Jumlah Ayat Dalam al-Qur’an

Ulama bersepakat bahwasanya jumlah ayat-ayat dalam Al Qur’an tidak kurang dari 6200 ayat, kemudian para ulama berselisih dalam penambahan jumlah yang lebih dari 6200 ayat1 :

  • Di antara mereka ada yang tidak menambah (tetap dengan jumlah 6200 ayat)
  • Di antara mereka ada yang mengatakan : jumlahnya 6204 ayat.
  • Di antara mereka ada yang mengatakan : jumlahnya 6214 ayat.
  • Di antara mereka ada yang mengatakan : jumlahnya 6217 ayat.
  • Di antara mereka ada yang mengatakan : jumlahnya 6219 ayat.
  • Di antara mereka ada yang mengatakan : jumlahnya 6225 ayat.
  • Di antara mereka ada yang mengatakan : jumlahnya 6236 ayat.

Sebab Perbedaan dan Dampaknya:

Penyebabnya adalah bahwa Nabi ﷺ dahulu berhenti pada permulaan ayat; Untuk memberi pelajaran kepada para sahabatnya bahwa ini adalah permulaan ayat. Sampai –sampai jika para sahabat telah mengetahui (permulaan ayatnya), mereka (tidak berhenti sampai disitu) dengan melanjutkan pada ayat setelahnya untuk menyempurnakan makna. Maka seseorang akan menyangka atas dirinya yang tidak mendengar permulaan ayat, bahwa tidak ada pemisah (antara ayat sebelumnya dengan yang setelahnya), dan menganggap bahwa dua ayat adalah satu ayat saja. Oleh sebab ini berselisihlah mereka dalam jumlah ayat.

Oleh sebab perselisihan ini, tidak ada dampak selama Al Qur’an Al Karim selamat dari penambahan dan pengurangan. Maka potongan dari sebuah kain, jika diukur oleh manusia yang berlengan panjang, kemudian diukur dengan manusia lain yang berlengan pendek, maka akan terjadi perbedaan dalam jumlah ukuran karena sebab perbedaan alat ukur, bersamaan dengan tetapnya ukuran potongan kain dari penambahan ataupun pengurangan pada dua hal (yang telah disebutkan).

Sumber :

Dirasah fi ‘Ulumil Qur’anil Karim halaman 127-128, Cetakan ke- 21 : KSA Riyadh, Tahun Terbit : 2017, Penulis : DR. Fahd bin Abdurrahman bin Sulaiman Ar Rumi.

1 . Al Itqan : As Suyuthi jilid 1 hal. 61

Yang Sering Dibaca

Kaji banyak halaman yang sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Isra 25, Al-Baqarah 45, Tentang Al-Quran, Ad-Dukhan, Ali ‘Imran 97, Al-Qamar 49. Serta Ali ‘Imran 139, At-Thalaq, Al-Ma’idah 8, Al-Jin, Al-Hadid 20, Al-Baqarah 43.

  1. Al-Isra 25
  2. Al-Baqarah 45
  3. Tentang Al-Quran
  4. Ad-Dukhan
  5. Ali ‘Imran 97
  6. Al-Qamar 49
  7. Ali ‘Imran 139
  8. At-Thalaq
  9. Al-Ma’idah 8
  10. Al-Jin
  11. Al-Hadid 20
  12. Al-Baqarah 43

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: