Surat Al-Hijr Ayat 32

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالَ يَٰٓإِبْلِيسُ مَا لَكَ أَلَّا تَكُونَ مَعَ ٱلسَّٰجِدِينَ

Arab-Latin: Qāla yā iblīsu mā laka allā takụna ma'as-sājidīn

Artinya: Allah berfirman: "Hai iblis, apa sebabnya kamu tidak (ikut sujud) bersama-sama mereka yang sujud itu?"

« Al-Hijr 31Al-Hijr 33 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Berkaitan Surat Al-Hijr Ayat 32

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 32 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir mendalam dari ayat ini. Ditemukan bermacam penjelasan dari banyak ulama tafsir terkait makna surat Al-Hijr ayat 32, antara lain sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Allah berfirman kepada iblis, ”mengapa kamu tidak mau bersujud bersama malaikat?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

32-33. Allah berfirman kepada Iblis dengan penuh pengingkaran: “Apa yang membuatmu enggan bersujud?”

Dia menjawab dengan angkuh: “Tidak layak bagiku untuk sujud kepada manusia yang diciptakan dari tanah kering yang telah berubah sifatnya.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

32. Allah berfirman kepada Iblis setelah ia menolak untuk sujud kepada Adam, "Apa yang membuatmu menolak untuk sujud bersama malaikat-malaikat yang telah sujud melaksanakan perintah-Ku?"


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

32. Allah berfirman: “Hai iblis, apa sebabnya kamu tidak ikut sujud bersama-sama mereka yang sujud itu?”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dia} Allah SWT {berfirman,“Wahai Iblis, apa yang menyebabkanmu enggan} apa yang mencegahmu {untuk bersama mereka yang bersujud


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

32-33. “Dia berfirman” yaitu Allah yang berkata, “hai iblis, apa sebabnya kamu tidak (ikut sujud) bersama sama mereka yang sujud itu. Iblis berkata ‘aku sekali kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk” lalu dia bersikap sombong terhadap perintah Allah dan memperlihatkan permusuhannya kepada Adam dan keturunan beliau dan mengagumi diri atas (keunggulan) unsur penciptaannya seraya berkata ”aku lebih baik dari adam”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 28-33
Allah SWT menyebutkan tentang pengangkatan nabi Adam di kalangan para malaikatNya sebelum penciptaan dan pemuliaan Allah terhadapnya dengan memerintahkan para malaikat untuk bersujud kepadanya. Allah menyebutkan pula pembangkangan iblis yang enggan bersujud kepadanya, dimana dia berada di antara para malaikat kepada dengki, ingkar, menentang, dan sombong serta membanggakan diri dengan kebathilan. Oleh karena itu dia berkata: ("Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau lelah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk”) sebagaimana dia berkata di ayat lain: (Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah) (Surah Al A’raf: 12) dan firmanNya: (Ia (Iblis) berkata, “Terangkanlah kepadaku, inikah yang lebih Engkau muliakan daripada aku? Sekiranya Engkau memberi waktu kepadaku sampai hari Kiamat, pasti akan aku sesatkan keturunannya, kecuali sebagian kecil” (62)) (Surah Al-Isra)


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat:
Firman-Nya (قَالَ يَٰٓإِبۡلِيسُ مَا لَكَ أَلَّا تَكُونَ مَعَ ٱلسَّٰجِدِينَ ) “Dia berfirman, Wahai Iblis, mengapa engkau tidak termasuk ke dalam orang-orang yang sujud?” apa yang terjadi kepadamu sehingga engkau enggan sujud bersama para malaikat?


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 32

Melihat keengganan dan pembangkangan iblis untuk bersujud kepada nabi adam meski mendapat perintah langsung dari Allah, dia berfirman, wahai iblis, apa sebabnya kamu tidak mau ikut sujud bersama mereka, yakni para malaikat yang sujud dengan penuh kepatuhan dan ketaatan itu'mendapat pertanyaan demikian dari Allah, ia (iblis) berkata dengan pongah, aku sekali-kali tidak akan pernah sujud kepada manusia yang engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering yang berasal dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Aku lebih mulia daripadanya karena engkau telah menciptakan aku dari api. (lihat: surah al-a'ra'f/7: 12).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beraneka penafsiran dari beragam ahli tafsir mengenai kandungan dan arti surat Al-Hijr ayat 32 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat untuk kita semua. Support dakwah kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Sering Dibaca

Nikmati berbagai konten yang sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Lail, Al-Ma’idah 32, Maryam, Al-Fatihah 6, Yasin 9, Al-Hujurat 10. Ada juga ‘Abasa, An-Naas, At-Taubah 40, Al-Baqarah 285-286, Luqman 13, Dua (2) Terakhir al-Baqarah.

  1. Al-Lail
  2. Al-Ma’idah 32
  3. Maryam
  4. Al-Fatihah 6
  5. Yasin 9
  6. Al-Hujurat 10
  7. ‘Abasa
  8. An-Naas
  9. At-Taubah 40
  10. Al-Baqarah 285-286
  11. Luqman 13
  12. Dua (2) Terakhir al-Baqarah

Pencarian: al muddatsir, surat at taubah ayat 122 beserta artinya, al-furqan ayat 74, al baqarah ayat 185 artinya, al isra ayat 78

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: