berhala, dan (dengan menyembah berhala itu) mereka tidak lain hanyalah menyembah setan yang durhaka (117) yang dilaknati Allah) (Surah An-Nisa: 117,118)
Allah SWT berfirman: (Maka pada hari ini sebagian kamu tidak berkuasa (untuk memberikan) kemanfaatan dan tidak pula kemudaratan kepada sebagian yang lain) yaitu kalian tidak akan memperoleh manfaat dari berhala-berhala yang kalian harapkan dan seru saat kalian mendapat kesulitan dan musibah. Pada hari ini mereka tidak memiliki manfaat atau mudharat kepada kalian.
(Dan Kami katakan kepada orang-orang yang zalim) yaitu orang-orang musyrik (Rasakanlah olehmu azab neraka yang dahulunya kamu dustakan itu”) yaitu dikatakan kepada mereka sebagai kecaman dan cemoohan


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Saba ayat 40: Ingatkanlah wahai Nabi Allah kepada mereka orang-orang kafir semuanya tentang hari pengumpulan dan hari di mana dikumpulkan sesembahan-sesembahan selain Allah dari para malaikat. Kemudian Allah berkata kepada para malaikat dengan penghinaan kepada orang-orang musyrik : Apakah mereka yang dahulu oleh kalian, kalian sembah selain-Ku ?!!


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni orang-orang musyrik.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Saba Ayat 40

Sebagian kaum musyrik menyembah malaikat karena menduga bahwa malaikat adalah sumber rezeki yang mereka peroleh. Kelak di akhirat orang-orang musyrik akan dipertemukan dengan sembahan mereka tersebut. Dan ingatlah pada hari ketika Allah mengumpulkan mereka semuanya untuk dihisab, kemudian dia berfirman kepada para malaikat, 'apakah kepadamu mereka ini dahulu menyembah'' setujukah kamu dengan penyembahan itu atau bahkan memintanya'41. Para malaikat itu menjawab, 'mahasuci engkau. Engkaulah pelindung dan sembahan kami, bukan mereka. Kami terbebas dari apa yang mereka kerjakan, bahkan mereka telah menyembah jin yang durhaka, yaitu setan, dan kebanyakan mereka beriman kepada jin itu. ' hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang durhaka kepada Allah akibat tergoda rayuan setan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah bermacam penjabaran dari banyak pakar tafsir mengenai makna dan arti surat Saba ayat 40 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi kita. Support kemajuan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Banyak Dilihat

Terdapat ratusan konten yang cukup banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Isra 26-27, At-Tahrim 8, At-Takwir, Ath-Thalaq 2-3, At-Taubah 122, Al-Insyiqaq. Juga Al-Alaq 1-5, Al-Insyirah 8, Al-Mu’minun, Al-Baqarah 148, Al-Hujurat 10-12, At-Taubah 105.

  1. Al-Isra 26-27
  2. At-Tahrim 8
  3. At-Takwir
  4. Ath-Thalaq 2-3
  5. At-Taubah 122
  6. Al-Insyiqaq
  7. Al-Alaq 1-5
  8. Al-Insyirah 8
  9. Al-Mu’minun
  10. Al-Baqarah 148
  11. Al-Hujurat 10-12
  12. At-Taubah 105

Pencarian: surat al infitar dan artinya, surat al mulk ayat 1 10 beserta arti dan latinnya, al ankabut ayat 7, almaidah ayat 105, surat al hasyr 21

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: