Ayat Memanggil Ikan

Ikan adalah hewan yang Allah ciptakan dengan keunikan tersendiri, yakni mereka hidup di alam yang tidak bisa dihuni oleh manusia. Tepatnya di alam air: laut, sungai, samudera, kolam. Ini adalah salah satu kelebihan yang Allah berikan kepada ikan.

Manusia adalah salah satu makhluk yang memiliki kebutuhan terhadap hewan yang satu ini. Mereka perlu untuk memakan dagingnya dan telurnya, karenanya ikan sangat mereka sukai. Muncul pertanyaan, adakah ayat khusus di dalam al-Qur’an untuk memanggil ikan? Mungkin terdengar lucu, … ayat untuk memanggil ikan, adakah? Sebagian orang mengatakan ada ayat seperti itu. Akan tetapi tentu yang benar adalah tidak ada ayat yang Allah turunkan khusus untuk memanggil ikan.

Adapun yang dikatakan oleh sebagian orang bahwa QS Fathir ayat 2 dan 3 sebagai ayat untuk memanggil ikan, bukan itu peruntukannya. Berikut tafsir untuk kedua ayat tersebut:

مَّا يَفْتَحِ ٱللَّهُ لِلنَّاسِ مِن رَّحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۖ وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُۥ مِنۢ بَعْدِهِۦ ۚ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

Arab-Latin: mā yaftaḥillāhu lin-nāsi mir raḥmatin fa lā mumsika lahā, wa mā yumsik fa lā mursila lahụ mim ba'dih, wa huwal-'azīzul-ḥakīm

Artinya: Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorangpun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱذْكُرُوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ عَلَيْكُمْ ۚ هَلْ مِنْ خَٰلِقٍ غَيْرُ ٱللَّهِ يَرْزُقُكُم مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ فَأَنَّىٰ تُؤْفَكُونَ

Arab-Latin: yā ayyuhan-nāsużkurụ ni'matallāhi 'alaikum, hal min khāliqin gairullāhi yarzuqukum minas-samā`i wal-arḍ, lā ilāha illā huwa fa annā tu`fakụn

Artinya: Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit dan bumi? Tidak ada Tuhan selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)?

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Tentang Ayat Memanggil Ikan

Ditemukan berbagai penafsiran dari para ahli tafsir terkait makna ayat memanggil ikan, antara lain sebagaimana tertera:

Wahai manusia, ingatlah nikmat Allah kepada kalian dengan hati, lisan dan anggota badan kalian, tidak ada Khaliq bagi kalian selain Allah yang memberi rizki kepada kalian dari langit dengan hujan dan dari bumi dengan air, barang tambang dan lainnya. Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, tiada sekutu bagiNya, maka bagaimana kalian bisa dipalingkan dari tauhid dan ibadah kepadaNya? (Tafsir al-Muyassar)

Wahai manusia! Ingatlah nikmat Allah kepada kalian dengan hati dan lisan kalian, dan dengan anggota tubuh kalian lewat amal perbuatan. Apakah ada pencipta selain Allah yang memberi kalian rezeki dari langit dengan menurunkan hujan kepada kalian, memberi kalian rezeki dari bumi dengan menumbuhkan buah-buahan dan tanaman? Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Allah, maka bagaimana kalian bisa dipalingkan dari kebenaran dan membuat kebohongan atas nama Allah dan kalian mengaku bahwa Allah mempunyai sekutu-sekutu, padahal Dialah yang menciptakan kalian dan memberi kalian rezeki? (Tafsir al-Mukhtashar)

Wahai seluruh manusia, ingat-ingatlah nikmat Allah yang diberikan kepada kalian. Jagalah itu dengan mengenali kebenarannya dan bersyukur kepadaNya atas nikmat itu. Pikirkanlah apakah ada pencipta lain selain Allah? Maknanya tidak ada pencipta lain selain Allah . Dia memberi rejeki kalian dari langit dan bumi, lalu bagaimana bisa kalian menyekutukanNya dengan yang lain? Tidak ada Tuhan yang dapat disembah dengan haq kecuali Dia. Bagaimana bisa kalian menghindar untuk mengesakanNya sedangkan kalian juga memberitahukan bahwa Dialah sang Pencipta dan Pemberi Rejeki?! (Tafsir al-Wajiz)

يٰٓأَيُّهَا النَّاسُ اذْكُرُوا۟ نِعْمَتَ اللهِ عَلَيْكُمْ ۚ (Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu) Agar nikmat itu terus mengalir dan bertambah serta untuk mensyukurinya. هَلْ مِنْ خٰلِقٍ غَيْرُ اللهِ يَرْزُقُكُم مِّنَ السَّمَآءِ(Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit) Yakni dengan hujan. وَالْأَرْضِ ۚ( dan bumi?) Dengan tanaman dan lainnya. فَأَنَّىٰ تُؤْفَكُونَ (maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)?) Yakni mengapa kalian berpaling dari kebenaran, yaitu dengan mengesakan Allah dan bersyukur kepada-Nya. (Zubdatut Tafsir)

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penafsiran dari kalangan mufassirun terhadap kandungan dan arti ayat memanggil ikan (arab, latin, artinya), moga-moga bermanfaat untuk kita semua. Bantulah usaha kami dengan memberikan hyperlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Banyak Dibaca

Ada ratusan materi yang cukup banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 43, Ali ‘Imran 97, Al-Hadid 20, Al-Baqarah 45, Al-Ma’idah 8, Tentang Al-Quran. Juga Al-Jin, Ali ‘Imran 139, At-Thalaq, Ad-Dukhan, Al-Isra 25, Al-Qamar 49.

  1. Al-Baqarah 43
  2. Ali ‘Imran 97
  3. Al-Hadid 20
  4. Al-Baqarah 45
  5. Al-Ma’idah 8
  6. Tentang Al-Quran
  7. Al-Jin
  8. Ali ‘Imran 139
  9. At-Thalaq
  10. Ad-Dukhan
  11. Al-Isra 25
  12. Al-Qamar 49

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: