Surat Ar-Rum Ayat 15

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَأَمَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ فَهُمْ فِى رَوْضَةٍ يُحْبَرُونَ

Arab-Latin: Fa ammallażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti fa hum fī rauḍatiy yuḥbarụn

Artinya: Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka mereka di dalam taman (surga) bergembira.

« Ar-Rum 14Ar-Rum 16 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Berkaitan Surat Ar-Rum Ayat 15

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Rum Ayat 15 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam hikmah mendalam dari ayat ini. Tersedia aneka ragam penjelasan dari kalangan pakar tafsir terkait kandungan surat Ar-Rum ayat 15, di antaranya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

14-15. Di Hari Kiamat, para pengikut iman dan penganut kekafiran akan berpisah. Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan RasulNya dan beramal Shalih, mereka di surga, mereka dimuliakan, berbahagia dan mengenyam kenikmatan


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

15. Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan mengerjakan amal saleh yang diridai di sisi-Nya, maka mereka berada di dalam Surga, bergembira dengan apa yang mereka peroleh di dalamnya berupa kenikmatan abadi yang tidak pernah terputus.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

15. فَأَمَّا الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ الصّٰلِحٰتِ فَهُمْ فِى رَوْضَةٍ يُحْبَرُونَ (Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka mereka di dalam taman (surga) bergembira)
Yakni mereka di taman-taman surga penuh dengan kebahagiaan dan kesenangan, mereka di sana mendapat kenikmatan dan kemuliaan.
Pendapat lain mengatakan makna يحبرون adalah mendengarkan. Yakni mereka di dalam surga mendengarkan nyanyian-nyanyian.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

15. Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasulNya serta mengerjakan amal shalih yang diperintahkan, maka mereka itu berada di salah satu taman surga. Mereka bergembira dan dimuliakan.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Adapun orang-orang yang beriman dan beramal shalih, mereka di dalam taman} surga {bergembira} mereka bergembira


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

14-16. pada hari itu, terpisahlah para pelaku kebajikan dari para pelaku keburukan, sebagaimana telah terpisah amal perbuatan mereka di dunia.
“adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan aml shalih,” maksudnya, mereka beriman dengan sepenuh hati mereka dan membenarkannya dengan amal-amal shalih “maka mereka di dalam taman,” yang penuh dengan berbagai aneka tumbuh-tumbuhan dan berbagai hal yang digandrungi jiwa “bergembira,” maksudnya, merasa senang dan menikmati berbagai makan lezat, berbagai minuman, bidadari-bidadari cantik jelita, para pelayan, anak-anak, suara merdu, pendengaran yang mengasyikan, pemandangan-pemandangan yang sangat memukau, aroma-aroma wangi yang sedap, kegembiraan, kesenangan, kelezatan dan kesukaan, dari hal-hal yang tidak mungkin dapat diungkapkan oleh seseorang.
“adapun orang-orang yang kafir,” yang mengingkari nikmatNya, dan membalasnya dengan keingkaran, “dan mendustakan ayat-ayat Kami,”yang dibawa oleh para utusan Kami, “maka mereka tetap dihadirkan di dalam siksaan,” berada di dalamnya. Mereka telah dikepung oleh jahanam dari segala penjuru, dan azab yang sangat pedih pun menusuk kedalam jantung mereka, dan bara api panas menghanguskan wajah mereka dan memotong-motong lambung dan usus mereka. Mana persamaan antara orang-orang yang mendapat kenikmatan dan orang-orang yang disiksa?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 11-16
Allah SWT berfirman: (Allah menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkan)nya kembali) yaitu sebagaimana Dia Maha Kuasa menciptakannya pada permulaannya, maka Dia juga Maha Kuasa mengembalikannya seperti semula (kemudian kepada-Nyalah kamu dikembalikan) yaitu, pada hari kiamat, maka Dia membalas setiap orang sesuai dengan amal perbuatannya. Kemudian Allah SWT berfirman: (Dan pada hari terjadinya kiamat, orang-orang yang berdosa terdiam berputus asa) (12))
Mujahid berkata yaitu orang-orang yang berdosa itu bersedih (Dan sekali-kali tidak ada pemberi syafaat bagi mereka dari berhala-berhala mereka) yaitu tidak ada suatupun dari tuhan-tuhan mereka yang dahulu mereka sembah selain Allah SWT itu memberi pertolongan kepada mereka, bahkan berhala-berhala itu mengingkari mereka dan berkhianat terhadap mereka di saat mereka membutuhkan apa yang mereka harapkan kepada para berhala itu.
Kemudian Allah SWT berfirman: (Dan pada hari terjadinya kiamat, di hari itu mereka (manusia) bergolong-golongan (14)) Qatadah berkata yaitu,”Demi Allah, itu adalah perpisahan yang tidak ada pertemuan lagi setelahnya" yaitu apabila golongan yang ini diangkat ke kedudukan yang tinggi dan golongan yang itu direndahkan di kedudukan yang rendah, maka itulah akhir pertemuan di antara keduanya. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka mereka di dalam taman (surga) bergembira (15))
Mujahid dan Qatadah berkata bahwa maknanya adalah bersenang-senang.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ar-Rum ayat 15: Allah menjelaskan bahwa mereka yang beriman kepada Allah dan membenarkan para utusan-Nya serta membuktikan keimanan mereka dengan amal shalih di sisi mereka, mereka akan berada di taman-taman surga yang bersenandung kegembiraan pada mereka.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dengan hati mereka dan mereka benarkan dengan amal.

Di dalamnya terdapat berbagai pepohonan dan berbagai kesenangan.

Mereka menikmati makanan dan minuman yang lezat di sana, memperoleh bidadari yang bermata jeli, memiliki para pelayan, mendengarkan suara yang merdu, melihat pemandangan yang indah, mencium wewangin yang semerbak, dan kenikmatan lainnya yang sulit disifatkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Rum Ayat 15

Masing-masing individu akan memperoleh balasan yang tingkatan dan bentuknya berbeda-beda. Maka adapun orang-orang yang beriman dan dibarengi dengan mengerjakan kebajikan, yaitu melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya semata mengharap rida Allah, maka balasan mereka adalah kekal di dalam taman surga dengan bergembira. 16. Dan adapun kelompok orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat kami serta mengingkari pertemuan akhirat sebagai hari kebangkitan setelah kematian mereka dan hari perhitungan dari seluruh amal perbuatan mereka, maka mereka tetap berada di dalam azab neraka dan tidak akan pernah tertinggal.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beraneka penafsiran dari para mufassir terkait isi dan arti surat Ar-Rum ayat 15 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk kita semua. Dukung dakwah kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Paling Banyak Dicari

Ada banyak konten yang paling banyak dicari, seperti surat/ayat: At-Taubah 105, Al-Baqarah 148, Al-Mu’minun, At-Takwir, At-Taubah 122, Al-Alaq 1-5. Ada juga Al-Insyiqaq, Al-Insyirah 8, Al-Hujurat 10-12, At-Tahrim 8, Ath-Thalaq 2-3, Al-Isra 26-27.

  1. At-Taubah 105
  2. Al-Baqarah 148
  3. Al-Mu’minun
  4. At-Takwir
  5. At-Taubah 122
  6. Al-Alaq 1-5
  7. Al-Insyiqaq
  8. Al-Insyirah 8
  9. Al-Hujurat 10-12
  10. At-Tahrim 8
  11. Ath-Thalaq 2-3
  12. Al-Isra 26-27

Pencarian: arti wasyawirhum fil amri, arti surat at-taubah ayat 105, yasin ayat 36, abasa berapa ayat, surat ar rahman lengkap arab saja

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: