Surat An-Nahl Ayat 6

وَلَكُمْ فِيهَا جَمَالٌ حِينَ تُرِيحُونَ وَحِينَ تَسْرَحُونَ

Arab-Latin: Wa lakum fīhā jamālun ḥīna turīḥụna wa ḥīna tasraḥụn

Artinya: Dan kamu memperoleh pandangan yang indah padanya, ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya ke tempat penggembalaan.

« An-Nahl 5An-Nahl 7 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Berkaitan Dengan Surat An-Nahl Ayat 6

Paragraf di atas merupakan Surat An-Nahl Ayat 6 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai kandungan mendalam dari ayat ini. Diketemukan berbagai penafsiran dari kalangan ahli tafsir mengenai kandungan surat An-Nahl ayat 6, sebagiannya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan bagi kalian padanya ada sumber keindahan yang mendatangkan kebahagiaan bagi kalain, tatkala kalian membawanya pulang kembali ke kandang-kandangnya di waktu sore, dan ketika kalian mengeluarkannya ke tempat pengembalaan di waktu pagi hari.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

6. Kamu juga mendapatkan perhiasan darinya manakala kalian memasuki sore hari dan saat kalian mengeluarkan mereka ke padang gembala di pagi hari.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

6. وَلَكُمْ فِيهَا جَمَالٌ (Dan kamu memperoleh pandangan yang indah padanya)
Yakni pemandangan yang indah bagi orang-orang yang melihatnya.

حِينَ تُرِيحُونَ وَحِينَ تَسْرَحُونَ (ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya ke tempat penggembalaan)
Yakni saat memasukkannya ke dalam kendang dan saat menggembalakannya kembali.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

6. Sebab hewan ternak itu kamu memperoleh perhiasan dan pandangan yang indah dari manusia, ketika kamu membawanya kembali ke kandang di waktu sore dan ketika kamu melepaskannya ke tempat penggembalaan di waktu pagi


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dan bagi kalian terdapat keindahan} hiasan {padanya ketika kalian membawanya kembali} mengembalikannya ke kandangnya di waktu senja {dan ketika kalian melepaskannya} mengeluarkannya ke tempat luar di waktu pagi


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


6. “dan kamu memperoleh pandangan yang indah padanya, ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya ketempat pengembalaan” maksudnya pada waktu sore hari, saat istirahat dan diamnya serta waktu aktivitas dan berkeliarannya ditempat gembalaan. Lantaran pandangan yang indah itu tidak dirasakan oleh binatang tersebut sedikitpun. Kalianlah pihak yang memperindah diri dengannya sebagaimana kalian menghiasi diri dengan aneka pakaian, keberadaan anak anak dan harta kekayaan dan kalian terpesona dengannya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 5-7
Allah SWT menyebutkan nikmat yang Dia anugerahkan kepada hamba-hambaNya, berupa binatang ternak yaitu unta, sapi, dan kambing, sebagaimana yang telah dijelaskan secara rinci dalam surah Al-An'am sampai dengan ayat delapan ekor ternak yang berpasang-pasangan. Allah juga menjadikan pada binatang-binatang itu berbagai kegunaan dan manfaat bagi mereka, dari bulunya yang mereka jadikan pakaian dan permadani, dan air susunya yang mereka minum dan dikonsumsi oleh anak-anaknya, dan keindahan pada ternak mereka sebagai perhiasan bagi mereka. Oleh karena itu Allah berfirman: (Dan kalian memperoleh pandangan yang indah ketika kalian membawanya kembali ke kandang) yaitu, waktu kembalinya ternak itu dari tempat penggembalaannya, maka ternak itu sebagai ternak yang memiliki pinggang paling panjang, air susu paling besar, dan punuk yang paling tinggi. (dan ketika kalian melepaskannya ke tempat penggembalaan) yaitu di pagi hari ketika kalian melepaskannya ke tempat penggembalaan (Dan ia memikul beban-beban kalian) yaitu, bawaan kalian yang berat yang tidak mampu kalian angkat dan bawa (ke suatu negeri yang kalian tidak sanggup sampai kepadanya melainkan dengan kesukaran-kesukaran (yang melelahkan) diri) yaitu dalam ibadah haji dan umrah, berperang dan berniaga serta tujuan-tujuan lainnya. kalian bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan, berupa kendaraan dan pembawa muatan. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kalian. Kami memberi minum air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kalian, dan sebagian darinya kalian makan (21) dan di atas punggung binatang-binatang ternak itu dan (juga) di atas perahu-perahu kalian diangkut (22) (Surah Al-Mu’minun) Oleh karena itu Allah berfirman di sini setelah menyebutkan berbagai macam nikmat ini: (Sesungguhnya Tuhan kalian benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang) yaitu Tuhan kalianlah yang telah menyediakan hewan-hewan ternak itu dan yang menundukkannya untuk kalian, Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka, yaitu sebagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami, lalu mereka menguasainya? (71) Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka, maka sebagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebagiannya mereka makan (72)) (Surah Yasin)
Ibnu Abbas berkata tentang firmanNya: (padanya ada (bulu) yang menghangatkan) yaitu pakaian (dan berbagai manfaat) yaitu kalian manfaatkan berupa makanan dan minuman
Abdurrazzaq berkata,”telah bercerita kepada kami Israil, dari Sammak, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, bahwa yang dimaksud dengan (yang menghangatkan dan berbagai manfaat) yaitu keturunan dari semua hewan ternak.
Mujahid berkata bahwa maknanya adalah bagi kalian itu ada sesuatu yang menghangatkan dari hewan itu. yaitu pakaian yang dirajut, dan berbagai manfaat, yaitu sebagai kendaraan, dagingnya, dan air susunya.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata:
(حِينَ تُرِيحُونَ) hiina turiihuun : ketika kalian mengembalikannya ke dalam kandang.
(وَحِينَ تَسۡرَحُونَ) wa hiina tasrahuun : ketika melepasnya dari kandang menuju ladang, tempat dia biasa dilepas.

Makna ayat:
Firman-Nya “Dan kamu memperoleh keindahan padanya,” pemandangan yang baik dan indah, ketika kamu menggiringnya dari ladang menuju kandang “dan ketika kamu melepasnya.” Menggiringnya di pagi hari dari kandang menuju tempat pengembalaan, ini adalah kenikmatan jiwa dengan pemandangan yang indah.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat An-Nahl ayat 6: Di sore hari.

Di pagi hari.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Nahl Ayat 6

Dan selain manfaat-manfaat tersebut kamu juga dapat memperoleh keindahan padanya, yakni pada hewan ternak itu, ketika kamu membawanya kembali ke kandang pada sore hari dan ketika kamu melepaskannya ke tempat penggembalaan pada pagi hari. Dan kamu pun bisa memperoleh manfaat lain dari hewan ternak itu karena ia sanggup mengangkut beban-bebanmu yang berat dan tidak mampu kamu pikul sendiri ke suatu negeri nun jauh yang kamu tidak sanggup mencapainya, kecuali dengan susah payah. Sungguh, tuhanmu yang telah menciptakan hewan ternak itu dan menyediakan berbagai manfaat darinya adalah tuhan yang maha pengasih kepada hamba yang taat dan mendekatkan diri kepada-Nya, maha penyayang kepada semua makhluk-Nya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah variasi penafsiran dari para mufassirun terkait isi dan arti surat An-Nahl ayat 6 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah untuk kita bersama. Sokonglah perjuangan kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Sering Dibaca

Kaji banyak halaman yang cukup sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Ma’idah 32, Yasin 9, Al-Fatihah 6, At-Taubah 40, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Luqman 13. Ada juga An-Naas, Al-Baqarah 285-286, Al-Hujurat 10, Maryam, Al-Lail, ‘Abasa.

  1. Al-Ma’idah 32
  2. Yasin 9
  3. Al-Fatihah 6
  4. At-Taubah 40
  5. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  6. Luqman 13
  7. An-Naas
  8. Al-Baqarah 285-286
  9. Al-Hujurat 10
  10. Maryam
  11. Al-Lail
  12. ‘Abasa

Pencarian: al hadid 25, surah al-mujadalah ayat 11, surat an nas dan artinya, yasin berapa ayat, ali imron 110

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* untuk dapat pahala jariyah (gratis)

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: