Surat Al-Ahzab Ayat 15

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَلَقَدْ كَانُوا۟ عَٰهَدُوا۟ ٱللَّهَ مِن قَبْلُ لَا يُوَلُّونَ ٱلْأَدْبَٰرَ ۚ وَكَانَ عَهْدُ ٱللَّهِ مَسْـُٔولًا

Arab-Latin: Wa laqad kānụ 'āhadullāha ming qablu lā yuwallụnal-adbār, wa kāna 'ahdullāhi mas`ụlā

Artinya: Dan sesungguhnya mereka sebelum itu telah berjanji kepada Allah: "Mereka tidak akan berbalik ke belakang (mundur)". Dan adalah perjanjian dengan Allah akan diminta pertanggungan jawabnya.

« Al-Ahzab 14Al-Ahzab 16 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Terkait Surat Al-Ahzab Ayat 15

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Ahzab Ayat 15 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa tafsir penting dari ayat ini. Diketemukan beberapa penafsiran dari para mufassirun terkait isi surat Al-Ahzab ayat 15, sebagiannya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan sungguh sebelumnya orang-orang munafik itu telah berjanji kepada Allah melalui tangan rosul-Nya sebelum perang Khandak untuk tidak lari jika mereka mengikuti peperangan dan tidak tertinggal darinya bila mereka diajak berjihad, akan tetapi mereka mengkhianati janji mereka, dan Allah akan menghisab mereka atas perbuatan mereka dan meminta pertanggungjawaban mereka atas janji mereka, karena perjanjian dengan Allah harus dipertangungjawabkan dan dihisab atasnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

15. Sebelumnya orang-orang munafik pernah berjanji kepada Allah setelah pelarian mereka dari peperangan pada perang Uhud, jika Allah membiarkan mereka menyaksikan perang yang lain lagi niscaya mereka akan ikut berperang melawan musuh dan tidak akan lari karena rasa takut dari musuh mereka. Akan tetapi mereka mengingkari janji. Seorang hamba itu akan dimintai pertanggungjawaban atas janjinya terhadap Allah, dan niscaya ia akan ditanya tentang hal itu.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

15. وَلَقَدْ كَانُوا۟ عٰهَدُوا۟ اللهَ مِن قَبْلُ لَا يُوَلُّونَ الْأَدْبٰرَ ۚ (Dan sesungguhnya mereka sebelum itu telah berjanji kepada Allah: “Mereka tidak akan berbalik ke belakang (mundur)”)
Mereka tidak ikut dalam perang Badar dan menyaksikan kemuliaan dan kemenangan yang Allah berikan kepada para pasukan perang Badar, sehingga mereka berkata: “jika saja Allah memberikan kami kesempatan untuk bertemu peperangan sekali lagi niscaya kami benar-benar akan ikut berperang.” Terdapat pendapat mengatakan mereka adalah orang-orang dari Bani Haritsah dan Bani Salamah.

وَكَانَ عَهْدُ اللهِ مَسْـُٔولًا(Dan adalah perjanjian dengan Allah akan diminta pertanggungan jawabnya)
Yakni akan dituntut untuk menepatinya, dan akan dibalas hukuman jika mengingkarinya.
Allah mengingatkan mereka kepada janji mereka dengan Rasulullah untuk menolong dan melindungi beliau jika beliau telah berhijrah ke kota mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

15. Sesungguhnya sebelum ini, orang-orang munafik yang meminta izin untuk kembali/pulang, mereka telah berjanji kepada Allah dan rasul-Nya sesudah perang Badr dan sebelum perang Ahzab untuk tidak melarikan diri dan tidak menyerah dari medan perang. Maksud al adbar adalah waktu dhuhur. Sesungguhnya janji di hadapan Allah akan dimintai pertanggungjawaban untuk dipenuhi pada hari kiamat, serta akan diperhitungkan.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sungguh mereka sebelum itu benar-benar telah berjanji kepada Allah untuk tidak berbalik ke belakang} tidak lari dari musuh mereka {dan perjanjian dengan Allah itu akan diminta pertanggung jawabannya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

15. Ini adalah kondisi mereka. Padahal mereka sebenarnya sudah “berjanji kepada Allah sebelum itu, ‘Mereka tidak akan berbalik ke belakang.’ Dan perjanjian dengan Allah akan diminta pertanggungan jawabnya.” Dia akan meminta pertanggung jawaban atas janji itu. Namun ternyata mereka telah merusaknya. Lalu apa perkiraan mereka kalau bersikap begitu dengan Rabb mereka?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 14-17
Allah SWT memberitahukan tentang mereka yang berkata: ("Sesungguhnya rumah-rumah kami terbuka (tidak ada penjaga).” Dan rumah-rumah itu sekali-kali tidak terbuka, mereka tidak lain hanyalah hendak lari) (Surah Al-Ahzab: 13) bahwa seandainya musuh memasuki mereka dari semua penjuru Madinah atau dari salah satu celahnya yang terbuka dari pertahanan, kemudian mereka diminta untuk masuk ke dalam kekafiran, maka mereka akan kafir dengan cepat, tanpa memelihara keimanan mereka dan tidak berpegang teguh kepadanya karena ketakutan dan kaget yang menimpa mereka. Demikian itu ditafsirkan oleh Qatadah, Abdurrahman bin Zaid, dan Ibnu Jarir. Ini merupakan celaan yang berat kepada mereka.
Kemudian Allah memberitahukan mereka tentang apa yang mereka janjikan kepada Allah sebelum peristiwa yang menakutkan itu, bahwa mereka tidak akan membalikkan punggung mereka dan tidak akan lari dari medan perang (Dan adalah perjanjian dengan Allah akan diminta per­tanggungjawabannya) yaitu sesungguhnya Allah SWT akan meminta pertanggungjawaban mereka tentang hal itu, dan ini merupakan suatu kepastian. Kemudian Allah SWT memberitahukan kepada mereka bahwa tindakan melarikan diri mereka dari medan perang tidak dapat menangguhkan ajal mereka dan memperpanjang usia mereka, bahkan adakalanya hal itu menjadi penyebab Dia menyegerakan azab mereka secara tiba-tiba. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (dan jika (kamu terhindar dari kematian), kamu tidak juga akan mengecap kesenangan kecuali hanya sebentar saja) yaitu setelah kalian melarikan diri (Katakanlah, "Kesenangan di dunia ini hanya sebentar, dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertakwa”) (Surah An-Nisa: 77)
Kemudian Allah SWT berfirman: (Katakanlah, "Siapakah yang dapat melindungi kamu dari (takdir) Allah) yaitu melindungi kalian (jika Dia menghendaki bencana atasmu atau menghendaki rahmat untuk dirimu?” Dan orang-orang munafik itu tidak memperoleh bagi mereka pelindung dan penolong selain Allah) yaitu, tidak ada seorangpun yang dapat melindungi dan menolong mereka dan orang-orang selain mereka selain Allah SWT


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Ahzab ayat 15: 14-15. Walaupun seandainya orang-orang musyrik Madinah masuk dan menyerbu kemudian meminta orang-orang munafik untuk menyekutukan Allah dan kufur kepada Nabi-Nya ﷺ, sungguh mereka akan memenuhi seruan mereka dengan segera.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Ahzab Ayat 15

Dan sungguh, sebelum itu, yaitu pada perang uhud, mereka telah berjanji kepada Allah di hadapan rasulullah bahwa mereka tidak akan berbalik ke belakang atau mundur dari medan perang. Dan mereka lupa bahwa perjanjian dengan Allah akan diminta pertanggungjawabannya di hari kiamat kelak. -.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beragam penjabaran dari banyak mufassirun berkaitan isi dan arti surat Al-Ahzab ayat 15 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita semua. Dukung dakwah kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Tersering Dicari

Terdapat ratusan materi yang tersering dicari, seperti surat/ayat: At-Taubah 122, At-Tahrim 8, Al-Alaq 1-5, Al-Hujurat 10-12, Ath-Thalaq 2-3, At-Taubah 105. Ada pula At-Takwir, Al-Mu’minun, Al-Isra 26-27, Al-Insyirah 8, Al-Baqarah 148, Al-Insyiqaq.

  1. At-Taubah 122
  2. At-Tahrim 8
  3. Al-Alaq 1-5
  4. Al-Hujurat 10-12
  5. Ath-Thalaq 2-3
  6. At-Taubah 105
  7. At-Takwir
  8. Al-Mu’minun
  9. Al-Isra 26-27
  10. Al-Insyirah 8
  11. Al-Baqarah 148
  12. Al-Insyiqaq

Pencarian: hal ataka, al baqarah ayat 200-210, surat yusuf ayat 11 isymam, surah 2 ayat 1, surat al baqarah ayat 21-30

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: