Surat As-Sajdah Ayat 30

فَأَعْرِضْ عَنْهُمْ وَٱنتَظِرْ إِنَّهُم مُّنتَظِرُونَ

Arab-Latin: Fa a'riḍ 'an-hum wantaẓir innahum muntaẓirụn

Artinya: Maka berpalinglah kamu dari mereka dan tunggulah, sesungguhnya mereka (juga) menunggu.

« As-Sajdah 29Al-Ahzab 1 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Tafsir Menarik Terkait Surat As-Sajdah Ayat 30

Paragraf di atas merupakan Surat As-Sajdah Ayat 30 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan tafsir menarik dari ayat ini. Diketemukan sekumpulan penjelasan dari kalangan ahli tafsir berkaitan isi surat As-Sajdah ayat 30, misalnya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Berpalinglah (wahai Rasul) dari orang-orang musyrik itu. Tidak usah mempedulikan pendustaan mereka. Dan tunggulah apa yang akan Allah lakukan terhadap mereka. Sesungguhnya mereka menunggu dan menanti akhir yang buruk menimpa kalian. Allah akan merendahkan dan menghinakan mereka serta menenangkanmu atas mereka, dan Allah telah melakukan hal itu, segala puji bagiNya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

30. Maka berpalinglah -wahai Rasul- dari mereka setelah mereka terus menerus berada dalam kesesatan mereka dan tunggulah siksa Allah yang akan menimpa mereka. Sesungguhnya mereka itu menunggu siksa yang kamu janjikan.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

30. فَأَعْرِضْ عَنْهُمْ(Maka berpalinglah kamu dari mereka)
Yakni dari kejahilan dan pendustaan mereka. Dan janganlah kamu tanggapi mereka melainkan dengan apa yang telah diperintahkan kepadamu.

وَانتَظِرْ إِنَّهُم مُّنتَظِرُونَ(dan tunggulah, sesungguhnya mereka (juga) menunggu)
Yakni tunggulah hari kemenangan, yaitu hari kiamat. Sebab mereka juga menunggu-nunggu musibah bagimu seperti kematian atau kekalahan.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

30. Kemudian rasul berpaling dari kaum musyrik. Dan tidak menghiraukan kedustaan mereka, dan tunggulah hidayah datang dan wujud janji sebab kerusakan yang telah mereka lakukan yaitu pada hari kiamat. Sesungguhnya mereka menunggu khabar darimu berupa khabar kematian, pembunuhan atau yang menimpamu. Dan ini sebelum adanya perintah membunuh/memerangi mereka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Maka berpalinglah dari mereka dan tunggulah. Sesungguhnya mereka juga menunggu}


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


30. “Maka berpalinglah kamu dari mereka,” setelah perkataan mereka kepadamu dan kezhaliman mereka telah sampai pada tingkat kejahilan dan setelah permintaan agar azab disegerakan. “Dan tunggulah,” perkaranya yang akan menimpa mereka, akan tetapi ia memunyai waktu batas akhir, yang apabila datang, maka tidak akan diakhirkan lagi, “sesungguhnya mereka juga menunggu,” yakni menunggumu celaka, dan mereka menanti-nanti kesempatan buruk terhadap kalian. Dan keselamatan itu adalah untuk ketakwaan.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 28-30
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang orang-orang kafir yang tergesa-gesa terjadinya azab, murka, dan pembalasan Allah menimpa mereka karena anggapan mustahil, kedustaan dan keingkaran mereka (Dan mereka bertanya, "Bilakah kemenangan itu (datang)) yaitu kapankah kamu menang atas kami, wahai Muhammad? Sebagaimana yang kamu duga, bahwa kamu akan menadapatkan kemenangan atas kami dan kamu dapat membalas kami, kapankan hal itu terjadi? Tidaklah kami melihat kamu dan semua sahabatmu, melainkan bersembunyi ketakutan dan hina. Allah SWT berfirman: (Katakanlah, "Pada hari kemenangan itu”) yaitu ketika pembalasan, murka dan kemarahan Allah telah menimpa kalian di dunia dan akhirat ("Tidak berguna bagi orang-orang kafir iman mereka dan tidak (pula) mereka diberi tangguh”) sebagaimana Allah SWT berfirman: (Maka tatkala datang kepada mereka rasul-rasul (yang diutus kepada) mereka dengan membawa keterangan-keterangan, mereka merasa senang dengan pengetahuan yang ada pada mereka) (Surah Ghafir: 83).
Sesungguhnya makna yang dimaksud dengan “al-fath” adalah hanyalah peradilan dan keputusan, yaitu sebagaimana firman Allah: (maka itu adakanlah suatu keputusan antara aku dan mereka) (Surah Asy-Syu'ara: 118) dan firmanNya: (Katakanlah, "Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dia Yang Maha Pemberi keputusan, Maha Mengetahui" (26)) (Surah Saba’) dan (Dan mereka memohon kemenangan (atas musuh-musuh mereka) dan binasalah semua orang yang berlaku sewenang-wenang lagi keras kepala (15)) (Surah Ibrahim)
Kemudian Allah SWT berfirman: (Maka berpalinglah kamu dari mereka dan tunggulah, sesungguhnya mereka (juga) menunggu) yaitu, berpalinglah dari orang-orang musyrik itu dan sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Sebagaimana firmanNya: (Ikutilah apa yang telah diwahyukan kepadamu dari Tuhanmu; tidak ada Tuhan selain Dia; dan berpalinglah dari orang-orang musyrik (106)) (Surah Al-An'am) Dan tunggulah, karena sesungguhnya Allah akan menunaikan kepadamu apa yang Dia janjikan kepadamu, dan Dia akan menolongmu dalam menghadapi orang-orang yang menentangmu. Sesungguhnya Dia tidak akan mengingkari janji.
Firman Allah: (sesungguhnya mereka (juga) menunggu) yaitu engkau menunggu. Mereka menunggu dan mengintai kelengahanmu (Bahkan mereka mengatakan, "Dia adalah seorang penyair yang kami tunggu-tunggu kecelakaan menimpanya” (30)) (Surah Ath-Thur) Maka kamu akan menyaksikan akibat dari kesabaranmu terhadap mereka dan menyampaikan risalah Allah, yaitu Aku akan menolong dan mendukungmu. Mereka akan mendapati akibat dari apa yang mereka tunggu-tunggu terhadapmu dan sahabat-sahabatmu, yaitu siksaan dan azab Allah yang menimpa dan membinasakan mereka


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Sajdah ayat 30: Allah mengakhir surat ini dengan memerintahkan kepada Nabi ﷺ agar berpaling dari orang-orang yang kafir, dan tidak menghiraukan pengingkaran mereka, dan agar Nabi menunggu sampai datangnya pertolongan Allah, karena sesungguhnya mereka orang-orang kafir juga menunggu apa yang akan engkau inginkan dan akan terus mencoba mengotak-atik urusanmu, akan tetapi engkau akan mendapatkan balasan yang baik (dan juga) bagi mereka yang bertakwa.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ketika percakapan mereka menjadi kebodohan dan meminta disegerakan azab.

Peristiwa dahsyat yang akan menimpa mereka. Karena azab itu sudah harus menimpa mereka, akan tetapi ada waktunya yang jika datang tidak dapat dimajukan dan tidak dapat ditunda.

Mereka pun sama menunggu musibah yang menimpa Beliau, seperti kematian atau terbunuh. Padahal kesudahan yang baik akan diberikan kepada orang-orang yang bertakwa.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Sajdah Ayat 30

29-30. Allah memberi petunjuk kepada nabi Muhammad untuk menanggapi pertanyaan kaum kafir itu. Katakanlah, 'ketahuilah, pada hari kemenangan itu, yaitu hari kiamat ketika setiap manusia akan memperoleh putusan dan balasan dengan adil, tidak berguna lagi bagi orang-orang kafir itu keimanan mereka dan mereka tidak diberi penangguhan untuk dikembalikan ke dunia supaya bertobat, beriman, dan beramal saleh. ' maka, wahai nabi Muhammad, berpalinglah engkau dari mereka. Abaikanlah pendustaan mereka dan tunggulah masa ketika Allah mendatangkan janji-Nya dengan memenangkan orang beriman atas orang kafir, sesungguhnya mereka juga menunggu kapan kalian mati atau terbunuh dalam perang. []1. Wahai nabi! bertakwalah kepada Allah dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya; dan karenanya janganlah engkau menuruti keinginan orang-orang kafir agar engkau berpaling dari ketaatan kepada Allah, dan janganlah engkau menuruti kehendak orang-orang munafik agar engkau duduk bersama mereka dan menjauhi kaum duafa. Sesungguhnya Allah maha mengetahui akibatnya, mahabijaksana dalam segala firman dan aturan-Nya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah variasi penjelasan dari berbagai ahli tafsir mengenai makna dan arti surat As-Sajdah ayat 30 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah bagi kita semua. Bantulah perjuangan kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Banyak Dicari

Ada banyak konten yang banyak dicari, seperti surat/ayat: Yasin, Shad 54, Ayat Kursi, Al-Kautsar, Do’a Sholat Dhuha, Al-Baqarah. Juga Ar-Rahman, Asmaul Husna, Al-Ikhlas, Al-Mulk, Al-Kahfi, Al-Waqi’ah.

  1. Yasin
  2. Shad 54
  3. Ayat Kursi
  4. Al-Kautsar
  5. Do’a Sholat Dhuha
  6. Al-Baqarah
  7. Ar-Rahman
  8. Asmaul Husna
  9. Al-Ikhlas
  10. Al-Mulk
  11. Al-Kahfi
  12. Al-Waqi’ah

Pencarian: surat thaha ayat 25-28, qs al hujurat ayat 12, surat az zalzalah, al qamar ayat 49, surat yasin ayat 58

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: