Surat An-Nahl Ayat 23

لَا جَرَمَ أَنَّ ٱللَّهَ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّونَ وَمَا يُعْلِنُونَ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْتَكْبِرِينَ

Arab-Latin: Lā jarama annallāha ya'lamu mā yusirrụna wa mā yu'linụn, innahụ lā yuḥibbul-mustakbirīn

Artinya: Tidak diragukan lagi bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka lahirkan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong.

« An-Nahl 22An-Nahl 24 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Tentang Surat An-Nahl Ayat 23

Paragraf di atas merupakan Surat An-Nahl Ayat 23 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa pelajaran penting dari ayat ini. Didapati beberapa penjelasan dari para ahli ilmu mengenai makna surat An-Nahl ayat 23, sebagiannya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sudah pasti, bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka sembunyikan, dari bentuk-bentuk keyakinan, ucapan-ucapan dan tindakan-tindakan, dan apa yang mereka tampakan darinya, dan Dia akan memberikan balasan kepada mereka atas perkara-perkara tersebut. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri untuk beribadah dan tunduk kepadaNya dan akan memberikan balasan kepada mereka atas hal-hal tersebut.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

23- 24. Tidak diragukan bahwa Allah Maha Mengetahui segala niat dan maksud yang kalian rahasiakan dan yang kalian tampakkan. Allah tidak menyukai orang-orang yang berpaling dari kebenaran, yaitu orang-orang yang jika dikatakan kepada mereka: “Apa yang diturunkan Tuhan kalian kepada rasul-Nya?” Mereka akan menjawab: “Yang diturunkan kepadanya hanyalah kedustaan-kedustaan dari umat-umat terdahulu!”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

23. Sungguh Allah mengetahui amal perbuatan yang mereka sembunyikan sebagaimana Allah mengetahui apa yang mereka perlihatkan. Tidak ada sesuatu pun yang samar bagi Allah dan Allah akan membalas mereka atas perbuatannya. Sesungguhnya Allah -Subḥānahu- tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri dari ibadah dan ketundukan kepada-Nya, sebaliknya Allah memurkai mereka dengan murka yang berat.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

23. لَا جَرَمَ أَنَّ اللهَ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّونَ وَمَا يُعْلِنُونَ ۚ (Tidak diragukan lagi bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka tampakkan)
Yakni suatu kebenaran bahwa Allah mengetahui segala perkataan dan perbuatan yang mereka rahasiakan dan yang mereka tampakkan.

إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ الْمُسْتَكْبِرِينَ(Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong)
Yakni Allah tidak suka terhadap setiap orang yang menyombongkan diri, diantaranya adalah orang yang menolak untuk mengesakan Allah.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Diantara kisah tentang tarbiyah hati dengan al-Qur'an :

Suatu ketika Hasan bin 'Ali melewati sekelompok orang-orang miskin yang sedang makan kemudian mereka memanggilnya; beliau pun menjawab panggilan itu dan makan bersama mereka, kemudian beliau membacakan satu ayat dari al-Qur'an : { إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْتَكْبِرِينَ } "Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong" kemudian di hari yang lain Hasan memanggil mereka ke rumahnya untuk menjamu mereka dengan makanan sebagai balasan untuk kebaikan yang telah mereka lakukan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

23. Tidak diragukan lagi bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka ungkapkan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong. Maka Allah akan membalas perbuatan sombong mereka yang enggan mengesakan Allah


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Tidak diragukan} tidak diragukan {bahwa Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka tampakkan. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang sombong


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

23. “tidak diragukan lagi” dengan seyakin yakinnya, pasti “bahwa Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka lahirkan” berupa amalan amalan yang buruk. ”sesungguhnya Allah tidak menyukai orang orang yang sombong” bahkan Dia sangat membenci mereka dan akan memberi balasan kepada mereka dengan balasan yang serupa dengan tingkah polah mereka (yaitu) “sesungguhnya orang orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk Neraka jahanam dalam keadaan hina dina”.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 22-23
Allah SWT memberitahukan bahwa tidak ada Tuhan selain Dia, Dzat yang Maha Esa, yang bergantung kepadaNya segala sesuatu. Dia memberi­tahukan bahwa orang-orang kafir itu ingkar hatinya atas hal itu, sebagaimana Dia memberitahukan tentang mereka yang heran tentang itu: (Mengapa ia menjadikan tuhan-tuhan itu Tuhan Yang Satu saja? Sesungguhnya ini benar-benar suatu hal yang sangat menghe­rankan (5)) (Surah Shad) dan (Dan apabila hanya nama Allah saja yang disebut, kesallah hati orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat; dan apabila nama sembahan-sembahan selain Allah yang disebut, tiba-tiba mereka bersenang hati (45)) (Surah Az-Zumar). Firman Allah: (sedangkan mereka sendiri adalah orang-orang yang sombong) yaitu dari menyembah Allah SWT disertai dengan keingkaran hati mereka dari mengesakanNya, sebagaimana Allah berfirman (Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina”) (Surah Ghafir: 60) Oleh karena itu Allah berfirman di sini (Tidak diragukan lagi), yaitu kebenaran (bahwa Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka lahirkan), yaitu Dia akan membalas kalian atas hal itu dengan balasan yang penuh (Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang yang sombong)


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (لَا جَرَمَ) laa jaram : pasti

Makna ayat:
Firman-Nya “Sungguh Allah mengetahui apa yang mereka sembunyi dan tampakkan, sungguh Dia tidak menyukai orang yang sombong.” Yaitu, sungguh Allah mengetahui apa yang disembunyikan dan ditampakkan oleh mereka para pendusta hari akhir, Dia akan menghitungnya dan pasti akan membalasnya pada hari yang dahulu mereka dustakan (kedatangannya), sungguh mereka sangat merugi lagi menyesal. Balasan bagi mereka adalah azab neraka yang disebabkan karena murka dan tidak kebencian Allah kepada orang-orang yang sombong.

Pelajaran dari ayat:
• Ancaman perihal buruknya kesombongan dan enggan mengikuti kebenaran.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat An-Nahl ayat 23: Berupa amal-amal buruk.

Bahkan Dia membencinya dan akan membalas amal perbuatan mereka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Nahl Ayat 23

Tidak diragukan lagi bahwa Allah yang maha esa mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan sembunyikan dalam hati berupa kebohongan, dan apa yang mereka lahirkan dalam bentuk sikap dan perbuatan. Sesungguhnya dia yang maha pengasih dan penyayang tidak menyukai orang yang sombong dan tidak menganugerahkan ganjaran kepada orang yang congkak dalam ucapan dan tingkah laku mereka. Kesombongan mereka terbukti dengan penolakan mereka terhadap Al-Qur'an. Dan hal ini terbukti apabila dikatakan kepada mereka oleh nabi Muhammad atau siapa pun, apakah yang telah diturunkan tuhanmu yang telah menganugerahkan nikmat dan kebaikan-Nya untuk kemaslahatan kamu' dengan penuh kesombongan dan keangkuhan mereka menjawab, Allah tidak menurunkan apa pun. Apa yang disampaikan oleh Muhammad hanyalah dongeng-dongeng orang dahulu.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penjelasan dari berbagai ahli ilmu terkait kandungan dan arti surat An-Nahl ayat 23 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk ummat. Dukunglah kemajuan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Banyak Dikaji

Tersedia ratusan halaman yang banyak dikaji, seperti surat/ayat: Assalaamualaikum, Luqman 13-14, Al-Baqarah 216, Al-Fatihah 2, Yunus 41, Al-Fatihah 7. Ada juga Al-Baqarah 284-286, Al-Fatihah 1, Ali ‘Imran 191, Al-A’raf, Yasin 40, Ali ‘Imran 104.

  1. Assalaamualaikum
  2. Luqman 13-14
  3. Al-Baqarah 216
  4. Al-Fatihah 2
  5. Yunus 41
  6. Al-Fatihah 7
  7. Al-Baqarah 284-286
  8. Al-Fatihah 1
  9. Ali ‘Imran 191
  10. Al-A’raf
  11. Yasin 40
  12. Ali ‘Imran 104

Pencarian: yasin latin dan arti, qs al isra 26-27, surat al f, lite quran al kahfi, qs an nuur 26

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: