Surat Al-Hijr Ayat 13

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

لَا يُؤْمِنُونَ بِهِۦ ۖ وَقَدْ خَلَتْ سُنَّةُ ٱلْأَوَّلِينَ

Arab-Latin: Lā yu`minụna bihī wa qad khalat sunnatul-awwalīn

Artinya: Mereka tidak beriman kepadanya (Al Quran) dan sesungguhnya telah berlalu sunnatullah terhadap orang-orang dahulu.

« Al-Hijr 12Al-Hijr 14 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Mengenai Surat Al-Hijr Ayat 13

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 13 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi kandungan mendalam dari ayat ini. Ada variasi penafsiran dari beragam pakar tafsir berkaitan makna surat Al-Hijr ayat 13, misalnya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

12-13. Sebagaimana kami dahulu memasukan kekafiran dalam hati umat-umat terdahulu disebabkan bentuk olokan mereka kepada rasul-rasul dan pendustaan mereka, demikian pula kami akan melakukan itu pada orang-orang musyrik dari kaummu yang berbuat kejahatan. Berupa kekafiran kepada Allah dan mendustakan rasulNya tidak membenarkan al-qur’an yang diturukan kepadamu. Dan sesungguhnya telah berlalu ketetapan pada umat-umat terdahulu dengan membinasakan orang-orang kafir.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

13. Mereka tidak beriman kepada Al-Qur`ān yang diturunkan kepada Muhammad -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam-. Dan sunnah Allah telah berlaku, yaitu membinasakan orang-orang yang mendustakan apa yang dibawa Rasul-rasul mereka, hendaknya orang-orang yang mendustakan itu mengambil pelajaran.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

13. لَا يُؤْمِنُونَ بِهِۦ ۖ (mereka tidak beriman kepadanya)
Yakni mereka tidak beriman kepada al-Qur’an yang telah Kami turunkan.

وَقَدْ خَلَتْ سُنَّةُ الْأَوَّلِينَ(dan sesungguhnya telah berlalu sunnatullah terhadap orang-orang dahulu)
Yakni telah berlalu bagaimana Allah membinasakan mereka, sebab pendustaan dan olokan yang mereka lakukan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

13. Mereka tidak beriman dan tidak membenarkan Al Quran serta Nabi. Sesungguhnya sunnatullah terhadap orang-orang dahulu telah terjadi pada mereka berupa kesesatan dan kebinasaan sebab dusta mereka kepada Nabi mereka. Adapun ungkapan dan ancaman ini adalah untuk kafir Makkah.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka tidak beriman kepadanya} Al-Qur’an {dan telah berlalu} berlalu {sunatullah terhadap orang-orang terdahulu} cara Allah dalam membinasakan para pendusta dari umat-umat terdahulu


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 10-13
Allah SWT berfirman seraya menghibur Rasulallah SAW dalam menghadapi pendustaan orang-orang yang mendustakannya dari kalangan orang-orang kafir Quraisy, bahwa Dia telah mengutus para rasul kepada umat-umat terdahulu sebelumnya. Dan sesungguhnya tidak datang kepada suatu umat seorang rasul, melainkan mereka mendustakan dan memperolok-olokkannya. Kemudian Allah SWT memberitahukan bahwa Dia telah memasukkan kedustaan ke dalam hati orang-orang yang berdosa yang menentang dan menyombongkan diri dari mengikuti petunjuk.
Anas dan Hasan Al-Bashri berkata tentang firmanNya: (Demikianlah, Kami memasukkan (rasa ingkar dan memperolok-olokkan itu) ke dalam hati orang-orang yang berdosa) maknanya yaitu kemusyrikan.
Firman Allah: (dan sesungguhnya telah berlalu Sunnatullah terhadap orang-orang dahulu) yaitu telah diketahui apa yang diperbuat Allah SWT terhadap orang-orang yang mendustakan para rasulNya berupa pembinasaan dan penghancuran, dan bagaimana Allah menyelamatkan para nabi dan para pengikutnya di dunia dan akhirat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (وَقَدۡ خَلَتۡ سُنَّةُ ٱلۡأَوَّلِينَ) wa qad khalat sunnatul awwaliin : “padahal telah berlalu sunnatullah terhadap orang-orang terdahulu.” Telah lalu ketentuan Allah terhadap umat-umat terdahulu.

Makna ayat:
Allah ta’ala berfirman : (وَقَدۡ خَلَتۡ سُنَّةُ ٱلۡأَوَّلِينَ) “Dan telah berlalu sunnatullah kepada orang-orang terdahulu.” Telah lewat, yaitu siksaan kepada para pendusta dan pengejek Rasul-Rasul. Karena mereka tidak beriman sampai mereka melihat azab yang pedih.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 13: Bisa juga diartikan, kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.

Maksud sunnatullah di sini adalah membinasakan orang-orang yang mendustakan rasul.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 13

Karena itu, mereka tidak beriman kepadanya, yaitu Al-Qur'an atau nabi Muhammad, padahal telah berlalu sunatullah berupa kebinasaan dan kehancuran terhadap orang-orang terdahulu akibat dari perbuatan dosa dan kedurhakaan mereka. Memenuhi permintaan kaum kafir untuk mendatangkan malaikat agar dapat mereka lihat wujud aslinya dan mereka dengar pesannya tidak akan pernah membuat mereka beriman. Dan bahkan kalau kami bukakan kepada mereka salah satu pintu langit, lalu mereka terus-menerus naik ke atasnya sehingga mereka dapat menyaksikan berbagai kebesaran dan kekuasaan Allah, .


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian sekumpulan penjabaran dari para ulama tafsir mengenai isi dan arti surat Al-Hijr ayat 13 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah bagi kita bersama. Support dakwah kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Paling Banyak Dilihat

Ada ratusan materi yang paling banyak dilihat, seperti surat/ayat: Dua (2) Terakhir al-Baqarah, At-Taubah 40, Yasin 9, Luqman 13, Al-Hujurat 10, Al-Ma’idah 32. Ada juga Al-Fatihah 6, Al-Lail, Maryam, An-Naas, ‘Abasa, Al-Baqarah 285-286.

  1. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  2. At-Taubah 40
  3. Yasin 9
  4. Luqman 13
  5. Al-Hujurat 10
  6. Al-Ma’idah 32
  7. Al-Fatihah 6
  8. Al-Lail
  9. Maryam
  10. An-Naas
  11. ‘Abasa
  12. Al-Baqarah 285-286

Pencarian: qs al ankabut 64, an naml ayat 25, al imran 146, al maidah ayat 59, qs al araf ayat 31

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: