Surat Al-Hijr Ayat 10

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مِن قَبْلِكَ فِى شِيَعِ ٱلْأَوَّلِينَ

Arab-Latin: Wa laqad arsalnā ming qablika fī syiya'il-awwalīn

Artinya: Dan sesungguhnya Kami telah mengutus (beberapa rasul) sebelum kamu kepada umat-umat yang terdahulu.

« Al-Hijr 9Al-Hijr 11 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Berkaitan Surat Al-Hijr Ayat 10

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 10 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam pelajaran mendalam dari ayat ini. Tersedia beragam penafsiran dari para pakar tafsir terkait isi surat Al-Hijr ayat 10, sebagiannya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

10-11. Dan sungguh Kami telah mengutus sebelummu (wahai rasul), para rasul pada umat-umat terdahulu. Lalu tidak ada seorang rasul yang datang kepada mereka kecuali mereka memperoloknya. Disini, tergantung hiburan bagi nabi karena sebagiamana orang-orang musyrik telah memperlakukan dirimu dengan berbagai gangguan, demikian pula para rasul sebelummu mengalami hal yang sama.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

10-13. Hai Rasulullah, sungguh Kami telah mengutus rasul-rasul sebelummu kepada umat-umat terdahulu, akan tetapi jika datang seorang rasul kepada mereka pasti akan mereka hina. Demikianlah Kami jadikan kesesatan dan olok-olok terhadap para nabi ke dalam hati orang-orang kafir, sebagaimana Kami memasukkannya ke dalam hati orang-orang kafir yang menghina al-Qur’an. Dan telah berlaku sunnatullah bahwa Dia akan membinasakan umat-umat terdahulu yang mendustakan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

10. Sungguh Kami telah mengutus sebelummu -wahai Rasul- para rasul kepada umat-umat terdahulu lalu mereka mendustakan para rasul tersebut, kamu bukan Rasul pertama yang didustakan oleh umatnya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

10. وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مِن قَبْلِكَ (Dan sesungguhnya Kami telah mengutus sebelum kamu)
Yakni mengutus rasul-rasul.

فِى شِيَعِ الْأَوَّلِينَ(kepada umat-umat yang terdahulu)
Yakni kepada umat dan golongan mereka masing-masing.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

10. Sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum kamu kepada umat-umat dan kelompok yang terdahulu.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sungguh Kami telah mengutus sebelum kamu kepada umat-umat terdahulu} berbagai umat yang terdahulu


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

10. Allah berkata kepada nabiNya tatkala kaum musyrikin menyatakannya dusta, ”itu merupakan kebiasaan umat umat terdahulu dan (orang orang di) masa masa silam. Sungguh kami telah mengutus “(beberapa rasul) sebelum kamu kepada umat umat terdahulu ”yaitu beberapa rasul kepada golongan dan kelompok mereka”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 10-13
Allah SWT berfirman seraya menghibur Rasulallah SAW dalam menghadapi pendustaan orang-orang yang mendustakannya dari kalangan orang-orang kafir Quraisy, bahwa Dia telah mengutus para rasul kepada umat-umat terdahulu sebelumnya. Dan sesungguhnya tidak datang kepada suatu umat seorang rasul, melainkan mereka mendustakan dan memperolok-olokkannya. Kemudian Allah SWT memberitahukan bahwa Dia telah memasukkan kedustaan ke dalam hati orang-orang yang berdosa yang menentang dan menyombongkan diri dari mengikuti petunjuk.
Anas dan Hasan Al-Bashri berkata tentang firmanNya: (Demikianlah, Kami memasukkan (rasa ingkar dan memperolok-olokkan itu) ke dalam hati orang-orang yang berdosa) maknanya yaitu kemusyrikan.
Firman Allah: (dan sesungguhnya telah berlalu Sunnatullah terhadap orang-orang dahulu) yaitu telah diketahui apa yang diperbuat Allah SWT terhadap orang-orang yang mendustakan para rasulNya berupa pembinasaan dan penghancuran, dan bagaimana Allah menyelamatkan para nabi dan para pengikutnya di dunia dan akhirat.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (فِي شِيَعِ ٱلۡأَوَّلِينَ) fii syiya’il awwaliin : “umat-umat terdahulu” kelompok dan kaum terdahulu.

Makna ayat:
Firman-Nya : (وَلَقَدۡ أَرۡسَلۡنَا مِن قَبۡلِكَ فِي شِيَعِ ٱلۡأَوَّلِينَ ) “Telah Kami utus (utusan) sebelummu, kepada kelompok-kelompok terdahulu” kelompok dan umat mereka.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 10

Pendustaan yang dialami oleh nabi Muhammad juga terjadi pada para rasul sebelumnya. Allah menyatakan, dan sungguh, kami telah mengutus beberapa rasul sebelum kami mengutus engkau, wahai nabi Muhammad. Kami telah mengutus mereka kepada umat-umat terdahulu. Dan ingatlah wahai nabi Muhammad, setiap kali seorang rasul datang kepada mereka dengan membawa risalah dari Allah dan mengajak mereka beriman, mereka selalu memperolok-olokkannya. Karena itu, janganlah engkau berkecil hati dan bersedih menerima perlakuan buruk kaummu kepadamu, karena para rasul sebelummu juga mengalami hal demikian.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penafsiran dari para mufassir berkaitan makna dan arti surat Al-Hijr ayat 10 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi ummat. Bantu dakwah kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Terbanyak Dibaca

Terdapat banyak halaman yang terbanyak dibaca, seperti surat/ayat: Asy-Syams, At-Takatsur, Al-Ma’idah 2, Al-Baqarah 286, Al-Mujadalah 11, Ali Imran. Termasuk Az-Zalzalah, Al-Baqarah 83, Yunus 40-41, Al-Hujurat 12, An-Nur 2, Al-Isra 23.

  1. Asy-Syams
  2. At-Takatsur
  3. Al-Ma’idah 2
  4. Al-Baqarah 286
  5. Al-Mujadalah 11
  6. Ali Imran
  7. Az-Zalzalah
  8. Al-Baqarah 83
  9. Yunus 40-41
  10. Al-Hujurat 12
  11. An-Nur 2
  12. Al-Isra 23

Pencarian: tulisan alhamdulillah, al baqarah ayat 241, al baqarah ayat 65, salamun qaulam mirrabir rahim artinya, surah yasin dan terjemahannya

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: