Daftar Isi > Al-Hijr > Al-Hijr 98

Surat Al-Hijr Ayat 98

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَكُن مِّنَ ٱلسَّٰجِدِينَ

Arab-Latin: Fa sabbiḥ biḥamdi rabbika wa kum minas-sājidīn

Artinya: Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (shalat),

« Al-Hijr 97Al-Hijr 99 »

Ingin pahala jariyah dan bonus buku Rahasia Rezeki Berlimpah? Klik di sini untuk mendapatkan

Tafsir Surat Al-Hijr Ayat 98 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 98 dengan text arab, latin dan artinya. Didapatkan sekumpulan penafsiran dari beragam mufassirun terhadap kandungan surat Al-Hijr ayat 98, sebagiannya seperti berikut:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Maka adukanlah itu kepada tuhanmu ketika hatimu sesak, dan bertasbihlah dengan memujiNya, dengan bersyukur kepadaNya lagi memujiNya, dan jadilah kamu termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat karenaNya yang beribadah kepadaNya. Sesungguhnya itu akan menghilangkan duka yang menggelayutimu.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

98. Maka berlindunglah kepada Allah dengan menyucikan-Nya dari apa yang tidak layak bagi-Nya, memuji-Nya dengan sifat-sifat kesempurnaan, jadilah kamu termasuk orang-orang yang beribadah kepada Allah, orang-orang yang mendirikan salat untuk Allah, karena hal itu akan mengobati dadamu yang sempit.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

98. وَكُن مِّنَ السّٰجِدِينَ (maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud)
Yakni orang-orang yang shalat. Jika kamu melakukan hal itu maka Allah akan menghilangkan kesedihan dan kegundahanmu serta melapangkan dadamu.


Ingin pahala jariyah dan bonus buku Rahasia Rezeki Berlimpah? Klik di sini untuk mendapatkan

Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

97-99

1 ). { وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّكَ يَضِيقُ صَدْرُكَ بِمَا يَقُولُونَ } Jangan menyangka bahwa ada hati yang tidak bisa dirusak ketenangannya oleh perkataan orang lain.

2 ). Hatimu terkadang terasa sempit tatkala kamu mendengarkan sesuatu yang menyakitmu, dan terkadang kamu sedih karenanya, bahkan kamu juga kerap dituduh dengan perkara yang tidak sama sekali kamu lakukan, oleh karena itu kamu membutuhnya sesuatu yang berbelas kasih kepada hatimu, dan menjauhkan segala hal yang menghawatirkanmu, lalu kamu mentadabburi ayat-ayat akhir dari surah al-Hijr : { وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّكَ يَضِيقُ صَدْرُكَ بِمَا يَقُولُونَ , فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ } "Dan Kami sungguh-sungguh mengetahui, bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan , Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (shalat)" maka kamu telah menemukan penawar yang menyembuhkanmu, begitu agungnya al-Qur'an ini.

3 ). Nabi -صلى الله عليه وسلم- diburukkan oleh dustaan kaumnya padahal mereka mengetahui kebenaranya dan jelasnya dalil-dalil beliau, maka Allah memberi petunjukinya kepada sesuatu yang dapat menolak kerisauan hatinya, Allah memulai dari perintah yang bersifat khusus, kemudian perintah yang bersifat lebih umum, yaitu : perintah khusus untuk berdzikir kepada Allah, kemudian perintah yang lebih umum yaitu shalat, kemudia perintah ibadah dengan sifatnya keseluruhan, sungguh petunjuk yang agung jika saja kita mentadabburnya.

4 ). Semakin bertambah kedekatan seorang hamba kepada Allah dan semakin meningkat kedudukannya; niscaya keteguhan hatinya dan kejujurannya akan semakin kuat, karena orang jujur tidak akan terputus permintaannya dan tidak ada rasa futur dalam mencapai keinginannya, bahkan keinginannya akan lebih sempurnya pencapaiannya, Allah ta'ala berfirman : { وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّىٰ يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ }.

5 ). Seorang mutadabbir mengatakan setelah ia mempelajari firman Allah : { وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّىٰ يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ } ia mengatakan : segala puji bagi Allah yang tidak memutuskan kepada kami karunianya untuk terus beribadah dan taqarrub kepada-Nya dengan memperbanyak amalan shalih di musim-musim kebaikan, bahkan lebih dari itu Allah menjadikan kedudukan Ibadah kepada-Nya terus tegak sampai kematian tiba : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan seorang anak yang mendoakan untuk orangtuanya.

6 ). { وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّىٰ يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ } Tidaklah pantas bagi seorang muslim yang telah merasakan manisnya ketaatan kepada Allah pada satu bulan penuh di bulan ramadhan, kemudian ia menukarnya dengan kepahitan maksiat.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

98. Maka sucikanlah nama tuhanmu dari segala yang tidak patut untuk-Nya dan dengan memuji-Nya. Jadilah kamu orang-orang yang senantiasa bersujud (shalat), sebab shalat dapat membersihkan hati dan menghilangkan kesedihan


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah termasuk orang-orang yang sujud} orang-orang yang shalat


Ingin pahala jariyah dan bonus buku Rahasia Rezeki Berlimpah? Klik di sini untuk mendapatkan

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

98. Wahai Muhammad ”maka bertasbilah dengan memuji Rabbmu dan jadilah kamu termasuk orang orang yang bersujud (shalat)". perbanyaklah mengingat Allah, bertasbih dan bertahmid dan bershalawat. Sesungguhnya itu akan melapangkan dadamu dan melebarkannya serta membantumu dalam menjalankan urusan urusanmu.


Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat:
maka Kami tunjukkan kepadamu hal yang dapat meringankan rasa sakit hatimu “maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu” ucapkanlah, Subhanallahi wa bihamdih, perbanyaklah dzikir ini, “dan jadilah engkau di antara orang yang bersujud.” Yaitu orang-orang yang shalat, karena tidak ada sujud kecuali pada shalat

Pelajaran dari ayat:
• Keutamaan tasbih : subhanallahi wa bihamdih. Siapa yang mengucapkannya seratus kali, maka dosa-dosanya akan diampuni sekalipun sebanyak buih di lautan sebagaimana yang diriwayatkan dalam Ash-Shahih.
• Disyariatkannya shalat hajat, jika seorang tertimpa masalah atau merasa dadanya sempit, hendaknya dia shalat, semoga Allah ta’ala memudahkan urusannya dengan shalat tersebut atau menunaikan hajatnya jika Dia berkehendak, Dia-lah Yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 98: Yakni mengucapkan “Subhaanallahi wa bihamdih.”

Maksudnya, perbanyaklah dzikrullah, tasbih, tahmid, dan melakukan shalat, karena hal itu akan melapangkan dadamu dan membantu meringankan urusanmu.


Ingin pahala jariyah dan bonus buku Rahasia Rezeki Berlimpah? Klik di sini untuk mendapatkan

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 98

Karena itu, maka janganlah kaupedulikan ucapan mereka betapapun menyakitkan hatimu, tetapi bertasbihlah kepada Allah dengan menyucikan-Nya dari segala kesyirikan dan kekurangan disertai dengan memuji tuhanmu yang selalu mengawasi dan melindungimu dari gangguan kaum kafir serta membimbingmu ke jalan kebenaran, dan jadilah engkau di antara orang yang bersujud, yakni taat, tekun, dan patuh kepada Allah, seperti yang telah kaulakukan selama ini. Dan bersama dengan itu sembahlah tuhanmu yang telah menciptakan dan menghidupkanmu, dan serahkanlah dirimu sepenuhnya kepadanya sampai yakin, yaitu ajal, datang kepadamu. Dengan melakukan hal itu maka beban perasaan yang kaupikul akibat ucapan, sikap, dan tingkah laku kaum kafir akan terasa ringan dan jiwamu pun akan merasa tenteram.


Ingin pahala jariyah dan bonus buku Rahasia Rezeki Berlimpah? Klik di sini untuk mendapatkan

Itulah beragam penjabaran dari beragam ulama terhadap isi dan arti surat Al-Hijr ayat 98 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita bersama. Bantulah usaha kami dengan mencantumkan hyperlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

TafsirWeb Updates

  1. Luqman 13-14
  2. al-Fil
  3. An-Nisa 36
  4. al-Mulk
  5. Al-Isra 23
  6. Ar-Ra’d 11
  7. al-Baqarah
  8. At-Taubah 122
  9. An-Nahl 114
  10. al-Kautsar
  11. al-A’la
  12. Al-Jumu’ah 9
  13. Yunus 40-41
  14. Luqman 13
  15. Inna Lillahi
  16. Luqman 14
  17. al-Insyirah
  18. Yusuf 4
  19. Al-Isra 1
  20. Al-Mujadalah 11
  21. All Updates

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Rahasia Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah Ta'ala untuk membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yg mau dibaca, klik nomor ayat yg berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:
 
🔗 tafsirweb.com/start
 
*Bantu share info berharga ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: