Surat An-Nahl Ayat 49

وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ مِن دَآبَّةٍ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ

Arab-Latin: Wa lillāhi yasjudu mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍi min dābbatiw wal-malā`ikatu wa hum lā yastakbirụn

Terjemah Arti: Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para ma]aikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat An-Nahl Ayat 49

Diketemukan berbagai penafsiran dari berbagai ahli tafsir terkait isi surat An-Nahl ayat 49, misalnya sebagaimana tercantum:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan kepada Allah semata bersujud segala yang ada di langit dan semua yang ada di bumi dan malaikat juga bersujud kepada Allah, dan mereka tidak sombong untuk beribadah kepadaNya, Allah menyebut malaikat secara khusus setelah lafazh yang umum, karena keutamaan, kemuliaan, dan banyaknya ibadah mereka.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

49. Hanya kepada Allah semata bersujud segala apa yang ada di langit dan segala apa yang ada di bumi, yaitu makhluk-makhluk yang melata. Hanya kepada Allah semata bersujud para Malaikat, mereka tidak menyombongkan diri dari ibadah dan ketaatan kepada Allah.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

49-50. Kepada Allah senantiasa bersujud segala yang ada pada tujuh langit dan segala yang ada ada di muka bumi berupa makhluk-makhluk dan para malaikat semuanya. Mereka sama sekali tidak merasa enggan untuk menyembah dan mentaati Allah; Bahkan mereka takut kepada Allah yang ada di atas mereka dengan Dzat dan kesempurnaan sifat-Nya. Mereka senantiasa menjalankan apa yang diperintahkan Allah.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

49. وَلِلّٰهِ يَسْجُدُ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْأَرْضِ مِن دَآبَّةٍ (Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi)
Yakni hanya kepada-Nya tunduk dan patuh segala yang ada di langit dan seluruh makhluk melata di bumi.

وَالْمَلٰٓئِكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ(dan (juga) para ma]aikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri)
Yakni tidak enggan untuk menyembah dan bersujud kepada Allah.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

49. Dan hanya kepada Allahlah segala sesuatu di langit dan bumi itu dari makhluk yang melata di bumi dan malaikat yang selalu bersujud dan beribadah itu tunduk dan patuh. Mereka itu tidak enggan untuk taat, beribadah dan bersujud kepadaNya


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

49. “dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi” dari bangsa makhluk yang bisa berkomunikasi maupun yang tidak bisa berbicara “dan juga para malaikat” yang mulia. Allah menyebutkan mereka secara khusus setelah konteks yang umum, lantaran keutamaan dan kemuliaan serta tigginya intensitas ibadah mereka. Karena itu, Allah berfirman “sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri” dari beribadah kepadaNya , meski mereka berjumlah banyak, berakhlak agung dan berkekuatan (penuh)


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat:
Firman-Nya “dan segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi berupa semua makhluk yang bergerak, hanya sujud kepada Allah” mereka hanya bersujud kepada Allah, tidak kepada yang lain. Yaitu tunduk dan taat kepada perintah Allah ta’ala seperti hidup, mati, sehat, sakit, kebaikan, atau yang lain. “berupa semua makhluk yang bergerak” segala sesuatu yang berjalan di atas muka bumi “dan malaikat” mereka bersujud meskipun mereka mulia “dan mereka tidak menyombongkan diri.” Dari beribadah kepada Rabb mereka.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat An-Nahl ayat 49: Perlu diketahui, bahwa sujudnya semua makhluk kepada Allah Ta’ala terbagi menjadi dua: pertama, sujud terpaksa dan menunjukkan kepada sifat sempurna yang dimiliki-Nya. Sujud ini umum dilakukan semua makhluk, baik yang mukmin maupun yang kafir, orang yang baik maupun orang yang jahat, manusia mapun hewan dan lainnya. Kedua, sujud atas dasar pilihan. Sujud ini hanya khusus dilakukan oleh wali-wali-Nya dan hamba-hamba-Nya yang mukmin, baik malaikat, orang-orang beriman maupun makhluk lainnya.

Disebutkan para malaikat setelah keumuman lafaz karena keutamaan dan kemuliaan mereka, serta banyaknya mereka beribadah.

Dari beribadah kepada-Nya meskipun jumlah mereka banyak dan memiliki kekuatan yang besar.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Nahl Ayat 49

Dan tidakkah mereka memperhatikan pula bahwa segala apa yang ada di langit dan di bumi hanya bersujud kepada Allah' yaitu semua makhluk yang hidup dan bergerak di bumi ini, dan demikian juga para malaikat, dan mereka (malaikat) tidak pernah menyombongkan diri dan membangkang perintah Allah. Mereka, para malaikat, selalu takut kepada tuhan yang kekuasaannya berada di atas kekuasaan mereka, dan mereka senantiasa melaksanakan apa saja yang diperintahkan. Tidak pernah sekali pun mereka menyepelekan apalagi melanggarnya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian aneka ragam penjabaran dari banyak ahli tafsir terhadap makna surat An-Nahl ayat 49, semoga menambah kebaikan bagi kita semua. Support kemajuan kami dengan memberi hyperlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: An-Nahl Ayat 50 Arab-Latin, An-Nahl Ayat 51 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti An-Nahl Ayat 52, Terjemahan Tafsir An-Nahl Ayat 53, Isi Kandungan An-Nahl Ayat 54, Makna An-Nahl Ayat 55

Terkait: « | »

Kategori: 016. An-Nahl

Artikel: Topik, Serial, Doa Dzikir, Lain-lain, Updates