Surat Ar-Rum Ayat 26

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَلَهُۥ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ كُلٌّ لَّهُۥ قَٰنِتُونَ

Arab-Latin: Wa lahụ man fis-samāwāti wal-arḍ, kullul lahụ qānitụn

Artinya: Dan kepunyaan-Nya-lah siapa saja yang ada di langit dan di bumi. Semuanya hanya kepada-Nya tunduk.

« Ar-Rum 25Ar-Rum 27 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Berkaitan Dengan Surat Ar-Rum Ayat 26

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Rum Ayat 26 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam hikmah berharga dari ayat ini. Terdokumentasikan bermacam penafsiran dari banyak mufassirin terhadap makna surat Ar-Rum ayat 26, misalnya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Hanya milik Allah semata semua yang ada di langit dan di bumi, mencakup malaikat, manusia, jin, binatang, tumbuh-tumbuhan dan benda mati. Semua itu tunduk kepada perintah Allah dan patuh kepada kesempurnaanNya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

26. Milik Allah semata segala makhluk yang ada di tujuh langit dan bumi, semuanya tunduk kepada ketetapan Allah.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

26. Dan hanya bagi Allah semata apa yang ada di langit, dan hanya bagi Allah semata apa yang ada di bumi, baik secara kepemilikannya, penciptaannya dan penentuannya. Setiap yang ada di langit dan setiap yang ada di bumi dari para makhluk-makhluk-Nya tunduk kepada-Nya dan pasrah kepada perintah-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

26. وَلَهُۥ مَن فِى السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ ۖ (Dan kepunyaan-Nya-lah siapa saja yang ada di langit dan di bumi)
Dari seluruh makhluk yang ada. Dia-lah yang memiliki yang mengatur dan yang menciptakan semua itu, tanpa campur tangan selain-Nya.

كُلٌّ لَّهُۥ قٰنِتُونَ (Semuanya hanya kepada-Nya tunduk)
Yakni penuh ketaatan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

26. Dan milik Allah itu segala sesuatu di langit dan bumi baik kerajaan, makhluk, dan hamba. Semuanya taat kepadaNya dan tunduk atas kehendakNya di langit dan bumi berupa kehidupan dan kematian, kesehatan dan sakit, serta kebangkitan, penghisaban dan lainnya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

MilikNyalah siapa saja yang ada di langit dan di bumi. Semuanya tunduk kepadaNya} tunduk dan patuh terhadap perintahNya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

26. “dan kepunyaanNya-lah siapa saja yang ada di langit dan bumi,” semuanya adalah ciptaanNya, dan hamba-hambaNya. Dia-lah yang berwenang mengendalikan mereka tanpa ada pesaing, penolong ataupun penentang; semua mereka tunduk kepada keagunganNya, patuh kepada kesempurnaanNya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 26-27
Allah SWT berfirman: (Dan kepunyaan-Nyalah siapa saja yang ada di langit dan di bumi) yaitu milikNya dan hamba-hambaNya (Semuanya hanya kepadaNya tunduk) yaitu tunduk dan patuh, baik dengan taat maupun terpaksa
Firman Allah: (Dan Dialah yang menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkannya kembali, dan menghidupkan kembali itu adalah lebih mudah bagiNya) Ibnu Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa maknanya adalah lebih mudah bagiNya.
Mujahid berkata bahwa mengembalikan hidup itu lebih mudah daripada menciptakannya dari awal. Sedangkan menciptakan dari awal itu juga mudah bagiNya
Bisa jadi bahwa dhamir dalam firmanNya: (dan menghidupkan kembali itu adalah lebih mudah bagiNya) merujuk kepada makhluk, yaitu lebih mudah bagi makhluk.
Firman Allah: (Dan bagi-Nyalah sifat Yang Maha Tinggi di langit dan di bumi) Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa maknanya seperti firmanNya: (tidak ada sesuatu pun yang semisal dengan Dia) (Surah Asy-Syura: 11)
Qatadah berkata bahwa serupa dengan ayat ini yaitu kalimat "tidak ada Tuhan dan Rabb selain Dia" Ibnu Jarir juga mengemukakan pendapat yang serupa dengan ini
Dia Maha Perkasa yang tidak terkalahkan dan tertandingi, bahkan Dia mengalahkan dan menundukkan segala sesuatu dengan kekuasaan dan pengaruhNya. Dzat yang Maha Bijaksana dalam semua firman dan perbuatan­Nya secara syariat maupun takdir.
Diriwayatkan dari Malik dalam tafsirannya yang diriwayatkan darinya dari Muhammad bin Al-Munkadir tentang firmanNya: (Dan bagi-Nyalah sifat Yang Maha Tinggi) dia berkata yaitu semakna dengan kalimat "Tidak ada Tuhan selain Allah"


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ar-Rum ayat 26: Ketahuilah wahai manusia bahwasanya Allah sajalah yang memberi karunia apa yang ada di langit dan di bumi dari para malaikat, manusia, jin dan selainnya dari makhluk ciptaan-Nya. Dialah pencipta, raja, dan penguasa. Setiap dari makhluk tersebut diperintahkan untuk beribadah dan taat (baik ketaatan atas kuasa-Nya, maupun ketaatan atas kehendak-Nya). Maka semua yang tunduk dengan apa yang Allah inginkan dari kehidupan, mati, kebangkitan, sehat, sakit, kaya, miskin, mulia, terhina, maka seorang mukmin memiliki perbedaan dalam ketaatan hati, bukan hanya ketaatan atas kuasa Allah saja.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni milik-Nya, ciptaan-Nya, dan hamba-Nya. Dia pula yang mengatur tanpa ada yang menentang, dan tanpa pembantu. Semuanya tunduk kepada keagungan dan kesempurnaan-Nya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Rum Ayat 26

Mahasuci dan terpujilah Allah karena hanya milik-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Semuanya hanya kepada-Nya tunduk, patuh dan siap sedia melaksanakan perintah-Nya. 27. Hari kebangkitan bukanlah sesuatu yang mustahil bagi Allah, sebab dialah yang memulai penciptaan manusia dari tidak ada kemudian mengulanginya dengan membangkitkan kembali menjadi makhluk yang baru, dan yang demikian itu menurut akalmu, wahai orang-orang kafir, mestinya lebih mudah bagi-Nya. Hanya bagi-Nya sifat yang mahatinggi di langit dan di bumi sebagai tuhan yang maha esa, tidak ada yang serupa dengan-Nya, dan penyandang segala kesempurnaan. Dan dia yang mahaperkasa tanpa tandingan, mahabijaksana dalam penciptaan dan pengurusan-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penjelasan dari kalangan mufassir berkaitan kandungan dan arti surat Ar-Rum ayat 26 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi kita semua. Bantu syi'ar kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Banyak Dikaji

Tersedia banyak topik yang banyak dikaji, seperti surat/ayat: At-Taubah 122, Al-Alaq 1-5, At-Takwir, Al-Baqarah 148, Al-Insyirah 8, At-Taubah 105. Ada juga Al-Isra 26-27, Al-Insyiqaq, Al-Hujurat 10-12, Al-Mu’minun, At-Tahrim 8, Ath-Thalaq 2-3.

  1. At-Taubah 122
  2. Al-Alaq 1-5
  3. At-Takwir
  4. Al-Baqarah 148
  5. Al-Insyirah 8
  6. At-Taubah 105
  7. Al-Isra 26-27
  8. Al-Insyiqaq
  9. Al-Hujurat 10-12
  10. Al-Mu’minun
  11. At-Tahrim 8
  12. Ath-Thalaq 2-3

Pencarian: bunyi surat al kautsar ayat 2, surah an nisa ayat 148, surat al mudatsir dan artinya, al imran ayat 25, arti dari surah al isra ayat 32

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: