Surat Al-Kahfi Ayat 100

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَعَرَضْنَا جَهَنَّمَ يَوْمَئِذٍ لِّلْكَٰفِرِينَ عَرْضًا

Arab-Latin: Wa 'araḍnā jahannama yauma`iżil lil-kāfirīna 'arḍā

Artinya: Dan Kami nampakkan Jahannam pada hari itu kepada orang-orang kafir dengan jelas,

« Al-Kahfi 99Al-Kahfi 101 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Mengenai Surat Al-Kahfi Ayat 100

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Kahfi Ayat 100 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka pelajaran penting dari ayat ini. Tersedia beraneka penjelasan dari para mufassirin terkait kandungan surat Al-Kahfi ayat 100, di antaranya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan Kami tampakan jahanam kepada orang-orang kafir dan Kami perlihatkan neraka itu kepada mereka agar Kami dapat memperlihatkan kepada mereka buruknya kesudahan mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

100-101. Dan Kami akan tampakkan dengan jelas neraka Jahannam bagi orang-orang yang mendustakan Allah dan rasul-Nya, disebabkan di dunia mata mereka buta dari tanda-tanda kekuasaan Allah dan mereka tidak mampu mendengar kalamullah karena hati mereka gelap gulita.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

100. Dan Kami perlihatkan neraka Jahanam terhadap orang-orang kafir dengan sangat jelas, agar mereka menyaksikannya dengan mata kepala sendiri.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

100. وَعَرَضْنَا جَهَنَّمَ يَوْمَئِذٍ لِّلْكٰفِرِينَ عَرْضًا (dan Kami nampakkan Jahannam pada hari itu kepada orang-orang kafir dengan jelas)
Yakni Kami tunjukkan neraka kepada mereka agar mereka dapat menyaksikannya di hari Kami kumpulkan mereka.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

100-101

1 ). Allah mengatakan tatkala menampakkan neraka kepada orang-orang kafir : { وَعَرَضْنَا جَهَنَّمَ يَوْمَئِذٍ لِلْكَافِرِينَ عَرْضًا } "Dan Kami nampakkan Jahannam pada hari itu kepada orang-orang kafir dengan jelas" dan ketika Ia menampakkan diri orang-orang kafir kepada neraka : { وَيَوْمَ يُعْرَضُ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ عَلَى ٱلنَّارِ } "Dan (ingatlah) hari (ketika) orang-orang kafir dihadapkan ke neraka" [ Al-Ahqaf : 20 ] neraka didekatkan kepada mereka, dan begitupun mereka didekatkan kepada neraka, sebagai tambahan siksaan bagi mereka.

2 ). { وَعَرَضْنَا جَهَنَّمَ يَوْمَئِذٍ لِلْكَافِرِينَ عَرْضًا } Pada penghujung ayat terdapat kata { عَرْضًا } dalam bentuk nakiroh, dan maknanya : nampak dengan jelas dan mengerikan hati akan ketakutan ketikan ditampakkan dihadapannya, hikmahnya agar setiap jiwa senantiasa memperbaiki dirinya dihadapan Allah, senantiasa takut akan kehadiran hari itu, dan mempersiapkan diri untuk bertemu denganya, seakan-akan ia telah berada dekat dengannya.

3 ). { ٱلَّذِينَ كَانَتْ أَعْيُنُهُمْ فِى غِطَآءٍ عَن ذِكْرِى وَكَانُوا۟ لَا يَسْتَطِيعُونَ سَمْعًا } "Yaitu orang-orang yang matanya dalam keadaan tertutup dari memperhatikan tanda-tanda kebesaran-Ku, dan adalah mereka tidak sanggup mendengar" ayat ini mengandung dua makna : pertama : bahwa mata mereka tertutup dari mengingat ayat-ayat Allah, dan bukti-bukti keesaan-Nya, serta keajaiban kekuasaan-Nya, kedua : bahwasanya hati mereka tertutup dari memahami al-Qur'an dan mentadabburinya, bermula dari hati yang tertutup, kemudian sampai kepada mata mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

100. Kami nampakkan Jahannam pada hari itu kepada orang-orang kafir dengan jelas, agar mereka melihatnya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kami memperlihatkan} Kami menampakkan dan menunjukkan {neraka Jahanam pada hari itu kepada orang-orang kafir dengan jelas} dengan jelas


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

100. Adapun orang-orang kafir, dengan latar belakang kekufuran yang berbeda, maka sesungguhnya Jahanam adalah balasan mereka, dan mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Karena itu, Allah berfirman, “Dan Kami nampakkan jahanam pada hari itu kepada orang-orang kafir dengan jelas,” seperti Firman Allah, "dan ingatlah ketika neraka jahim dinyalakan" (At-Takwir:12)
Maksudnya diperlihatkan kepada mereka untuk menjadi tempat kembali dan tempat tinggal mereka, menikmati rantai-rantainya, kobaran nyala api, sengatan air panas dan tusukan hawa dinginnya, dan agar mereka merasakan siksa yang membuat kalbu-kalbu diam membisu dan pendengaran-pendengaran menjadi tuli.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 100-102
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang apa yang Dia perbuat terhadap orang-orang kafir pada hari kiamat, bahwa Dia menampakkan kepada mereka neraka Jahanam, yaitu Dia menunjukkan dan menampakkan kepada mereka apa yang ada di dalamnya berupa azab dan pembalasan sebelum mereka memasukinya agar hal itu menambah sakit dan kesesedihan mereka.
Disebutkan dalam hadits shahih Muslim dari Ibnu Mas'ud, bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Neraka Jahanam didatangkan pada hari kiamat dengan ditarik oleh tujuh puluh ribu kendali, setiap kendali dipegang oleh tujuh puluh ribu malaikat” Kemudian Allah SWT berfirman seraya memberitahukan: (yaitu orang-orang yang matanya dalam keadaan tertutup dari memperhatikan tanda-tanda kebesaranKu) yaitu mereka lalai, enggan melihat dan mendengar petunjuk dan mengikuti kebenaran. Sebagaimana Allah berfirman: (Barang siapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al-Qur'an), Kami adakan baginya setan (yang menyesatkan). Maka setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya (36)) (Surah Az-Zukhruf) dan di sini Allah berfirman: (dan adalah mereka tidak sanggup mendengar) yaitu tidak memahami perintah dan larangan Allah. Kemudian Allah berfirman: (Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku?) yaitu, mereka meyakini bahwa hal itu baik bagi mereka dan mereka bisa mengambil manfaat darinya (sekali-kali tidak. Kelak mereka (sembahan-sembahan) itu akan mengingkari penyembahan (pengikut-pengikutnya) terhadapnya, dan mereka (sembahan-sembahan) itu akan menjadi musuh bagi mereka (82)) (Surah Maryam) Oleh karena itu Allah SWT memberitahukan bahwa Dia menyediakan bagi mereka neraka Jahanam sebagai tempat tinggal pada hari kiamat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Kahfi ayat 100: Pada hari makhluk dikumpulkan di padang mahsyar.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Kahfi Ayat 100

100. Peniupan sangkakala kedua menandakan dimulainya hari kebangkitan. Pada saat itu, yakjuj-makjuj dan semua manusia dikumpulkan di padang mahsyar untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Banyak peristiwa yang terjadi setelah itu. Dan kami perlihatkan neraka jahanam sebagai tempat pembalasan kepada semua orang kafir tanpa terkecuali, dengan gambaran yang jelas pada hari itu agar mereka mengetahui balasan atas perbuatan mereka dahulu. 101. Mereka yang kafir itu adalah orang-orang yang mata kepala dan hatinya tidak digunakan untuk memperhatikan tanda-tanda kekuasaan Allah, baik yang terdapat di alam semesta maupun yang tertulis dalam kitab suci. Mata mereka selalu dalam keadaan tertutup sehingga mereka terdorong untuk berpaling dari memperhatikan tanda-tanda kebesaran-ku yang tersebar di jagad raya, dan mereka juga tidak sanggup dan enggan mendengar apalagi mematuhi seruan yang mengajak menuju kebenaran.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah kumpulan penjelasan dari berbagai ulama tafsir mengenai kandungan dan arti surat Al-Kahfi ayat 100 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi kita. Support syi'ar kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Sering Dikaji

Kami memiliki banyak halaman yang paling sering dikaji, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 191, Al-Baqarah 216, Yunus 41, Al-Baqarah 284-286, Luqman 13-14, Al-Fatihah 1. Ada juga Al-Fatihah 2, Yasin 40, Ali ‘Imran 104, Assalaamualaikum, Al-A’raf, Al-Fatihah 7.

  1. Ali ‘Imran 191
  2. Al-Baqarah 216
  3. Yunus 41
  4. Al-Baqarah 284-286
  5. Luqman 13-14
  6. Al-Fatihah 1
  7. Al-Fatihah 2
  8. Yasin 40
  9. Ali ‘Imran 104
  10. Assalaamualaikum
  11. Al-A’raf
  12. Al-Fatihah 7

Pencarian: qaf ayat 22, hud ayat 7, surat al imran ayat 7, an nisa 95, albaqarah ayat 197

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: